Cegah Kehamilan Pasca Berhubungan dengan Kontrasepsi Darurat

Tips Sehat

Kontrasepsi darurat alias pil kondar atau dikenal dengan Emergency Contraceptive Pill (ECP) adalah salah satu bentuk kontrasepsi yang digunakan wanita setelah melakukan hubungan seks tanpa pengaman guna mencegah kehamilan. Berikut ini penjelasan bagaimana cara kerja kontrasepsi darurat dan cara menggunakannya.

pil kondar

Apa itu Kontrasepsi Darurat?

Kontrasepsi darurat adalah kontrasepsi berbentuk pil yang dapat menghentikan atau menunda pelepasan sel telur dari indung telur Anda sampai sel sperma tidak lagi aktif di tubuh Anda. Kontrasepsi ini dapat mencegah sperma membuahi sel telur dengan mengubah cara sperma bergerak dalam tubuh Anda. Pil kondar (kontrasepsi darurat) tidak bekerja begitu sel telur sudah dibuahi dan tidak membahayakan Anda atau embrio yang sedang berkembang.

Kapan Saya Menggunakannya?

Anda dapat menggunakan pil kondar (kontrasepsi darurat) 72 jam atau 3 hari setelah berhubungan seksual. Meskipun demikian, bagi kebanyakan wanita, pil kondar masih bekerja efektif 4 hari setelah berhubungan seks.

Sejauh Mana Efektivitas Pil Kondar?

Pil kondar memiliki tingkat keberhasilan 98 persen untuk wanita dengan berat badan rata-rata saat dikonsumsi bahkan dalam 4 hari setelah hubungan seks tanpa pengaman. Namun, pil kondar tidak bekerja secara efektif bagi Anda, yang memiliki berat badan berlebih. Bagi Anda yang memiliki berat badan lebih disarankan menggunakan IUD. Indikator wanita berat badan berlebih adalah lebih dari 70 kg.

Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Beritahukan juga mengenai obat lain yang sedang dikonsumsi karena bisa jadi Anda memerlukan tambahan pil kondar atau IUD tembaga (KB spiral). Jika Anda mual dan muntah dalam waktu tiga jam setelah mengonsumsi pil kondar, maka Anda harus menggunakan kontrasepsi yang lain.

Metode kontrasepsi darurat lainnya adalah dengan menggunakan IUD. Kontrasepsi ini disisipkan oleh dokter atau bidan selama 5 hari setelah sel telur dilepaskan dan hampir 100 persen efektif. IUD juga memiliki keuntungan karena dapat digunakan dalam jangka panjang. Selain itu, IUD juga efektif untuk wanita yang memiliki berat badan berlebih.

Baca juga: 6 Keunggulan IUD Dibanding Metode Kontrasepsi Lainnya

Apakah Kontrasepsi Darurat Memiliki Efek Samping?

Beberapa wanita merasakan efek samping saat menggunakan kontrasepsi darurat, seperti demam atau mual. Cobalah untuk mengonsumsi pil kondar saat Anda sedang makan untuk mengurangi kemungkinan mengalami mual.

Kontrasepsi darurat adalah kontrasepsi yang berfungsi menuda kehamilan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati jika terjadi kehamilan. Penggunaan konstrasepsi darurat dapat mengakibatkan risiko kehamilan ektopik atau hamil anggur jika kontrasepsi darurat tidak berfungsi atau gagal.

Hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan Anda. Jika Anda mengalami kram atau pendarahan, segera temui dokter atau bidan. Jika Anda berpikir bahwa Anda bisa jadi hamil, segera lakukan tes kehamilan 3 atau 4 minggu setelah Anda menggunakan kontrasepsi darurat.

Apakah Pil Kondar Mudah Didapatkan?

Tentu saja! Anda dapat membelinya di apotek atau di klinik atau dengan menggunakan resep dokter. Untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda harus menyimpan kontrasepsi darurat di rumah.

Apakah Ada Hal Lain yang Perlu Saya Ketahui?

  • Kontrasepsi darurat adalah konstrasepsi yang mengandung progestogen, hormon yang sangat aman bagi tubuh Anda.
  • Kontrasepsi darurat adalah kontrasepsi yang berfungsi menghentikan proses pembuahan. Walaupun begitu, jika Anda melakukan hubungan seksual sebagai program kehamilan, namun sebelumnya pernah mengonsumsi pil kondar, hal tersebut tidak mempersulit Anda.
  • Kontrasepsi darurat tidak berbahaya jika Anda menggunakannya lebih dari sekali.
  • Kontrasepsi darurat tidak akan menyebabkan aborsi.

Baca juga: 10 Hal yang Mungkin Terjadi Jika Anda Berhenti Pakai Kontrasepsi

Apa Saya Boleh Menggunakan Pil Kondar sebagai Kontrasepsi Regular?

Tidak! Pil kondar adalah kontrasepsi darurat dan tidak efektif jika digunakan sebagai kontrasepsi regular. Pil ini tidak memproteksi Anda dari penyakit menular seksual (PMS) dan tidak memproteksi Anda dari kehamilan saat melakukan hubungan seksual secara rutin. Jadi, kontrasepsi darurat bukan pilihan tepat sebagai kontrasepsi regular.

laugh like a spongebob, kerupuk lovers. kopi hitam lovers. nocturnal.