Cara Tetap Terhidrasi Saat Puasa Ramadan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Saat Anda melakukan puasa, maka Anda otomatis akan menahan makan dan minum sampai adzan maghrib tiba. Apabila umat muslim melakukan puasa, maka tidak hanya lapar, namun haus pun pasti menghampiri. Tantangan terletak pada bagaimana caranya agar tidak haus saat puasa.

agar tidak haus saat puasa

PADAHAL yang kita ketahui bersama bahwa setiap manusia pasti memerlukan air untuk kehidupannya. Tubuh Anda terdiri dari air sebesar 60-70%. Apabila asupan air di dalam tubuh berkurang, maka sel dan saraf akan terganggu.

Sebisa mungkin, Anda harus tetap sehat saat puasa dengan memenuhi kebutuhan air. Selain itu, Anda juga harus menghindari dehidrasi agar tidak haus saat puasa. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, lemas, kulit kering dan sebagainya.

Air lebih memegang peranan penting saat puasa karena dapat membantu membuang racun dalam tubuh, mengurangi rasa lapar, dapat menurunkan berat badan, dan merupakan cara paling mudah merawat tubuh.

Ingin tetap sehat saat puasa? Anda dapat mengikuti tips puasa tetap sehat selama bulan Ramadhan. Berikut ini ada beberapa hal agar tidak haus saat puasa atau tetap terhidrasi sampai waktunya berbuka puasa.

Minum 8 Gelas Air per Hari

Pastikan bahwa Anda terhidrasi dengan baik, disarankan untuk meminum 8 gelas air putih setiap hari. Bagi Anda yang memerlukan hidrasi tambahan, maka kombinasikan air dengan garam hidrasi seperti ORS Tablet Hidrasi. Cobalah untuk tidak meminum air dengan jumlah yang besar dalam satu waktu sekaligus saat selesai makan. Akan lebih baik jika Anda meminum air putih dengan waktu di antara makanan Anda.

Hindari Konsumsi Air Es

Bagi kebanyakan orang, minum air es saat berbuka puasa akan menghilangkan rasa haus selama puasa berlangsung. Tetapi kenyataannya, hal itu tidak dapat mengusir rasa haus yang Anda rasakan. Malah akan berakibat fatal yaitu dapat menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan mengakibatkan pencernaan Anda terganggu. Oleh karena itu, sangat disarankan Anda meminum air putih pada suhu kamar atau air biasa bukan air es.

Olahraga Ringan

Anda harus memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Olahraga juga merupakan salah satu tips puasa tetap sehat selama bulan Ramadhan yang patut dipertimbangkan. Namun, akan lebih baik jika Anda tetap menjaga dan mempertahankan tingkat hidrasi Anda.

Olahraga yang dilakukan dapat berupa olahraga ringan dan tidak memberatkan agar Anda dapat menghindari dehidrasi. Anda juga perlu memilih waktu yang tepat untuk berolahraga, seperti 2 jam setelah berbuka puasa.

Baca juga: 9 Tips Berolahraga Saat Puasa Ramadhan

Hindari Makanan Pedas dan Panas

Jangan memakan makanan yang pedas dan panas saat sahur karena akan meninggalkan rasa haus yang berlebihan nantinya. Usahakan pada saat sahur untuk memakan buah dan sayuran segar yang kaya serat dan mengandung banyak cairan. Saat kondisi panas, hal ini akan membantu melembabkan kulit dan tubuh Anda.

Jangan Konsumsi Makanan Asin

Saat makan, jangan menambahkan terlalu banyak garam dan hindari memakan makanan yang asin, seperti ikan asin. Makanan tersebut akan meningkatkan kebutuhan air dari dalam tubuh Anda, sehingga Anda akan lebih mudah mengalami rasa haus yang berlebihan yang membuat puasa Anda akan terganggu dan menjadi tidak fokus lagi.

Baca juga: 5 Tips Makan Sehat pada Saat Berpuasa

Jaga Suhu Tubuh Tetap Sejuk

Mandi air dingin dapat menjaga suhu tubuh Anda rendah, sehingga tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, hindari panas matahari dan gunakan pakaian yang longgar.

Para wanita memiliki pengecualian saat berpuasa, yaitu saat hamil, menyusui, dan datang bulan (menstruasi). Tidak hanya itu, para wanita tersebut bisa berkonsultasi secara profesional dengan dokter apabila ingin tetap melakukan puasa.

Hal ini adalah tantangan lain untuk para wanita agar tetap dapat beribadah tanpa mengabaikan faktor kesehatan. Asalkan Anda tetap menjaga asupan air putih per harinya, maka tubuh Anda akan tetap terhidrasi dengan baik.

Capricorn girl and I love all about the cow stuff

%d bloggers like this: