Cara Menyeimbangkan Hormon Testosteron

Seiring dengan bertambah umur pria, maka semakin sedikit tubuh mereka menghasilkan hormon testosteron. Hal ini tentu memiliki efek pada banyak aspek dalam tubuh pria, sehingga Anda perlu mengetahui cara menyeimbangnkan hormon testosteron untuk menjaga kesehatan tubuh dan kehidupan seksual Anda.

TESTOSTERON adalah hormon seks pria yang mengatur perkembangan fisik dan seksual, serta menjaga kesehatan pria, seperti massa otot dan tulang, produksi sel darah merah dan lainnya. Namun hormon testosteron akan semakin menurun seiring bertambahnya usia, dan hal ini adalah proses normal yang terjadi pada setiap pria.

Secara umum, setalah usia 30, kadar testosteron Anda akan menurun secara alami dan tentunya dalam tingkat yang normal. Sayangnya, dalam kebanyakan kasus pria mengalami penurunan kadar hormon testosteron secara drastis yang mengacu pada gejala penyakit hipogonadisme atau testosteron rendah (low T).

Inilah hal yang perlu Anda ketahui mengenai hormon testosteron yang rendah serta cara menyeimbangkan hormon testosteron untuk kesehatan tubuh dan seksual Anda.

Seberapa kadar hormon testosteron bisa dibilang rendah?

Cara untuk mengetahui kadar testosteron adalah dengan mengukurnya melalui tes darah. Sebagian besar dokter setuju bahwa kondisi testosteron dikatakan normal jika berada di antara 300 sampai 1000 nanogram per desiliter (ng/ dL). Sekitar 40% pria dengan usia diatas 45 tahun akan memiliki tingkat dibawah kisaran tersebut, tapi kadar yang rendah bukan berarti berbahaya.

Ada kemungkinan waktu yang kurang tepat menyebabkan kadar testosteron Anda turun di hari Anda melakukan te. Waktu terbaik untuk melakukan tes adalah antara jam 7 sampai jam 10 pagi. Hormone testosteron yang normal umumnya dapat dideteksi pada pagi hari, sementara tes pada sore hari bisa memberikan hasil yang salah.

Sebaiknya Anda melakukan beberapa tes, setidaknya dua selama beberapa minggu atau bulan untuk memastikan apakah Anda memiliki hormon testosteron yang rendah.

Kadar testosteron lebih dari sekedar angka

Meskipun hormon testosteron Anda berada di bawah kisaran yang direkomedasikan, Anda mungkin tidak perlu terlalu khawatir. Para ahli pun mengatakan bahwa kadar testosteron antara 200 hingga 300 ng/dL merupakan area abu-abu, yang berarti belum tentu berbahaya.

Kadar testosteron yang sedikit lebih rendah bukan berarti Anda memiliki penyakit hipogonadisme atau testosteron rendah. Namun jika Anda memiliki gejala lainnya seperti berikut ini, sebaiknya Anda menemui dokter untuk memastikan kondisi Anda.

  • gairah seks yang rendah
  • kualitas dan frekuansi ereksi yang menurun
  • kurang energi atau kelelahan
  • penurunan massa otot dan tenaga
  • penurunan kepadatan tulang
  • perasaan depresi

Memiliki kadar hormon testosteron yang rendah

Penurunan hormon testosteron bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti cedera atau infeksi pada testis yang memproduksi testosteron. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh tumor atau dikaitkan dengan beberapa penyakit lainnya seperti:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kolestrol tinggi
  • Diabetes
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • HIV dan AIDS
  • Penggunaan obat-obatan jangka panjang

Jika Anda tidak memiliki salah satu dari kondisi tersebut, Anda memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab penurunan kadar testosteron. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apa yang bisa Anda lakukan dan perawatan yang tepat sebagai cara menyeimbangkan hormon testosteron.

Perawatan untuk menyeimbangkan kadar testosteron
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah gaya hidup Anda. Jika Anda kelebihan berat badan, lakukanlah diet atau program menurunkan berat badan. Tips sehat ini didukung dengan fakta bahwa kebanyakan pria yang menurunkan 7% – 10% berat badan dapat meningkatkan kadar hormon testosteron mereka.

Berbagai hal yang mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan juga dapat mempengaruhi tingkat hormon testosteron Anda. Termasuk diet, olahraga, tidak merokok, dan mengurangi minuman beralkohol.

Anda juga bisa mengonsumsi berbagai makanan sehat dan suplemen pria untuk membantu tubuh memproduksi testosteron lebih baik. Tanyakan kepada doker hal terbaik yang perlu Anda laukan atau konsumsi sebagai cara menyeimbangkan hormon testosteron Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 7 hours ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 weeks ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 weeks ago