Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah Secara Alami

Agar tak sampai merusak penampilan, noda hitam bekas jerawat memang harus segera dihilangkan, begitu juga dengan bekas jerawat merah.

JERAWAT memang merupakan iritasi kulit yang sifatnya tak mematikan. Namun kalau jerawat maupun bekasnya tetap ada di wajah selama beberapa waktu lamanya, maka itu jelas mampu membunuh rasa percaya diri.

Faktanya, kita bisa saja dengan mudah menghilangkan jerawat atau bekasnya menggunakan berbagai produk yang dijual di pasaran. Akan tetapi, obat semacam ini biasanya juga memiliki efek samping tersendiri. Oleh sebab itu, kalau Anda lebih memilih cara menghilangkan bekas jerawat secara alami, beberapa bahan alami berikut bisa dicoba.

1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang paling sering dipakai adalah yang menggunakan gel lidah buaya. Tak hanya mudah ditemukan, lidah buaya juga gampang digunakan.

Anda tinggal mencuci potongan daunnya, mengupas kulitnya, lalu menggosokkan gelnya ke kulit. Cukup diamkan gel tersebut di kulit sedikitnya selama 30 menit sebelum dibilas.

Selain terbukti dapat menyembuhkan jerawat dan bekasnya dengan cepat, tanaman yang sarat kandungan vitaminnya inipun juga bersifat sebagai pelembab alami wajah. Dan karena sifatnya yang menenangkan, maka aloe vera takkan menimbulkan efek samping.

Baca juga: 13 Hal Ini Ternyata Bisa Timbulkan Jerawat!

2. Baking Soda

Bahan dapur satu ini memang multifungsi. Di samping dapat memutihkan gigi dan membersihkan porselen dengan cepat, baking soda ternyata memiliki kemampuan untuk memudarkan bekas jerawat merah. Alasannya, kristal sodium bikarbonat dalam baking soda memiliki peran sebagai exfoliator alami sehingga dapat mengikis sel kulit mati.

Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan sedikit air sehingga tercipta pasta pekat, lalu gunakan itu sebagai krim pijat wajah khususnya di area yang banyak bekas jerawatnya. Diamkan selama 1-2 menit agar soda bisa melaksanakan tugasnya untuk membersihkan pori-pori, setelah itu bilas wajah dengan air hangat. Sebagai langkah akhir, aplikasikan pelembab wajah alami seperti minyak zaitun atau kelapa.

3. Minyak Kelapa

Di samping sebagai pelembab wajah alami, minyak kelapa juga bisa memudarkan noda hitam bekas jerawat. Anda cukup menuangkan ¼ sdt minyak kelapa murni (organik lebih baik) ke telapak tangan, gosok-gosok hingga menjadi sedikit panas, lalu pijatkan ke bekas jerawat.

Anda tak perlu membilasnya karena vitamin dan asam lemak esensialnya bisa meningkatkan kesehatan kulit. Akan tetapi kalau tekstur wajah dirasa terlalu berminyak, maka Anda boleh membilasnya 30 menit kemudian.

4. Timun

Tak hanya dapat menghidrasi kulit, timun juga kaya akan vitamin A, C, dan magnesium – semua nutrisi yang baik untuk kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan timun juga pasti sudah Anda ketahui. Anda tinggal mengiris timun menjadi lembaran tipis, lalu tempelkan di area bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin. Ulangi setiap hari kalau perlu.

5. Madu

Pelembab wajah alami lain yang juga bisa memudarkan bekas jerawat adalah madu. Tentunya, tak semua madu bisa digunakan untuk tujuan ini. Anda disarankan memilih madu mentah ketimbang produk madu yang sudah dikemas dan dijual di pasaran.

Setelah memperolehnya, gunakan saja sedikit madu untuk memijat wajah. Jangan lupa untuk berfokus pada area bekas jerawat. Anda juga dapat mencampurkan 2 sdm madu dengan 1 sdt bubuk kayu manis bila ingin membersihkan pori-pori lebih lagi.

6. Lemon

Tak hanya bisa memudarkan bekas jerawat, kandungan AHA (Alpha-Hydroxy Acid) alami dalam lemon juga bisa meremajakan kulit. Caranya, peras sebutir lemon organik, campur itu dengan sedikit air bila kulit bertipe sensitif.

Lalu bubuhkan air lemon tersebut ke bekas jerawat. Diamkan hingga kering sebelum membilasnya dengan air dingin.

Ulangi perawatan ini setiap 2-3 hari sekali. Dan karena lemon bisa membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari, maka tetaplah berteduh usai menggunakannya.

Baca juga: Air Lemon Untuk Atasi Jerawat, Ampuhkah?

7. Air Kentang

Kandungan mineral dan vitamin dalam kentang juga terbukti efektif dapat menyembuhkan bekas jerawat. Anda cukup membubuhkan air perasan kentang atau menempelkan irisan tipisnya ke wajah. Diamkan minimal 15 menit sebelum membilas wajah dengan air hangat. Lakukan secara rutin sekali sehari untuk hasil maksimal.

8. Gula

Satu lagi bahan alami yang mudah ditemukan di dapur dan dapat menghilangkan bekas jerawat, yakni gula. Selain bertekstur sedikit kasar sehingga cocok untuk bahan scrub alami, gula juga mengandung asam glikolat, jenis AHA lain yang bisa mengikis sel kulit mati serta merangsang regenerasi sel.

Anda cukup mencampurkan gula dengan minyak zaitun murni lalu tambahkan beberapa tetes perasan lemon sehingga tercipta adonan kental. Aplikasikan ke wajah setiap 2-3 hari sekali, diamkan selama 15 menit. Setelah dibersihkan, jangan lupa gunakan pelembab alami wajah.

9. Kapsul Vitamin E

Kalau tak ingin repot mengiris ini itu, maka Anda juga bisa mengandalkan kapsul vitamin E. Setelah memotong kapsulnya, pijatkan minyaknya ke bekas jerawat.

10. Rosehip Oil

Walau keberadaannya belum terlalu lazim di tanah air, namun bukan berarti jika rosehip oil tidak efektif dalam menghilangkan bekas jerawat. Untuk hasil maksimal, pilihlah rosehip oil organik yang diolah dengan metode cold-pressed. Anda cukup menggunakannya sebagai minyak pijat 1-2 kali setiap hari jika ingin bekas jerawat memudar dengan cepat.

Demikianlah beberapa bahan alami penghilang bekas jerawat yang dapat kami bagikan. Manakah yang akan Anda coba gunakan?

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.

%d bloggers like this: