Cara Mengetahui Tanggal Ovulasi Anda

Hampir setiap wanita yang sedang menanti momongan tentu ingin mengetahui kapan ia mengalami ovulasi. Ovulasi sendiri adalah kondisi saat telur akan dilepaskan dari ovarium dan menunggu sperma yang siap membuahi sel telur tersebut. Wanita akan berada dalam masa subur pada hari-hari menjelang ovulasi. Jika Anda melakukan hubungan seks pada masa subur, maka potensi kehamilan jadi semakin besar. Lantas, bagaimana cara mengetahui tanggal ovulasi?

cara menghitung masa subur

Mengapa harus mengetahui tanggal ovulasi?

Jika Anda ingin mengetahui kapan tanggal Anda akan berovulasi, Anda dapat menghitung dari fase luteal. Cara menghitung masa subur wanita berikut ini dapat memberi panduan kepada Anda untuk mengetahui tanggal ovulasi Anda.

Masa subur mencapai puncaknya pada hari ke-13 dimulai dari hari pertama Anda haid. Sementara, masa subur biasa terjadi pada hari ke-10 dihitung dari hari pertama Anda menstruasi.

Mengingat tanggal siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda, maka Anda harus wajib mengingat tanggal menstruasi Anda sendiri. Cara mengetahui tanggal ovulasi ini sangat mudah karena Anda hanya perlu menghitung hingga hari ke-13 dari hari pertama Anda haid.

Jika seorang wanita mendapat haid pada tanggal 10 bulan itu, maka masa subur wanita tersebut meliputi tanggal 20-26. Namun, puncaknya terjadi pada tanggal 23 bulan tersebut.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Ovulasi pada Wanita

Cara menghitung masa subur wanita yang haid tidak teratur

Cara menghitung masa subur wanita yang tidak kunjung mendapat haid cenderung lebih sulit dibanding wanita yang memiliki siklus haid normal. Anda harus menghapalkan siklus haid Anda selama 6 bulan terakhir.

Untuk mengetahui tanggal ovulasi, para wanita dapat mengurutkan siklus haidnya selama 6 bulan terakhir, misalnya 27, 31, 28, 29, 30, dan 26. Hari pertama masa subur dihitung dari 26 (siklus terpendek) lalu kurangi 18. Hasilnya adalah 8.

Sementara itu, Anda juga perlu menambahkan siklus terpanjang Anda, yakni 31, lalu kurangi 20 dan hasilnya adalah 20. Dengan demikian masa subur Anda dimulai pada tanggal 8 dan berakhir pada tanggal 20.

Baca juga: Darah Menstruasi Lebih Sedikit dari Biasanya, Hamilkah?

 

Inilah sejumlah cara menghitung masa subur wanita dengan praktis dan cepat. Melakukan hubungan seks setiap hari mungkin tidak membuat wanita hamil dengan cepat. Akan tetapi, Anda tetap harus melakukan hubungan seks saat Anda berada dalam masa subur jika ingin segera dikaruniai momongan.

Selain itu, sejumlah penelitian menyarankan agar wanita yang ingin segera hamil melakukan tes melalui cairan seviks. Produksi lendir serviks yang semakin banyak menunjukkan bahwa Anda sedang berada dalam masa subur.

A day dreamer and a night thinker.