Cara Mengecek Benang IUD Tetap pada Tempatnya

Apa jadinya bila benang IUD hilang? Dan apakah benar kalau Spiral tidak bisa bekerja efektif bila benang IUD keluar? Yuk, kita simak jawaban dari 2 pertanyaan di atas melalui ulasan berikut ini.

benang iud keluar

UNTUK menjaga agar Spiral dapat mencegah kehamilan secara efektif, maka Anda tentu harus sering-sering memeriksa posisinya. Anda memang tak perlu melakukannya setiap hari, namun paling tidak Anda harus tahu bagaimana rasanya kalau Spiral berada dalam posisi benar atau salah.

Umumnya, terdapat 2 benang IUD di bagian ujung Spiral. Setelah Spiral dimasukkan dalam rahim, maka benang tersebut akan dibiarkan menggantung di leher rahim sehingga ujungnya berakhir di saluran vagina. Selain digunakan untuk memeriksa masih tepat-tidaknya posisi Spiral, dokter biasanya akan menggunakan benang ini untuk mengeluarkan alat pencegah kehamilan tersebut kalau Anda ingin menghentikan pemakaiannya kelak.

Akan tetapi, kalau benang IUD keluar dari rahim, bahkan hanya sebagian saja, maka tentu saja alat kontrasepsi tersebut takkan lagi efektif untuk mencegah kehamilan.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.