Cara Memilih Tampon atau Pembalut Wanita

Saat ini, semakin banyak produk higienis untuk menstruasi daripada sebelumnya. Mulai dari tampon hingga pembalut seperti cangkir yang dapat digunakan kembali sesuai dengan leher rahim Anda. Artikel ini akan memberitahu Anda perbedaan tampon dan pembalut, juga cara untuk memilih pembalut yang tepat untuk Anda.

cara memilih pembalut yang aman dan sehat

Periode Menstruasi

Langkah awal untuk menentukan produk menstruasi terbaik untuk Anda adalah dengan mengenali tubuh Anda sendiri dan periode mentruasi Anda. Periode tersebut berbeda pada tiap wanita, bahkan mulai dari menstruasi hingga menopause. Menstruasi bisa jadi lebih ringan, lebih berat, lebih panjang, atau lebih pendek dan tetap dianggap normal.

Memilih Pelindung Menstruasi Higienis

Beruntungnya Anda saat ini, ada banyak pilihan untuk produk perlindungan sanitasi. Beberapa wanita mungkin menemukan satu produk yang tepat untuk mereka, sedangkan yang lain mungkin memutuskan untuk menggunakan produk lain berdasarkan selera dan gaya hidupnya. Mari kita lihat pilihan berikut ini!

Pembalut

Bantalan pelindung sanitasi telah ada dalam satu bentuk atau bentuk lain sejak wanita mengalami menstruasi. Hingga 1921, ketika bantalan Kotex diperkenalkan ke pasar, wanita sering menggunakan kain katun atau rajutan sebagai bantalan menstruasi yang bisa dicuci. Sekarang, Anda, para wanita, hanya perlu ke swalayan terdekat dan akan menemukan beragam merek dan gaya bantalan menstruasi sekali pakai yang tersedia, yang kita sebut pembalut.

Ini menjadi pilihan tepat untuk remaja putri yang baru saja mengalami menstruasi, karena bantalan tersebut mudah digunakan. Namun terkadang, Anda tidak menemukan pembalut yang Anda inginkan karena tidak sesuai dengan gaya hidup Anda yang sangat aktif. Pilihlah satu yang sesuai dengan selera Anda.

Secara tradisional, wanita harus memilih bantalan maxi untuk hari-hari berat karena kegiatan padat merayap dan bantalan mini untuk hari-hari biasa. Sekarang, sudah ada pembalut mini yang bisa Anda pakai bahkan pada saat hari-hari berat Anda.

Cara memilih pembalut yang aman dan sehat yang pertama adalah disesuaikan dengan kenyamanan Anda. Mungkin Anda perlu mempertimbangkan beberapa model pembalut yang sesuai dengan model celana dalam yang Anda gunakan, seperti memilih pembalut dengan “sayap” yang sesuai dengan celana dalam Anda untuk menahannya.

Selain pembalut, ada juga tampon sebagai pilihan saat Anda menstruasi. Perbedaan tampon dan pembalut dapat dilihat dari bentuk dan cara menggunakannya. Jika pembalut berbentuk bantalan tipis (juga ada yang tebal tergantung daya serap yang Anda butuhkan) dan hanya perlu direkatkan pada celana dalam, tampon berbentuk seperti tabung dan cara penggunaannya dimasukkan ke dalam vagina Anda.

Cara memilih pembalut yang aman dan sehat selanjutnya adalah bahan pembuatnya. Sekarang sudah ada pembalut yang tidak menggunakan deodoran untuk menghilangkan bau cairan menstruasi. Ada beberapa merek pembalut yang menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi hal tersebut dan tentunya ini aman untuk kesehatan Anda.

Terakhir, cara memilih pembalut yang aman dan sehat yaitu apakah pembalut Anda ramah terhadap lingkungan. Pengaruh darimeningkatnya kesadaran lingkungan selama 30 tahun terakhir mendorong perusahaan pembalut untuk melakukan inovasi pembalut. Sekarang Anda dapat menemukan pembalut yang bisa digunakan kembali dan bisa dicuci. Tentunya, pembalut jenis ini lebih aman dan sehat bagi Anda karena tidak mengandung banyak bahan kimia yang memungkinkan potensi masalah kewanitaan.

Baca juga: 7 Mitos Tentang Menstruasi

Tampon

Tampon adalah pilihan terbaik untuk Anda, para wanita, yang super aktif setiap harinya. Tampon tidak mengganggu saat Anda berolahraga atau pun berenang. Ini adalah pilihan yang tepat bagi para atlet wanita!

Perbedaan tampon dan pembalut menurut sebagian wanita adalah tampon lebih nyaman dan tidak berantakan seperti pembalut. Itu juga yang menjadi alasan banyak wanita memilih tampon.

Sekarang, semakin banyak merek tampon yang tersedia bagi wanita. Ada beberapa tampon dengan aplikator kertas, yang cenderung lebih murah dan lebih ramah lingkungan. Ada juga yang menggunakan aplikator plastik, yang mungkin Anda anggap lebih nyaman untuk digunakan. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan tampon tanpa aplikator.

Secara umum, semua tampon yang tersedia saat ini memiliki kesamaan yaitu sistem rating daya serap. Hal tersebut akan membantu Anda untuk menentukan tampon mana yang tepat untuk Anda gunakan. Beberapa perusahaan menjual tampon dalam bentuk box yang di dalamnya tersedia tampon dengan berbagai ukuran.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan tampon yang lebih kecil pada hari-hari santai atau saat kegiatan Anda tidak begitu padat. Lalu tampon yang memiliki daya serap lebih banyak digunakan pada hari-hari terberat Anda. Ini juga menjadi perbedaan tampon dan pembalut tentang daya serap.

Walaupun beberapa merek pembalut menyajikan iklan seberapa besar daya serap pembalutnya, namun tetap saja para wanita mengalami “tembus” saat hari-hari berat. Untuk menyiasatinya, perusahaan pembalut berinovasi dengan panjang pembalut bahkan membagi pambalut dalam dua jenis yaitu untuk siang hari dan malam hari. Sedangkan tampon sudah memberikan tingkatan sesuai daya serapnya, sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya pada hari-hari terberat atau sedang santai.

Nah, ini contekan arti masing-masing jenis tampon untuk Anda dengan catatan bahwa 1 gram cairan mentruasi sama dengan seperempat sendok makan.

  • Junior: dapat menyerap 6 gram cairan menstruasi
  • Reguler: dapat menyerap 6 hingga 9 gram cairan menstruasi
  • Super: dapat menyerap 9 hingga 12 gram cairan menstruasi
  • Super plus: untuk hari-hari berat Anda, menyerap 12 hingga 15 gram cairan menstruasi Anda.

Beberapa tampon mengandung deodoran untuk membantu mengurangi bau cairan menstruasi. Ada banyak kontroversi tentang keamanan penggunaan ampon dan kemungkinan adanya hubungan penggunaan tampon dengan kondisi kesehatan wanita seperti endometriosis dan toxic shock syndrome (TSS). Para wanita yang menikmati nyamannya menggunakan tampon tapi juga khawatir dengan kemungkinan risiko kesehatan, kini dapat menemukan semua tampon organik dan alami di beberapa situs dan juga supermarket.

Baca juga: Cara Memakai Tampon Ternyata Tidak Sulit

Ice cream lover. Knows everything about movies. Knows a little about everything else.