Cara Memakai Tampon Ternyata Tidak Sulit

Bagi yang belum pernah menggunakannya, cara pakai tampon sekilas memang membingungkan. Padahal Anda bisa mempelajarinya, entah melalui video cara memakai tampon atau dengan membaca panduan berikut ini.

cara memakai tampon

DI Indonesia, tampon memang tak setenar pembalut biasa. Akan tetapi dibanding pembalut biasa, tampon juga memiliki kelebihannya sendiri. Kalau pembalut dapat membuat pemakainya merasa seperti sedang ‘pakai popok’, maka tidak demikian dengan tampon. Selain lebih nyaman, tampon juga cocok untuk wanita yang aktif di bidang olahraga atau yang diharuskan mengenakan pakaian ketat dalam kesehariannya.

Bila digunakan dengan tepat, tampon takkan membuat pemakainya tidak nyaman. Lantas bagaimana cara menggunakan tampon saat menstruasi?

  1. Santai merupakan kunci utama cara pakai tampon. Cobalah untuk tidak paranoid dulu karena kalau Anda tegang, maka tampon bisa jadi sulit dimasukkan.
  2. Waktu terbaik untuk berlatih cara menggunakan tampon saat menstruasi adalah ketika darah haid yang keluar sedang banyak-banyaknya. Kondisi licin di area organ keintiman pada saat itu bisa membuat tampon meluncur masuk dengan mudah.
  3. Anda juga perlu memutuskan, mau memakai tampon sambil berdiri atau duduk. Kalau duduk, maka lakukan di kamar mandi, di atas toilet. Bila berdiri, maka Anda bisa memposisikan salah satu kaki di pinggir bathtub. Carilah posisi yang pas untuk memasukkan tampon.
  4. Setelah cuci tangan, gunakan jempol dan jari tengah untuk memegang bagian bawah luar aplikator/tabungnya (sisi yang ada benangnya).
  5. Arahkan bagian ujung atas aplikator ke lubang vagina, lalu gunakan tangan lainnya untuk membuka bibir vagina.
  6. Perlahan dorong aplikator masuk ke dalam vagina menggunakan telunjuk. Lalu setelah masuk, tarik tabung tersebut ke luar dan biarkan benangnya terjuntai.
  7. Untuk melepas tampon nantinya, Anda tinggal menarik benangnya saja.

Baca juga: Amankah Pakai Tampon Saat Menstruasi?

Tips lainnya:

  1. Selalu baca petunjuk kemasan terlebih dahulu sebelum memasukkan tampon.
  2. Kalau Anda kesulitan memasukkan tamponnya, maka lumasi bagian atas aplikator dengan produk pelumas berbahan dasar air. Jangan gunakan petroleum jelly karena dapat memicu infeksi ragi.
  3. Untuk permulaan, hindari memilih tampon yang tidak disertai aplikator, dan pilihlah tabung yang terbuat dari bahan plastik karena lebih mudah dimasukkan.
  4. Bila setelah masuk, tamponnya membuat Anda tidak nyaman, maka bisa jadi karena posisinya kurang dalam. Tak mengapa, tarik saja keluar tampon pertama, lalu cobalah yang baru.
  5. Hindari berlatih menggunakan tampon bila Anda tidak sedang haid. Mengapa? Karena menarik tampon kering keluar dari vagina bisa sangat menyakitkan.
  6. Bila pemakaian tampon membuat Anda kesakitan, jangan segan berkonsultasi dengan dokter sebab bisa jadi Anda mengidap dispareunia (timbul rasa sakit saat berhubungan seks).

Selamat berlatih memakai tampon!

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.