Cara Alami Mengatasi Vagina Gatal Saat Hamil

Vagina gatal saat hamil pasti tidak nyaman apalagi ada keputihan saat hamil muda, Anda pasti merasa was-was. Namun, hal itu wajar dirasakan dan Anda tidak perlu khawatir. Rasa gatal pada area genital dapat dihilangkan dengan cara-cara alami.

Cara Alami Mengatasi Vagina Gatal Ketika Hamil

 

MASA kehamilan menjadi masa menyenangkan bagi Anda dan pasangan. Namun, jika saat hamil Anda merasakan ketidaknyamanan di area vagina pasti Anda merasa was-was dan takut terjadi sesuatu pada kandungan Anda. Namun, vagina gatal saat hamil menjadi hal yang biasa  terjadi dan dapat dihilangkan dengan mengikuti beberapa cara alami berikut ini:

Lap atau handuk dingin

Untuk mengurangi keputihan gatal saat hamil muda, Anda dapat menggunakan handuk dingin lalu seka di area vagina. Basahi handuk dengan air bersuhu dingin dan hindari membasuh area vagina dengan air panas agar suhu tubuh tetap dingin. Jika Anda menyeka area kewanitaan dengan air panas, hal itu dapat mengganggu jaringan kulit sensitif di area vagina.

Tambahkan yogurt di menu makanan Anda

Vagina gatal saat hamil dapat disebabkan karena pH yang tidak seimbang dalam tubuh. Untuk itu cobalah mengonsumsi yogurt untuk membantu menjaga pH tubuh agar tetap seimbang. Yogurt juga sangat baik untuk kesehatan Anda. Anda dapat membeli yogurt tanpa pemanis dan rendah lemak.

Hindari menggunakan pakaian ketat

Rasa gatal pada area kewanitaan dapat disebabkan karena pakaian yang ketat sehingga kulit terasa lembab dan gatal. Saat hamil Anda tidak cocok dengan jeans ketat atau pakaian dengan bahan lycra atau spandex karena bahan tersebut karena dapat menjebak kelembaban di area kewanitaan dan menyebabkan rasa gatal.

Gunakan pakaian dalam yang nyaman

Saat masa kehamilan, saatnya Anda beralih ke pakaian yang sesuai dengan masa kehamilan Anda, khususnya pakaian dalam. Pakaian dalam dengan bahan yang kurang nyaman di kulit dapat menyebabkan rasa gatal. Sesuaikan ukuran pakaian dalam dengan lingkar panggul dan pastikan ukuran yang Anda pilih tidak terlalu ketat.

Gunakan produk dengan bahan yang ringan untuk keseharian Anda

Saat hamil, Anda dianjurkan untuk mengurangi penggunaan produk dengan parfum atau yang mengandung bahan kimia. Saatnya Anda memilih produk dengan bahan dasar yang ringan. Pilihlah sampo, sabun dan deterjen cucian dengan komposisi alami. Rasa gatal di area vagina dapat dipengaruhi oleh bahan kimia dalam pelembut kain atau sabun yang Anda gunakan. Jadi, bijaklah dalam memilih produk yang aman untuk Anda dan bayi Anda.

Krim anti gatal yang tidak mengandung kimia

Jika rasa gatal yang dirasakan cukup mengganggu, Anda dapat menggunakan krim anti gatal yang tidak mengandung bahan kimia. Hindari menggunakan krim yang mengandung hidrokortison karena dapat membuat masalah menjadi lebih buruk dan bahan tersebut tidak baik untuk kulit Anda jika digunakan terlalu sering.

Bawalah tisu basah

Untuk meredakan gatal dan menyegarkan area vagina, selalu siapkan tisu basah pribadi setelah buang air kecil atau buang air besar. Pilihlah wipes atau tisu basah yang mengandung ekstra witch hazel yang aman bagi kulit dan dapat menyegarkan kulit dengan cepat.

Bedak dengan kandungan cornstarch (beras gandum/maizena)

Untuk menjaga area kewanitaan tetap sejuk dan kering, Anda dapat menggunakan bedak dengan kandungan cornstarch yang aman untuk kulit. Cornstarch biasanya terdapat di dalam produk bedak bayi. Anda dapat menaburkan sedikit bedak di pakaian dalam Anda. Pastikan Anda memilih bedak dengan kandungan cornstarch alami dan tidak mengandung aroma tertentu.

Jangan malas untuk mengganti pakaian dalam

Keputihan gatal saat hamil muda dapat datang dari area kewanitaan yang kurang bersih. Untuk itu dianjurkan untuk mengganti pakaian dalam beberapa kali sehari untuk menghindari kuman atau bakteri di area vagina. Jika Anda merasa area vagina lembab dan sedikit basah, segera ganti pakaian dalam Anda.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir apabila vagina gatal saat hamil. Ada banyak cara alami yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi rasa gatal dan keputihan. Jaga kebersihan area kewanitaan Anda agar selalu nyaman dalam beraktivitas selama masa kehamilan.

 

An owl who likes coffee, movies and humanity.

%d bloggers like this: