Cara Alami Mengatasi Keputihan (Infeksi Ragi)

Banyak orang mencari tips sehat untuk mengatasi keputihan secara alami. Sebelum obat keputihan dan infeksi ragi dijual bebas seperti sekarang ini, dahulu wanita mengobati keputihan mereka cukup di rumah saja. Apa saja yang mereka lakukan, ya?

WALAUPUN tidak ada studi khusus yang dilakukan untuk membuktikan apakah pengobatan rumahan terhadap keputihan atau infeksi ragi tefektif atau tidak, tetapi banyak sekali wanita yang merasakan khasiatnya. Baca lebih lanjut untuk mengetahui penyebab keputihan dan cara mengatasi keputihan berikut ini!

Infeksi ragi vagina atau kandidiasis vagina merupakan infeksi yang menyebabkan iritasi, peradangan, dan rasa gatal yang hebat di area vagina, khususnya bagian vulva. Penyebab keputihan ini bukanlah bakteri, melainkan jamur bernama Candida albicans.

Tanda infeksi jamur vagina ini adalah keluarnya cairan atau sering disebut keputihan. Cairan tersebut biasanya bertekstur kental dan berwarna putih. Cairan ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti nyeri, ruam, dan rasa seperti terbakar di vagina. Keputihan yang disebabkan infeksi jamur biasanya tidak berbau.

Pada vagina yang sehat, terdapat jamur dan bakteri baik dalam jumlah yang seimbang. Salah satu jenis bakteri baik adalah Lactobacillus yang bersifat asam sehingga mengontrol populasi jamur di dalam vagina. Jika terjadi ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jamur atau ragi, maka akan menyebabkan ragi atau jamur berkembang biak di luar batas normal atau seimbang.

Beberapa faktor penyebab ketidakseimbangan jumlah bakteri baik dan jamur vagina antara lain adalah konsumsi antibiotik, kehamilan, sistem imun sedang menurun, penggunaan kontrasepsi hormonal, dan penyakit diabetes. Berikut ini adalah obat keputihan yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat infeksi ragi vagina. Meskipun begitu, beberapa orang mempunyai kulit yang sensitif, sehingga selalu disarankan untuk menghentikan pemakaian apabila keluhan malah bertambah parah.

Yogurt

Yogurt merupakan minuman probiotik yang mengandung bakteri hidup yang disebut Lactobacillus acidophilus. Probiotik dipercaya dapat mengembalikan keseimbangan bakteri dan jamur di seluruh tubuh manusia. Pada sebuah jurnal penelitian, disebutkan bahwa beberapa jenis probiotik efektif dalam melawan jamur Candida albicans.

Para wanita menggunakan yogurt untuk keputihan dengan cara diminum langsung atau dibalurkan langsung ke vagina untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Jika ingin mengaplikasikan yogurt langsung ke kulit vagina, pastikan pilih yogurt tanpa rasa.

Minyak oregano

Untuk menggunakan minyak oregano sebagai obat keputihan, carilah minyak oregano yang terbuat dari oregano liar. Jangan sampai salah memilih oregano yang diperuntukkan sebagai rempah untuk masakan. Minyak dari oregano liar atau Origanum vulgare mengandung timol dan carvacrol yakni senyawa anti-jamur yang kuat.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa minyak oregano liar dapat menghentikan atau memperlambat pertumbuhan jamur vagina tergantung dari dosis yang digunakan. Namun, wajib diperhatikan bahwa minyak oregano merupakan pengencer darah alami. Jangan gunakan bersamaan dengan obat pengencer darah atau jika Anda mempunyai masalah darah beku.

Krim anti jamur

Obat keputihan yang paling umum digunakan untuk infeksi jamur adalah krim anti-jamur atau supositoria, obat berbentuk kapsul yang dimasukkan melalui dubur atau lubang vagina. Obat anti-jamur ini dijual bebas dan dapat dibeli tanpa resep. Anda dapat membelinya untuk dipakai selama satu hari, tiga hari, atau tujuh hari.

Asam borat

Asam borat merupakan antiseptik alami yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur vagina kronis atau infeksi jamur yang kebal terhadap pengobatan lain. Asam borat bisa didapatkan dalam bentuk obat dengan resep atau Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Asam borat yang umumnya berbentuk supositoria bersifat racun, sehingga tidak boleh dipakai pada kulit yang luka atau meminumnya.

Ice cream lover. Knows everything about movies. Knows a little about everything else.

%d bloggers like this: