Bolehkah Pakai IUD Jika Belum Pernah Melahirkan?

Tips Sehat

Salah satu alat kontrasepsi yang cukup dikenal saat ini adalah IUD atau kontrasepsi spiral. Namun, masih banyak wanita yang kurang informasi mengenai siapa bisa pakai IUD dan apakah bisa wanita yang belum pernah melahirkan menggunakan IUD. Penggunaan IUD saat ini dipilih karena tidak harus repot menggunakan alat kontrasepsi kondom. Namun, tidak semua wanita dapat menggunakan kontrasepsi IUD. Benarkah demikian?

Bolehkah Pakai IUD Kalau Belum Pernah Melahirkann

 

ALAT kontrasepsi IUD atau yang lebih dikenal dengan kontrasepsi spiral ini memang cukup dikenal banyak wanita karena dapat mencegah kehamilan. Bagi mereka yang sudah memiliki anak, IUD menjadi pilihan yang banyak diminati untuk mengontrol kehamilan berikutnya. Namun, saat ini banyak wanita yang ingin menggunakan IUD tetapi masih bertanya-tanya siapa yang bisa pakai IUD dan apakah IUD aman atau tidak.

Siapa yang bisa pakai IUD?

Pada awalnya, IUD yang mulai dipasarkan pada tahun 1988 di Amerika Serikat, mencantumkan petunjuk bahwa IUD hanya direkomendasikan bagi wanita yang sudah memiliki anak atau yang sudah pernah melahirkan. Penggunaan IUD untuk wanita yang belum memiliki anak sangat dibatasi saat itu.

Beberapa tahun terakhir, banyak ahli yang melakukan penelitian tentang IUD. Sebuah buletin terbaru yang diterbitkan American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menunjukkan hasil yang melegakan untuk semua wanita. Wanita dewasa maupun remaja yang belum melahirkan dapat menggunakan IUD. Sudah banyak dokter memberikan layanan IUD pada wanita yang belum pernah melahirkan.

IUD aman digunakan untuk wanita yang belum melahirkan

Bukti penelitian terbaru di Amerika Serikat menunjukkan IUD lebih efektif dan memiliki tingkat kepuasan yang tinggi daripada penggunaan pil KB. Penelitian tersebut dilakukan selama 1 tahun dan terbukti separuh dari wanita berusia 18-25 tahun yang mencari pilihan kontrasepsi lebih memilih IUD daripada pil. Hanya 20 persen dari 200 wanita yang menghentikan penggunaan IUD karena adanya rasa sakit saat menggunakan IUD.

Dari studi lain yang membahas IUD juga menunjukkan alat kontrasepsi IUD memiliki tingkat kegagalan yang rendah pada wanita yang belum pernah melahirkan atau yang sudah pernah melahirkan. Tingkat kegagalan yang dimaksud adalah kehamilan yang tak terduga walaupun sudah menggunakan IUD. Hasil penggunaan IUD juga menunjukkan bahwa IUD tidak menyebabkan infertilitas dan sebaiknya pasang IUD saat tidak haid.

IUD dapat menjadi pilihan kontrasepsi yang baik bagi hampir semua wanita. Namun, patut Anda ketahui bahwa IUD tidak direkomendasikan bila Anda mempunyai riwayat penyakit radang panggul atau PSM aktif, wanita sedang hamil dan memiliki masalah dengan rahim.

Baca juga: Waspadai Nyeri Panggul, Gejala Awal Penyakit Wanita

Para ahli pun merekomendasikan IUD bagi wanita berusia muda karena IUD dapat bertahan lama dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, perlu diingat penggunaan IUD harus diganti dalam jangka waktu 3-5 tahun.

Pemasangan IUD

Untuk memasang IUD, Anda patut berkonsultasi dengan dokter ahli. Dokter akan menjelaskan tentang IUD lebih dalam. Untuk pemasangan IUD pun harus dilakukan oleh dokter atau perawat. IUD akan dimasukkan ke dalam rahim dan pasang IUD saat tidak haid.

Efek samping IUD

Efek samping dari penggunaan IUD ini cukup bervariatif karena bergantung pada jenis produk IUD yang digunakan. Misalnya, IUD dari ParaGard dapat menyebabkan rasa sakit dan meningkatnya darah menstruasi pada wanita yang belum melahirkan, sedangkan bagi wanita yang sudah melahirkan, rasa sakit tidak terlalu dirasakan saat menggunakan ParaGard. Lain halnya dengan produk Mirena, yang tidak terlalu menimbulkan rasa sakit dan pendarahan bagi wanita yang belum melahirkan.

Jadi, bagi Anda yang masih khawatir dengan penggunaan IUD tetapi belum pernah melahirkan, Anda tidak perlu khawatir. IUD dapat menjadi alternatif kontrasepsi yang aman digunakan untuk semua wanita. Namun, patut diingat bahwa sebelum memasang IUD, Anda harus berkonsultasi pada dokter ahli. Dokter akan menjelaskan info yang lengkap tentang IUD dan siapa yang bisa pakai IUD.

 

An owl who likes coffee, movies and humanity.