Bisakah IUD Terasa Saat Berhubungan Intim?

IUD atau spiral adalah jenis kontrasepsi pengendali kehamilan yang pemasangannya tepat di dalam rahim. Oleh karena itu, pemasangan IUD harus dilakukan oleh para ahli, seperti bidan atau dokter kandungan. Sayangnya, ada beberapa kasus yang mengeluhkan benang IUD terasa saat berhubungan. Keluarnya benang IUD mengganggu aktivitas seksual Anda dan pasangan. Apakah hal tersebut wajar?

benang iud terasa saat berhubungan

KONTRASEPSI IUD umumnya terbuat dari plastik dengan bentuk menyerupai huruf “T”. Alat kontrasepsi ini memiliki benang yang menggantung dari leher rahim hingga ke dalam vagina. Benang tersebut dibiarkan menggantung untuk memudahkan para ahli mengecek posisi IUD atau mengeluarkan IUD jika penggunanya ingin melepas kontrasepsi ini.

Sejatinya, meskipun benang IUD menggantung, tapi benang tersebut tidak akan mengganggu aktivitas seksual Anda. Namun, jika benang IUD teraba atau terasa menyentuh penis pasangan saat bersenggama itu artinya posisi IUD tidak tepat. Pada saat IUD dimasukkan ke dalam rahim, seharusnya Anda tidak akan merasakan apa pun. Pergeseran posisi IUD bisa disebabkan karena siklus menstruasi atau ikatan IUD terlalu longgar.

Baca juga: Waspada IUD Bergeser, Ini 8 Tandanya!

Adalah suatu hal yang normal jika benang IUD teraba saat Anda memasukkan jari ke bagian atas vagina. Seiring berjalannya waktu benang IUD akan menjadi lebih lembut dan tidak akan terasa saat Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Namun, bila Anda merasa hal ini mengganggu aktivitas seksual bersama pasangan, maka jangan ragu untuk memberitahu dokter atau bidan yang memasang kontrasepsi spiral tersebut.

Apa yang dikeluhkan pasangan Anda saat mereka merasa tidak nyaman dengan keberadaan benang IUD mengganggu? Pria akan mengatakan bahwa benang IUD terasa saat berhubungan. Pasangan pria Anda akan mengeluh bahwa penisnya merasa seperti tertusuk sesuatu saat sedang melakukan penetrasi dengan Anda. Kondisi seperti ini dapat membuat pasangan enggan untuk berhubungan seks. Pasalnya, selain merasa tidak nyaman, pria juga akan merasakan sedikit nyeri ketika penisnya tertusuk benang kontrasepsi spiral tersebut.

Baca juga: Cara Mengecek Benang IUD Tetap pada Tempatnya

Solusi untuk mengatasi benang IUD mengganggu adalah berkonsultasi dengan pihak yang memasang kontrasepsi tersebut. Jika Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan, biasanya dokter akan meminta Anda melakukan USG untuk mengetahui ketepatan posisi IUD di dalam rahim Anda.

Apabila benang IUD mengganggu aktivitas seksual Anda dan pasangan, tak ada salahnya jika Anda mengganti kontrasepsi spiral yang saat digunakan dengan jenis lainnya. Bicarakan pemilihan kontrasepsi baru ini bersama pasangan agar Anda dan si dia merasa lebih nyaman saat berhubungan intim.

A day dreamer and a night thinker.