Berapa Lama Waktu untuk Move On Setelah Putus?

Anda baru putus, lalu berpikir untuk segera cari pacar baru? Anda pun berpikir, ‘Saya mau pacar baru untuk menunjukkan Si Mantan bahwa saya sudah move on!’ Lho, berarti Anda masih memikirkan Si Mantan! Bila Anda merasa sulit untuk melupakan mantan, simak tips cinta berikut ini!

KONON, wanita dan pria akan mengalami perasaan yang berbeda setelah putus hubungan. Wanita dikatakan akan merasakan kesedihan yang amat mendalam pada hari pertama setelah putus, mulai tenang dan perlahan move on setelah beberapa minggu, hingga akhirnya melupakan mantan beberapa bulan setelah putus.

Sedangkan, pria merasakan yang sebaliknya. Pria bisa merasa cepat move on setelah putus, dengan adanya kebebasan yang dirasakan pada hari pertama putus. Beberapa minggu setelahnya, mereka baru merasakan ada yang hilang dalam hidupnya, sampai akhirnya beberapa bulan kemudian mereka baru menyadari kesedihan akibat kehilangan pacar. Akan tetapi, apakah hal yang dipercaya masyarakat umum ini benar?

Jawabannya tidak. Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh OnePoll, sebuah perusahaan yang menspesialisasikan diri dalam bidang riset pemasaran, kita menghabiskan 18 bulan seumur hidup untuk berusaha move on. 18 bulan yaitu total seluruh putus hubungan Anda, bukan 18 bulan setiap hubungan yang kandas. Jumlah ini dihitung berdasarkan rata-rata tiga kali putus hubungan. Dengan kata lain, satu kali putus umumnya akan dilupakan setelah enam bulan.

Survey ini mengambil 2000 orang partisipan dari penjuru Amerika Serikat yang juga menganalisis berapa lama rata-rata waktu yang harus dijalani seseorang untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang terkait dengan Si Mantan. Ternyata, hal-hal kecil seperti menghapus kontak Si Mantan atau berhenti menangis karena teringat mantan juga membutuhkan waktu tertentu.

Baca juga: Jangan Percaya 3 Mitos tentang Relationship Ini!

Berhenti Stalking Laman Media Sosial Mantan

Beberapa orang memang bisa menghindari media sosial milik Si Mantan segera setelah putus. Sementara itu, ada juga yang mengaku kalau mereka masih rajin stalking Si Mantan lima bulan setelah putus. Dari survey yang dilakukan, ternyata rata-rata orang berhenti membuka-buka laman media sosial Si Mantan setelah lima minggu.

Tentu saja jika Anda tegar, tegas pada diri sendiri, dan ingin menghindari rasa sakit yang akan terjadi di masa depan (misalnya, melihat update posting-an mereka dengan seseorang yang baru), Anda akan memblokir mereka di media sosial segera setelah putus.

Mungkin akan lebih memuaskan jika Anda memblokir Si Mantan duluan, sebelum dia sempat memblokir Anda. Memblokir Si Mantan akan membantu Anda untuk cepat move on setelah putus.

Berhenti Menangis

Rupanya, butuh enam minggu untuk benar-benar berhenti menangisi kepergian Si Mantan. Namun, jika Anda masih menangisinya berbulan-bulan setelah putus juga tidak apa-apa, kok. Enam minggu hanyalah angka rata-rata.

Mungkin hubungan Anda yang lalu memang Anda anggap begitu spesial. Biasanya setelah periode penuh tangis ini, Anda malah akan menertawakan diri Anda sendiri karena telah menangisi Si Mantan yang ‘so not worth your time’.

Menghapus Kontak Si Mantan

Ini adalah hal yang bisa dilakukan dalam dua detik, namun butuh berminggu-minggu untuk mempersiapkan mental Anda sebelum melakukannya. Apabila Si Mantan berada dalam satu lingkungan dengan Anda—yang berarti Anda masih membutuhkan nomornya—cara yang efektif untuk melupakan kenangan-kenangan bersamanya adalah mengganti namanya di kontak Anda menjadi sesuatu seperti “Tumpukan T*i”, “Buaya Darat”. Kreasikan sesuai kreativitas Anda.

Menurut penelitian, dibutuhkan 6,5 minggu sebelum rata-rata orang putus cinta dapat menghapus nomor mantan pacar mereka. Mungkin banyak orang yang hafal dengan nomor mantan pacarnya, tapi lama-lama akan lupa juga, kan?

Ingat, nomor orangtua Anda lebih penting dari nomor mantan pacar. Anda butuh menghafal nomor baru untuk melupakan nomor mantan? Kami berikan nomor telepon untuk keadaan darurat, yaitu 110 atau 112. You’re welcome. ☺

Membuang Barang-barang Milik Mantan atau Pemberian Darinya

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa orang masih menyimpan barang-barang milik Si Mantan (atau pemberiannya) selama tujuh minggu atau hampir dua bulan setelah putus. Untuk apa, sih? Barang-barang itu akan membuat Anda teringat terus tentang Si Mantan! Akan tetapi, kalau Anda putus secara baik-baik mungkin akan lebih baik jika Anda mengirimkan barang-barang tersebut kembali pada Si Mantan, tak perlu membuangnya.

Menghapus Foto-fotonya

Menghapus foto-foto Si Mantan dari telepon genggam, laptop, Instagram, Facebook, dan segala media lain milik Anda ternyata butuh 7,5 minggu. Hapuslah foto-foto dari masa-masa di mana Anda pernah berbahagia dengannya!

Berhenti Berbicara tentang Si Mantan

Adapun, berapa lama waktu yang dibutuhkan rata-rata orang untuk berhenti membicarakan mantan mereka adalah sekitar delapan minggu. Lamanya tergantung seberapa buruk keadaan Anda dengan Si Mantan ketika kalian memutuskan untuk berpisah. Tetapi harus diakui, membicarakan soal orang yang Anda benci memang menyenangkan, apalagi tentang keburukan-keburukannya.

Baca juga: 10 Tanda Anda Mencintai Orang yang Salah

Mulai Memacari Orang Lain

Menurut 2.000 orang yang berpartisipasi dalam survey tersebut, butuh 13,5 minggu atau tiga bulan lebih setelah putus untuk mulai berpacaran dengan seseorang yang baru. Angka ini dimaksudkan untuk mulai berpacaran dengan serius, bukan sekedar menggantikan posisi Si Mantan dalam hati Anda yang sedang kosong melompong. Akan tetapi, 1 dari 4 orang mengaku bahwa mereka pernah berpacaran sekedar bertujuan untuk move on dari mantan terakhir mereka.

Sekali lagi, waktu yang telah dibahas hanyalah angka rata-rata. Anda bisa saja move on dalam seminggu, sementara orang lain baru bisa move on setelah 3 tahun putus cinta. Ada begitu banyak faktor yang ikut berperan dalam membantu Anda melupakan Si Mantan, move on, dan kembali pada kehidupan nyata.

Anda tidak bisa terburu-buru melakukannya. Selama Anda bisa bangun tidur setiap hari dan menemukan setidaknya satu hal yang membuat Anda tersenyum atau tertawa, maka Anda berjalan ke arah yang benar. Sukses move on, ya!

Siap menjadi budak skripsi dan lulus pada waktu yang tepat meski memiliki hobi berleha-leha sepanjang hari.