Begini Caranya Move On dari Mantan dalam Waktu 3 Bulan

Melupakan mantan bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Kenangan tidak dapat dimusnahkan begitu saja. Namun, ketika Anda tahu bahwa hubungan kalian berdua sudah tak ada lagi harapan, maka melupakan adalah sebuah keharusan. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa, kan? Berikut ini adalah cara move on dari mantan yang cukup efektif dan dapat berhasil dalam waktu 3 bulan saja!

cara move on dari mantan

SETIAP orang tak pernah siap putus cinta. Pasalnya, saat mulai menjalin cinta dengan seseorang, putus pasti bukan tujuan. Kalau sudah merencanakan putus dari awal, buat apa jadian? Nah, makanya, ketika akhirnya perpisahan datang, shock pasti adalah reaksi pertama yang hadir.

Selanjutnya, rasa sakit, sedih, marah, dan kecewa lazim mengisi hari-hari. Tempat-tempat yang tadinya terlihat biasa pun kini bisa membuat Anda menitikkan air mata karena teringat kenangan bersama dia.

Wajar memang. Namun, apakah Anda mau selamanya begini? Mau tidak mau atau suka tidak suka, melupakan mantan adalah sebuah keharusan. Jika terus terikat oleh kenangan bersamanya, Anda tidak akan bergerak maju.

Masih mencari cara yang efektif untuk melupakan mantan? Dilansir dari lifehack.org, berikut ini adalah cara move on dari mantan yang bisa dibilang paling ampuh dan berhasil dalam waktu 3 bulan saja. Semoga.

Ingatlah Hubungan Lainnya

Hubungan dengannya bukanlah satu-satunya hubungan yang Anda punya. Anda masih memiliki hubungan dengan keluarga juga sahabat. Ketika hubungan dengannya kandas, cara move on dari mantan yang paling baik adalah dengan memfokuskan diri pada hubungan-hubungan lain yang Anda punya. Sering-seringlah menghabiskan waktu bersama sahabat dan keluarga.

Rayakan Kesendirian

Tiba-tiba sendiri setelah sekian lama memiliki pasangan memang bukan hal mudah. Namun, hal pertama yang harus Anda ingat adalah: berapa banyak hal yang tidak dapat Anda capai ketika memiliki pasangan? Mungkin saja Anda telah lama meninggalkan hobi atau berhenti mengejar mimpi karena terlalu sibuk dengan kehidupan berpasangan. Nah, kini saatnya mulai lagi.

30 hari pertama adalah fase paling menyakitkan

Orang yang pernah merokok dan kini telah berhenti pasti pernah mengalami masa-masa sulitnya menahan diri. Putus cinta pun demikian.

Di 30 hari pertama pasti sulit bagi Anda untuk tidak menanyakan kabarnya, apalagi ia senantiasa berseliweran di media sosial. Namun, tahanlah.

Cara move on dari mantan yang paling ampuh pada fase ini adalah dengan berhenti sejenak dari media sosial. Anggaplah Anda sedang mengobati kecanduan dan dekat dengan sumber kecanduan Anda bukanlah hal tepat untuk dilakukan.

Baca juga: Masih Stalking Mantan di Sosmed? Ternyata Ini Alasannya

30-60 hari berikutnya: tak perlu mencoba sibuk untuk melupakan

Saat sakit hati, biasanya Anda akan berusaha memadati jadwal dengan beragam aktivitas. Ini supaya otak Anda tak berhenti bekerja sehingga tak ada waktu untuk mengingat si dia. Cara ini mungkin terlihat berhasil sementara waktu, tapi tidak untuk jangka panjang.

Pasalnya, Anda tidak menghadapi masalah dan hanya berusaha menghindarinya. Alih-alih menyibukkan diri, sediakanlah waktu untuk sendiri justru.

Gunakan waktu sendiri ini untuk menumpahkan yang Anda rasakan, entah itu lewat tangisan, catatan jurnal, atau bahkan karya seni. Lebih jujurlah pada diri sendiri. It’s okay to grieve.

60-90 hari setelahnya: siapkan energi baru

Fase ini mungkin adalah saatnya Anda sadar bahwa ia takkan kembali. Maka dari itu, persiapkanlah energi untuk memulai hidup yang baru. Bacalah banyak buku penyembuhan diri, lakukan aktivitas luar ruang, dan susun kembali jadwal Anda sehari-hari.

Baca juga: Yakin Sudah Move On dari Mantan? Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini!

Setelah 3 Bulan Berlalu

Tidak masalah jika sesekali Anda masih mengingatnya. Itu wajar. Namun, cobalah terima kenangan itu sebagai sesuatu yang manis, bukan sebagai sesuatu yang harus ditolak apalagi ditangisi. Mulai hidup baru Anda dan pelajari hal-hal baru.

nuriamalia

passionate writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 7 hours ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 weeks ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 weeks ago