Baru Coba Pakai Tampon? Ini Tips dan Triknya!

Tips Sehat

Tampon kali pertama digunakan oleh Bangsa Mesir, hal tersebut diketahui dari sejarah peradaban Mesir. Mereka menggunakan tampon yang terbuat dari tumbuhan papirus untuk menampung darah menstruasi. Tampon modern terbuat dari katun, rayon dan beberapa bahan lainnya. Tampon menjadi salah satu produk yang paling mudah digunakan apalagi untuk remaja putri yang baru kali pertama menstruasi. Ini merupakan produk wanita yang populer, bahkan beberapa merek memiliki tampon dengan berbagi ukuran.

cara pakai tampon

WALAUPUN awalnya Anda merasa terintimidasi saat menggunakan tampon, namun tampon bekerja dengan baik. Anda hanya perlu mengetahui cara menggunakannya dan cara kerjanya. Artikel ini akan memberitahu Anda cara pakai tampon dan tips memakai tampon.

Cara Pakai Tampon

Pada awalnya, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman ketika memasukkan tampon saat sedang menstruasi. Bacalah langkah penggunaan tampon pada kotak kemasan. Nah, berikut ini adalah cara pakai tampon yang dapat membuat Anda merasa nyaman.

  1. Bersikap santai adalah kuncinya. Cobalah untuk tidak berpikir hal-hal aneh saat Anda memasukkan tampon untuk kali pertama. Jika Anda sudah was-was sejak awal, ini hanya akan mempersulit keadaan.
  2. Waktu terbaik untuk menggunakan tampon adalah saat Anda sedang “banyak-banyaknya”. Pada saat Anda sedang “banyak-banyaknya”, tampon lebih mudah dimasukkan ke dalam vagina tanpa merasa risih.
  3. Anda harus memutuskan untuk memakai tampon saat duduk atau berdiri. Jika Anda memilih saat duduk, duduklah di toilet. Jika Anda memilih untuk berdiri, letakkan satu kaki Anda di bak mandi atau di atas dudukan toilet.
  4. Pegang tampon di tangan kiri atau tangan kanan Anda sesuai dengan kebiasaan saat memegang barang.
  5. Gunakan ibu jari dan jari tengah Anda untuk memegang bagian bawah luar tabung yang lebih besar.
  6. Arahkan ujung aplikator ke arah vagina Anda, sedikit menghadap ke arah belakang. Tabung yang lebih kecil harus mengarah ke Anda.
  7. Gunakan tangan yang lain untuk membuka vagina Anda.
  8. Letakkan ujung aplikator saat Anda membuka vagina.
  9. Dengan lembut, dorong ujung aplikator yang lebih kecil sampai berada dalam tabung luar yang lebih besar. Ini mendorong tampon masuk ke dalam vagina Anda dan lepas dari tabung.
  10. Dengan ibu jari dan jari tengah Anda masih berada di luar tabung, lepaskan tabung yang lebih kecil dan biarkan senar menjuntai ke luar.
  11. Secara lembut, tarik kedua tabung secara bersamaan.
  12. Buang aplikator sesuai langkah yang tertulis di kotak kemasan.
  13. Jika Anda merasa sudah “penuh” dan perlu mengganti tampon, maka tarik senar secara perlahan ke bawah dan ke depan. Tampon bekas harus dibuang sesuai langkah yang tertulis di kotak kemasan.

Tips Memakai Tampon

Setelah mengetahui cara pakai tampon, berikut ini adalah tips memakai tampon. Jika Anda mengalami masalah saat memasukkan tampon, coba ganti pelumas ujung tampon dengan pelumas berbahan air seperti KY Jelly. Jangan gunakan jelly minyak.

Bacalah selalu petunjuk pemakaian tampon pada kotak kemasan sebelum menggunakannya. Tips memakai tampon bagi Anda pemula adalah cobalah untuk menggunakan tampon dengan aplikator plastik dibandingkan dengan aplikator kertas/kardus. Cara pakai tampon dengan aplikator plastik lebih mudah saat dimasukkan. Hindari penggunaan tampon non-aplikator hingga Anda merasa nyaman menggunakan tampon.

Tips memakai tampon selajutnya adalah jika Anda merasa posisi tampon tidak nyaman, itu berarti letak tampon belum tepat di vagina. Jadi, keluarkan tampon tersebut dan coba lagi dengan memasukkan tampon yang baru. Jangan memasukkan tampon yang sama ke dalam vagina!

Tampon tersebut sudah mengandung kuman dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Tampon berfungsi pada saat menstruasi, jadi jangan menggunakannya atau mencoba menggunakannya saat Anda tidak sedang menstruasi. Ketika Anda mengeluarkan tampon kering dari dalam vagina, akan menimbulkan rasa yang amat tidak nyaman.

Jika Anda tidak suka menggunakan tampon, Anda juga bisa menggunakan pembalut, pembalut kain yang bisa digunakan kembali, menstrual cup atau celana dalam khusus yang dapat menyerap cairan menstruasi Anda. Cara pakai tampon menentukan kenyamanan saat Anda menggunakannya dan kesehatan alat kelamin Anda.

Jadi, jika Anda merasakan sakit saat memasukkan tampon, atau saat tampon sudah berada di dalam dan menyebabkan rasa sakit, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Beberapa wanita dengan dispareunia (seks yang menyakitkan), akan merasa kesulitan saat memasukkan tampon dan merasa tidak nyaman.

Memang ada banyak mitos atau informasi salah yang beredar di masyarakat mengenai penggunaan tampon. Pada intinya, penggunaan tampon adalah cara yang efektif dan sangat mudah untuk menampung cairan menstruasi Anda. Pada saat-saat tertentu, kebanyakan wanita memilih menggunakan tampon. Tampon bisa membuat Anda merasa lebih nyaman, apalagi saat berolahraga, berenang, dan memakai pakaian ketat.

laugh like a spongebob, kerupuk lovers. kopi hitam lovers. nocturnal.

%d bloggers like this: