Aturan “Cheat Day” Saat Melakukan Program Diet

Tips Sehat

Banyak dari kita yang berpikir bahwa menurunkan berat badan berarti juga harus menghindari makan makanan yang kita suka. Tidak boleh makan permen, tidak boleh makan saus krim, tidak ada anggur, dan tentu saja hal itu tidak menyenangkan. Tapi cara diet semacam ini hanya akan membuat kita benar-benar lebih sering mengidam, memikirkan makanan-makanan yang kita jauhi itu tadi sehingga kadang orang tidak kuat dengan godaan makanan yang ditinggalkannya sebelum program diet ini berhasil. Itulah sebabnya kita perlu menerapkan aturan cheat day saat melakukan program diet. Apa itu cheat day? Bagaimana aturannya? 

MENURUT para ahli, sebenarnya cara diet semacam ini tergolong diet yang tidak sehat alias ketergantungan pada makanan, padahal Anda dapat melakukan diet sehat yang masuk akal tanpa menjauhi makanan-makanan yang kita suka.

Bagi sebagian orang, menjauhi makanan favorit mereka bisa menyebabkan stress bahkan berujung pada tubuh yang tidak sehat, kata David NW. Grotto, RD, LD, seorang penulis buku “101 Makanan yang Bisa Menyelamatkan Hidup Anda”. Grotto menyebutnya “Cheat Day”, apa itu? Cheat Day adalah suatu hari atau keadaan di mana kita memberikan sedikit kebebasan (tapi tetap terkendali) kepada diri kita dengan “mengijinkan” diri kita mengonsumsi makanan kesukaan selama satu kali seminggu.

Ada perbedaan antara menikmati makanan favorit Anda sekali-kali dan makan segala sesuatu yang Anda suka sesering mungkin, kata Grotto. Kunci untuk mengontrolnya, lanjut Grotto, adalah mencegah apa yang Anda inginkan dan berapa banyak yang Anda miliki, dengan makan yang hanya sekadarnya saja, kemudian melanjutkan hidup Anda. Carolyn O’Neil, RD, seorang penulis buku , menyetujui hal itu. “Saya pikir mengontrol makanan secara masuk akal adalah kunci untuk dapat mencapai gaya hidup sehat,” kata O’Neil.

Baca juga: 5 Cara “Menipu Diri” untuk Berdiet!

Nah pertanyaannya sekarang, apa sih yang dapat membantu Anda tetap konsisten menjalankan program diet sehat dan dalam waktu yang singkat?

Siapapun dapat mengikuti diet ketat untuk waktu yang singkat, kata O’Neil. Tapi cepat atau lambat, kebanyakan orang akan kembali memakan makanan favorit dan bahkan makan secara berlebihan setelah mereka menjalani proses diet. Jadi mengapa tidak menjalankan program diet yang sehat dan masuk akal sehingga peluang keberhasilannya jauh lebih besar dan dalam jangka yang panjang?

Ketika Anda tahu apa yang Anda hadapi, Anda mungkin akan lebih memilih mengontrol makanan yang dapat meningkatkan berat badan Anda, kata O’Neil. Jadi, jika Anda menyukai kue keju, Anda harus mengetahui kadar kalori makan tersebut, sehingga kemudian Anda dapat mengelola dan mengontrol makanan Anda dengan porsi yang tidak berlebihan. Seperti filosofi diet yang dikatakan O’Neil seperti ini: “Semakin banyak Anda tahu, semakin Anda bisa makan!”.

Baca juga: Coba 10 Ide Menu untuk “Cheat Day” Ini!

10 ATURAN CHEAT DAY

Menurut beberapa ahli gizi, ada 10 tips bagaimana Anda bisa melaksanakan aturan “cheat day” saat Anda melakukan cara diet sehat, sebagai berikut:

1. Banyak mengonsumsi makanan pengisi

Jalankan program diet dengan makanan yang banyak mengandung protein dan kaya akan serat. “Tambahkan telur, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, sup kaldu, salad, daging  tanpa lemak, ikan laut, dan susu rendah lemak karena makanan ini dapat membantu Anda menjinakkan nafsu makan sekaligus menambah kebugaran tubuh Anda walaupun sedang menjalankan diet,” kata seorang pembicara American Dietetic Association, Marisa Moore, RD.

Untuk kontrol makanan yang Anda inginkan, Anda harus mengingat bahwa Anda hanya butuh mengonsumsi makanan ringan dan sehat sehingga Anda tidak butuh waktu lama untuk menjalankan program diet tersebut.

2. Tetap dengan rasa kesukaan Anda, tapi jenis makanan yang berbeda

Apapun yang Anda suka, membelinya dalam bentuk yang paling intens dan lezat, kata O’Neil. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi ketergantungan Anda pada makanan yang mengandung lemak tinggi, tetapi Anda tetap dapat merasakan makanan yang Anda suka.

Misalnya, apakah Anda tergila-gila pada snack asin? Maka Anda dapat membeli garam laut gourmet atau garam kosher chunky, dan taburi di atas tomat merah. “Anda akan memiliki makanan dengan rasa yang cemerlang,” kata O’Neil.

3. Nikmatilah segala makanan yang terhidang dengan indra Anda

Misalnya ketika Anda sedang menjalankan diet, Anda dapat meletakkan makanan ringan Anda pada piring cantik dengan hiasan warna-warni sehingga Anda dapat merasakan kenikmatannya ketika makan.

“Makanlah makanan ringan Anda secara perlahan dengan menggigitnya secara perlahan-lahan sehingga Anda dapat menikmati rasa pada makanan tersebut, dan Anda dapat merasakan kepuasan saat makan,” saran dari Brian Wansink, Ph.D., seorang penulis buku Mengingat Makan.

4. Buat rencana

Jika Anda kebetulan sangat menyukai makanan penutup, mintalah menu makanan penutup yang kaya akan serat. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi kalori tubuh Anda dan ini sangatlah penting.

5. Konsumsilah makanan yang Anda sukai

“Jika itu buruk untuk diet Anda, makan seperlunya akan sangat baik,” kata O’Neil. Jadi, bukan memakan seluruh hidangan yang ada di meja.

6. Buat versi sehat dari makanan favorit Anda

Anda menyukai pizza? Cobalah membuat sendiri, menggunakan topping rasa keju kambing, salmon asap, dan rempah-rempah segar. Begitulah resep dokter. Makanan yang Anda buat harus dapat membunuh lemak dan kalori.

Cheesecake adalah contoh yang sempurna dari hidangan yang ringan dan rendah kalori,” kata dokter Elaine Magee. Kemudian Anda juga dapat meningkatkan rasa dengan menggunakan lemon atau jeruk nipis yang menjadi makanan ringan untuk Anda konsumsi, walau dengan porsi yang lebih besar.

7. Jauhi kebiasaan buruk

Misalnya, Anda sering makan siang di meja makan atau di depan TV tapi Anda tidak menyadari bahwa Anda sedang makan. Jika Anda terbiasa dengan ini, ubahlah.

“Masyarakat kita kebanyakan tidak menikmati makannya, itulah sebabnya kami mencoba menjadi produktif dan tetap beraktivitas sepanjang waktu,” kata Grotto.

Itulah mengapa penting untuk menikmati makanan Anda secara total dan tanpa gangguan hal lain, walaupun dengan porsi yang sedikit. Dan jika Anda sedang makan di tempat yang jauh dari dapur, maka akan lebih sulit untuk menyelesaikan makanan Anda.

8. Makanlah makanan favorit Anda dengan porsi yang sedikit

Anda dapat memilih semua makanan kesukaan Anda, hanya saja tidak semuanya dilahap dalam sekali makan. Tidak ada makanan terlarang selama Anda menjaga porsi Anda untuk tetap rasional.

“Setiap hari, saya membuat gigi saya tetap merasakan beberapa gigitan coklat yang sebelumnya di simpan di freezer sehingga dapat mencair perlahan-lahan dan dapat memuaskan keinginan saya tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori,” kata Magee.

9. Kompromi

Jika Anda berpikir untuk piknik dengan salad ayam dan krim sebagai makanan di waktu santai, Anda dapat dapat menikmatinya tapi dengan tetap meminimalisir kalori, misalnya dengan mengganti mayones dengan yogurt.

“Kompromi adalah sangat penting untuk memberdayakan tubuh Anda,” kata O’Neil.

10. Lakukan perubahan kecil

Anda menyukai makanan manis ketika malam? Nikmatilah setiap suap, tapi tutuplah dengan berjalan-jalan di sekitar rumah setelah selesai memakan.

Kecanduan pizza dan cola sebagai menu makan siang sehari-hari? Nikmatilah setiap gigitan tapi jangan biarkan Anda menikmatinya setiap hari, maksimal empat kali dalam seminggu.

Grotto dan O’Neil setuju bahwa langkah kecil dapat memberikan perubahan yang besar, sehingga perubahan yang lebih baik akan terjadi pada Anda.

Ice cream lover. Knows everything about movies. Knows a little about everything else.