Apakah Infeksi Saluran Kemih Menular?

Tips Sehat

Sebenarnya infeksi saluran kemih menular atau tidak sih? Dan bagaimana juga teknik pengobatan infeksi saluran kemih itu?

pengobatan infeksi saluran kemih

FAKTANYA, tak semua infeksi yang berkaitan dengan masalah seks itu pasti termasuk penyakit menular seksual. Contoh, infeksi ragi atau vaginosis bakterialis yang memang menyerang organ kemaluan, namun tidak termasuk dalam penyakit menular seksual.

Lantas bagaimana dengan infeksi saluran kemih?

Infeksi saluran kemih memang biasanya muncul usai berhubungan intim. Namun soal apakah infeksi saluran kemih menular atau tidak, maka jawabnya adalah kadang-kadang.

Karena infeksi ini rata-rata dialami oleh wanita baru menikah atau yang sedang aktif melakukan hubungan intim, maka beberapa hal berikut bisa jadi pemicunya:

  • Intercourse (penetrasi) saat berhubungan intim mungkin mendorong bakteri yang sebelumnya sudah ada di saluran kemih kembali masuk ke dalam kandung kemih. Bakteri inilah yang kemudian menimbulkan infeksi.
  • Bakteri yang biasanya ada di vagina juga bisa masuk ke dalam saluran kemih saat penetrasi.
  • Urin tertahan dalam kandung kemih atau saluran kencing selama berhubungan intim sehingga melipat-gandakan jumlah bakteri. Untuk itu bila memungkinkan, buang air kecil saja lebih dulu sebelum berhubungan seks.
  • Beberapa metode pencegah kehamilan seperti diafragma juga bisa menekan saluran kemih sehingga bakteri terjebak dalam kandung kemih.
  • Suami yang menularkan bakteri penyebab infeksi saluran kemih (E.Coli).

Kesimpulannya, walau infeksi saluran kemih memang erat kaitannya dengan masalah seksual, namun ini bukanlah penyakit menular seksual. Sebab bisa jadi istri mengalami infeksi saluran kemih, namun suaminya tidak.

Baca juga: Kenali Gejala-gejala Infeksi Saluran Kemih

Tambahan lain soal infeksi saluran kemih

Hal lain yang juga menprihatinkan adalah infeksi saluran kemih seringkali menunjukkan tanda adanya gangguan pada organ ginjal juga. Dan walau kebanyakan pengidapnya adalah wanita, namun bukan tidak mungkin kalau pria juga mengalaminya. Beberapa faktor seperti panjang uretra, kurangnya kebersihan diri, penggunaan tampon, kondom, hingga kurang minum dianggap dapat memicu infeksi saluran kemih.

Lantas bagaimana cara mengobatinya?

Pencegahan dan pengobatan infeksi saluran kemih yang terutama adalah:

  • Usahakan selalu buang air kecil usai berhubungan intim agar bakteri dalam saluran kemih terbuang keluar. Meski cara pengobatan infeksi saluran kemih ini masih pro-kontra, namun karena tak ada efek sampingnya, maka tak ada salahnya untuk dipraktikkan bukan?
  • Mereka yang pernah mengalami infeksi saluran kemih juga disarankan rajin minum jus cranberry karena buah ini bisa membuat air urin lebih asam sehingga mengurangi pertumbuhan bakteri. Sekali lagi, walau teknik pencegahan dan pengobatan ini masih pro dan kontra, namun karena jus cranberry menyehatkan, maka coba saja.

Baca juga: Cranberry Bisa Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih, Benarkah?

Dan dikarenakan infeksi saluran kemih yang pernah dialami bisa kambuh lagi suatu hari nanti, maka jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter soal pencegahannya.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.

%d bloggers like this: