Amenorrhoea

Komplikasi Amenorrhoea

Amenorrhoea dapat menimbulkan komplikasi yang serius. Sebagian besar komplikasi yang timbul tergantung dari penyakit penyerta yang menjadi penyebab dari amenorrhoea itu sendiri. Beberapa komplikasi amenorrhoea yang paling sering terjadi adalah:

  • Infertilitas

Saat indung telur gagal melepas sel telur yang matang sehingga siklus menstruasi jadi terhambat, maka otomatis Anda akan sulit bahkan tidak bisa hamil. Tentu saja ini bisa menjadi berita buruk bagi pasangan atau wanita yang sangat mendambakan kehadiran buah hati dalam keluarga kecil mereka.

  • Stres

Saat seorang wanita tidak memiliki kesempatan untuk hamil, maka ia bisa menderita stres, apalagi kalau kondisinya sangat mengharapkan kehadiran seorang anak.

  • Endometrial hyperplasia

Kondisi menebalnya saluran rahim ini bisa memicu munculnya komplikasi lebih lanjut yakni kanker endometrial. Kondisi ini dapat timbul pada amenorrhoea yang berlangsung lama dan melanjut.

  • Osteoporosis

Jika gangguan siklus haid disebabkan oleh rendahnya hormon estrogen dalam tubuh, maka Anda mungkin akan mengalami osteopenia (berkurangnya kepadatan tulang) atau osteoporosis (melemahnya tulang).

Komplikasi Amenorrhoea lainnya mungkin bisa timbul, tergantung dari kondisi penyakit apa yang menjadi penyebab utamanya.