Air Lemon Untuk Atasi Jerawat, Ampuhkah?

Lemon diklaim sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Bahkan, buah yang memiliki kulit berwarna kuning ini sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat produk kosmetik dan perawatan kulit wajah. Nah, bagaimana cara mengatasi jerawat dengan lemon? Ampuhkah memanfaatkan buah ini sebagai obat jerawat alami?

Adakah bukti bahwa lemon bisa menjadi obat jerawat?

Belum ada bukti yang menyatakan bahwa lemon bisa menjadi obat jerawat. Akan tetapi, jus lemon sering dipakai sebagai obat jerawat tradisional yang sangat alami.

Banyak blog, ahli kecantikan, dan majalah yang memuji manfaat lemon untuk wajah, terutama untuk mengurangi jerawat. Namun sekali lagi belum ada bukti ilmiah yang mengklaim bahwa lemon bisa menjadi obat jerawat alami.

Apakah lemon adalah astringent dan anti-bakteri?

Manfaat lemon untuk wajah sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Buah ini memiliki manfaat sebagai astringent, yakni untuk mengurangi minyak pada wajah. Tingkat keasaman di dalam lemon juga bisa membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Kesimpulannya, lemon bisa berperan menjadi anti-bakteri untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

Apakah tingkat keasaman lemon aman bagi kulit?

Kulit manusia memiliki tingkat keasaman pada pH 4,5 – 5,5. Sementara itu, air lemon disinyalir memiliki tingkat keasaman yang lebih kuat, yakni dengan pH 2. Tingkat keasaman air lemon ini sebenarnya bisa berbahaya pada kulit wajah. Bagi pemilik kulit yang sensitif, air lemon bisa menimbulkan iritasi, rasa gatal, dan sensasi seperti kulit terbakar. Bahkan, air perasan lemon bisa terasa perih apabila menyentuh luka.

Lemon mengandung vitamin C yang bagus untuk kulit

Sudah menjadi rahasia umum jika lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan Vitamin C. Dewasa ini, sudah banyak produk perawatan kulit yang memanfaatkan Vitamin C sebagai bahan utamanya. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah lemon ini bisa Anda manfaatkan sebagai anti-aging, pencerah kulit, dan antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Apakah lemon efektif untuk menghilangkan bekas jerawat?

Lemon dapat mengempiskan jerawat, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk menghilangkan bekas jerawat. Pada dasarnya, semua jenis luka memang susah dihilangkan dengan bahan-bahan alami biasa. Anda harus berkonsultasi ke klinik kecantikan atau dokter bedah plastik untuk kemungkinan menghapus bekas jerawat pada kulit wajah.

Anda harus menggunakan krim pemutih wajah jika ingin menyamarkan noda-noda bekas jerawat. Namun, perawatan dengan menggunakan lemon ini bisa mempercepat proses untuk menghilangkan noda dan bintik hitam yang disebabkan oleh jerawat.

Baca juga: Pola Makan Diet Bisa Menimbulkan Jerawat?

Tips memanfaatkan lemon untuk mengatasi jerawat

Masih ingin menggunakan buah lemon untuk mengempiskan jerawat? Tak masalah, Anda bisa membaca beberapa tips mengatasi jerawat dengan lemon berikut ini:

  • Tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif. Bila Anda merasa memiliki kulit wajah yang sensitif, maka sebaiknya jangan melakukan perawatan wajah dengan lemon. Pasalnya, lemon akan menimbulkan iritasi pada kulit. Belum lagi rasa perih yang bisa Anda rasakan ketika air perasan lemon ini mengenai jerawat yang tumbuh pada kulit wajah sensitif.
  • Hindari sinar matahari untuk sementara waktu. Tingkat keasaman yang sangat rendah pada buah lemon membuat kulit jadi mudah terbakar. Oleh karena itu, setelah Anda merawat wajah dengan lemon, sebaiknya hindari keluar rumah pada saat matahari masih bersinar.
  • Jangan terlalu sering menggunakan lemon. Perawatan wajah dengan buah lemon tentu boleh-boleh saja. Akan tetapi, apabila Anda terlalu sering menggunakan lemon, maka kulit wajah bisa menjadi lebih kering dan mudah iritasi.

Nah, itulah beberapa serba-serbi mengenai penggunaan lemon sebagai obat jerawat. Berminat untuk mencoba?

A day dreamer and a night thinker.