9 Hal yang Perlu Anda Lakukan Saat Masih Betah Menjomblo

Status single dan happy masih dapat Anda rasakan dengan mengikuti cara hidup bahagia meski sendiri. Tidak perlu takut kesepian karena tidak punya pacar, karena Anda masih dapat merasakan kebahagiaan dengan status single.  

single dan happy

MENJADI lajang pada usia berapa pun menjadi tantangan saat ini. Pasti banyak yang menanyakan, “Kapan menikah?” Atau, “Kok belum punya pacar?” Pertanyaan tersebut pasti sangat memuakkan bagi Anda yang betah menjomblo. Namun, di balik kesendirian Anda, Anda masih dapat meraih status single dan happy. Jangan sia-siakan masa kesendirian Anda. Sendiri tak berarti kesepian dan merana.

Saat ini, Anda memutuskan untuk sendiri dan mungin tidak Anda sadari bahwa itu dapat menjadi kekuatan positif yang dapat mengubah Anda menuju ke dunia kreativitas yang lebih besar dan mengembangkan pribadi diri menjadi lebih baik. Dalam kesendirian yang ada sekarang, Anda dapat tumbuh untuk mengenal dan mencintai diri Anda sebagai individu yang utuh.

Anda tidak harus bergantung pada orang lain dan belajar menjadi pribadi yang independen. Anda dapat belajar untuk menemukan kepuasan dalam diri sendiri.  Anda pun dapat mengikuti cara hidup bahagia meski sendiri berikut ini:

Berkomitmen 20 menit sehari untuk belajar sesuatu yang baru

Cara hidup bahagia meski sendiri dapat Anda ikuti dengan mempelajari keterampilan baru yang dapat bermanfaat bagi Anda. Belajar sesuatu yang baru juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Cobalah 20 menit setiap hari untuk belajar sesuatu yang baru dan benar-benar Anda minati. Anda bisa mengambil kelas menjahit, bermain piano, belajar bahasa atau apa pun yang selalu ingin Anda coba. Luangkan waktu dengan kegiatan yang menambah pengetahuan Anda dan nikmatilah proses yang ada.

Luangkan waktu untuk pergi berkencan sendiri

Memang terdengar aneh, berkencan dengan diri sendiri, tetapi dalam hal ini, jangan takut untuk pergi menikmati makan malam sendiri di tempat makan favorit Anda. Tantang diri Anda untuk berpakaian rapi dan bawa diri ke suatu tempat yang membangun kepercayaan diri.

Jangan takut akan omongan orang lain karena Anda yang merasakan dan menikmatinya. Pergi makan malam sendiri atau pergi suatu tempat yang menghibur Anda dapat memanjakan diri sekaligus menguatkan diri Anda.

Say “Yes” More

Ada teman kerja yang mengajak jalan? Atau, teman sekolah yang mengajak reunian? Atau teman yang mengajak mengikuti kegiatan sosial? Katakan saja “Ya!”

Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang bersifat sosial di luar zona kenyamanan Anda. Jika Anda tidak memperluas lingkaran sosial Anda, Anda tidak akan bertemu orang baru. Pola pikir Anda hanya akan berputar di situ saja dan tidak berkembang.

Dengan mengikuti kegiatan baru dan bertemu dengan orang baru, Anda dapat menambah lingkar pertemanan dan siapa tahu dengan mengiyakan ajakan teman atau rekan kerja, Anda dapat menemukan tambatan hati.

Baca juga: Cepat Temukan Jodoh Anda dengan 3 Cara Ini!

Meditasi

Meditasi memang sangat baik untuk semua orang yang membutuhkan ketenangan pikiran. Ambillah kelas meditasi atau mulai melihat cara meditasi melalui aplikasi di ponsel Anda.

Semakin Anda mempraktikkan mindfulness, semakin sadar Anda akan ketenangan pikiran tentang kehidupan asmara Anda. Meditasi pun dapat menjadi cara hidup bahagia meski sendiri dan akan mengembalikan kepercayaan diri Anda untuk menjadi pribadi yang lebih positif.

Lakukan apa saja yang meningkatkan rasa percaya diri Anda

Lakukan apa saja yang akan membuat Anda merasa percaya diri. Perawatan diri, berolahraga, mengubah gaya rambut dan gaya berpakaian atau apapun itu yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri Anda sendiri.

Mulailah untuk bergerak melakukan perubahan yang dapat meningkatkan kenyamanan pada diri sendiri dan rasakan kebahagiaan pada diri sendiri. Lepaskan rasa putus asa karena memikirkan bayang-bayang hubungan masa lalu. Saatnya Anda menikmati apa yang ada saat ini.

Mulailah pagi hari dengan rutinitas yang sehat

Kehidupan setiap orang dapat berubah saat dia memanfaatkan pagi harinya dengan baik. Di pagi hari adalah saat yang tepat untuk perawatan diri dan mempersiapkan energi untuk beraktivitas. Jiwa semangat di pagi hari dapat mempengaruhi mood Anda.

Jika pola pikir atau rutinitas Anda kacau, maka hari Anda akan turut kacau. Saatnya bangun lebih pagi dan mulailah berolahraga ringan sejenak sambil mendengarkan musik yang membuat mood Anda lebih bersemangat. Saatnya atur kegiatan pagi Anda dengan rutinitas yang sehat.

Cobalah dengarkan siaran radio atau podcast saat berolahraga ringan di pagi hari

Saatnya gunakan podcast untuk menambah pengetahuan Anda saat Anda berolahraga. Temukan siaran podcast yang bermanfaat bagi Anda dan dengarkan saat sedang berolahraga. Anda tidak hanya sehat melalui olahraga, tetapi juga menambah pengetahuan baru melalui podcast yang Anda dengarkan.

Di pagi hari, pikiran bawah sadar Anda masih aktif sehingga pesan yang masuk ke dalam pikiran Anda memiliki kecenderungan untuk bertahan lebih lama. Saatnya ganti bacaan Anda dengan berita yang bermanfaat untuk mengisi pengetahuan Anda.

Rencanakan perjalanan liburan singkat dengan teman Anda

Jika sebelumnya Anda tidak sempat traveling dengan sahabat, kini saatnya Anda menikmati cara hidup bahagia meski sendiri dengan melakukan perjalanan ke luar kota bersama teman-teman Anda, mungkin selama seminggu atau hanya berjalan-jalan di sore hari. Luangkan waktu untuk berhubungan kembali dengan teman-teman terdekat dan berkunjung ke tempat yang baru. Nikmati perjalanan bersama sahabat dan rasakan pengalaman yang menyenangkan.

Anda dapat menabung demi masa depan

Saat Anda masih berkencan dengan orang lain, pasti akan ada biaya yang harus Anda habiskan untuk berkencan atau apapun itu yang berhubungan dengan pasangan. Kini, status single dan happy ada pada diri Anda dan Anda pun dapat menyimpan biaya itu untuk diri sendiri.

Menikmati spa bersama ibu atau adik, shopping sendiri, atau melakukan perjalanan liburan dengan biaya yang sudah Anda siapkan. Pasti Anda akan merasakan kepuasan tersendiri karena berhasil menyimpan tabungan untuk masa depan.

 

Ketika memutuskan untuk betah menjomblo, Anda dapat melakukan banyak hal yang diinginkan. Gunakan masa kebebasan Anda dengan kegiatan yang berguna dan membuat Anda yang berstatus single dan happy semakin ceria dan berwarna. Tingkatkan kualitas hidup dengan selalu mencintai diri sendiri apa adanya. Jadi, saatnya untuk menikmati hidup tanpa harus merasakan kesepian.

An owl who likes coffee, movies and humanity.