8 Tanda Kehamilan Anak Kembar

Jika Anda atau suami memiliki gen kembar, besar kemungkinan Anda mengandung anak kembar. Jika Anda kebingungan kapan bayi kembar dapat dideteksi, serta apa saja ciri hamil kembar trimester pertama dan tanda hamil kembar di awal kehamilan, simak artikel berikut ini!

HAL lain yang memperbesar kemungkinan Anda hamil anak kembar selain gen adalah perawatan kesuburan. Namun, tetap ada kemungkinan Anda hamil bayi kembar tanpa penyebab yang pasti.

Apakah Anda bisa mengetahui jika Anda hamil kembar tanpa tes yang pasti? Sayangnya, tidak. Anda tidak bisa mendeteksi kembar dua atau lebih hanya melalui gejala-gejala yang Anda alami selama kehamilan. Untuk mengetahui dengan pasti, Anda harus melakukan USG janin kembar. Namun, berikut adalah tanda hamil kembar di awal kehamilan.

Hasil Test Pack Positif Meskipun Dites Terlalu Awal

Sebaiknya, test pack dipakai pada saat Anda sudah terlambat mendapatkan menstruasi. Akan tetapi, jika Anda mendapatkan hasil tes kehamilan positif sebelum Anda terlambat haid, Anda mungkin mengandung janin kembar.

Ini adalah salah satu ciri hamil kembar trimester pertama. Atau, jika hasil tes Anda berwarna gelap, dapat diasumsikan bahwa Anda memiliki jumlah hCG (hormon kehamilan) lebih tinggi di urin Anda, dan ini merupakan tanda awal kemungkinan hamil kembar. Namun, tes kehamilan rumahan bukanlah cara yang dapat diandalkan untuk menentukan kehamilan kembar.

Baca juga: Tips Menggunakan Test Pack Untuk Hasil Akurat

Morning Sickness yang Berlebihan

Calon ibu dari kembar dua atau lebih bisa saja mengalami morning sickness yang intens. (Atau bahkan bisa dikatakan sickness sepanjang hari) Rasa mual bisa saja mulai sangat awal, bahkan sebelum tes kehamilan berkata positif.

Namun, tidak semua ibu dari anak kembar mengalami rasa mual yang berlebihan. Beberapa bahkan hamil anak kembar tanpa mengalami morning sickness sedikitpun.

Kelelahan Ekstrim

Kelelahan adalah gejala awal kehamilan yang umum. Wanita yang hamil bayi kembar atau lebih akan merasa sangat lelah, dua atau tiga kali lipat lebih lelah dari umumnya.

Terlalu Mellow atau Moody

Emosian, mudah menangis, dan moody adalah gejala kehamilan yang umum, dan calon ibu yang hamil anak kembar mungkin lebih banyak menangis. Akan tetapi, memang banyak calon ibu yang menjadi lebih emosional karena hamil merupakan suatu hal yang baru bagi mereka—tidak hanya bagi calon ibu anak kembar.

Bahkan, sekitar 10% hingga 15% perempuan mengalami depresi saat hamil, yang dikenal sebagai depresi antepartum atau prenatal.

Tubuh Anda Tumbuh dengan Sangat Cepat

Sebagai ibu hamil, jika tubuh Anda tumbuh dengan luar biasa cepat, ada kemungkinan Anda hamil anak kembar. Jika ini bukanlah kehamilan pertama Anda, kemungkinan perut Anda memang akan lebih cepat tumbuh.

Jangan heran jika Anda tampak seperti sudah hamil empat bulan meskipun baru terlambat menstruasi selama enam minggu. Kemungkinan lainnya adalah Anda sendirilah yang mengalami kenaikan berat badan, bukan diakibatkan oleh kehamilan bayi kembar.

Baca juga: Merasa Hamil? Coba Jawab Dulu 9 Pertanyaan Ini

Janin Banyak Bergerak, atau Bergerak Sejak Dini

Kebanyakan wanita tidak merasakan gerakan janin sampai setidaknya hamil 18 minggu. Wanita yang hamil bayi kembar mungkin mengalami “tendangan” lebih awal dari itu. Terlebih lagi, jika Anda merasakan jumlah pergerakan yang banyak, ada kemungkinan Anda hamil kembar.

Siap menjadi budak skripsi dan lulus pada waktu yang tepat meski memiliki hobi berleha-leha sepanjang hari.

%d bloggers like this: