8 Penyebab Berat Badan Susah Turun

Anda sudah berusaha mengurangi angka di timbangan tetapi berat badan susah turun juga. Anda patut mengoreksi apa yang salah dari program diet Anda. Patut diketahui, berat badan susah turun bisa dikarenakan beberapa faktor. Apa saja?

berat badan susah turun

ANDA sudah berolahraga, mengurangi porsi makan dan frekuensi makan tetapi berat badan susah turun dan masih belum menunjukkan perubahan. Fakta membuktikan masih banyak yang berusaha mengurangi berat badan tetapi angka di timbangan belum menunjukkan perubahan.

Anda pasti bertanya-tanya, apa penyebabnya karena Anda merasa sudah mengikuti aturan diet tetapi tidak ada hasil. Nah, Anda patut memperhatikan beberapa penyebab berat badan cepat naik susah turun.

Tidak memperhatikan kalori yang ada pada makanan

Anda sudah merencanakan menu sehat untuk megurangi berat badan. Anda sudah membeli sayur, buah dan ikan yang sehat dan pas untuk diet. Namun, apakah Anda sudah menghitung kalori dalam makanan tersebut?

Tampak dari luar, makanan yang Anda beli “sehat” tetapi jika dihitung kalorinya, ternyata dapat menambah berat badan Anda. Misalnya, Anda memakan salad, salmon, dan gandum. Menurut perkiraan Anda, pasti itu sehat.

Memang kelihatannya sehat, tapi jika dihitung, 6 ons ikan salmon dengan roti gandum mempunyai kalori sekitar 700 kalori, sedangkan salad dengan daun selada dan tomat dicampur dengan minyak zaitun dan cuka dapat menghasilkan 800 kalori.

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus memperhatikan kalori yang keluar dari tubuh dan masuk ke dalam tubuh. Jadi, pilihlah yang benar-benar bernutrisi bagi tubuh dan perhatikan porsi makanan diet Adan label makanan Anda. Bila Anda menghitung kalori, pastikan angka tersebut memenuhi target penurunan berat badan Anda.

Baca juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Bantu Membakar Lemak

Olahraga berlebihan

Banyak yang berpendapat bahwa olahraga dalam waktu yang lama dapat membakar lemak yang banyak juga. Faktanya, kemampuan tubuh setiap orang untuk membakar lemak berbeda.

Olahraga berlebihan dapat membuat tubuh Anda semakin lemah dan kurang bertenaga jika tidak dilakukan dengan cara yang benar. Personal trainer Anda mungkin mengatakan gerakan tertentu dapat membakar 500 kalori, tetapi bisa saja tubuh Anda hanya mampu membakar 300 kalori.

Untuk info kalori yang akurat, kenakan alat monitor kalori saat sedang berolahraga. Dengan demikian, Anda dapat melacak angka kalori yang keluar dari tubuh.

Mengacuhkan bumbu ekstra pada makanan atau minuman

Apakah Anda sadar, saat Anda menambahkan satu sendok makan kecap pada telur atau burger Anda, maka kalori dapat bertambah sekitar 20 kalori, apalagi kemungkinan besar Anda menggunakan lebih dari satu sendok makan.

Bayangkan kalori yang ada di makanan Anda, lalu ingat bahwa satu sendok makan mayonais dapat menambah 90 kalori dan 10 gram lemak ke sepotong sandwich rendah kalori. Walaupun Anda sudah berhati-hati memilih makanan, seringkali Anda mudah melupakan hal-hal kecil dalam makanan atau minuman.

Kecap, gula, garam tidak dilarang, tetapi pastikan Anda juga menghitung jumlah kalorinya. Sekecil apapun itu dapat membuat berat badan susah turun.

Tetap makan di restoran walau sudah menghitung kalori makanan

Siapa yang tidak suka makan di luar bersama teman-teman? Pasti Anda juga sering melakukannya bersama keluarga atau rekan kerja. Namun, hal ini dapat menjadi permasalahan bagi Anda yang ingin mengurangi lemak tubuh.

Anda pergi ke restoran dan sudah memilih menu sehat. Jika di restoran tersebut menyediakan info nutrisi dari menu makanan, itu hanya perkiraan berdasarkan resep kepala koki dapur.

Namun, jika Anda benar-benar berpikir lagi, apakah setiap staff di dapur akan menimbang dan mengukur menu yang Anda pesan dan menyesuaikan kalori makanan yang sesuai dengan menu?

Tidak ada salahnya makan di luar atau di restoran. Namun, jika Anda ingin mengurangi berat badan, lebih baik Anda mulai mencari info nutrisi dan kalori dari makanan yang akan Anda konsumsi.

Baca juga: Berat Badan Cepat Naik? Mungkin Ini Penyebabnya

Terlalu mempercayai label nutrisi pada makanan

Apakah Anda suka mengunyah beberapa makanan yang kelihatannya “sehat dan berkalori rendah”? Anda sudah membaca label makanan dan terlihat rendah kalori.

Perlu dikatahui, label makanan belum tentu akurat mencantumkan jumlah kalori yang ada. Masih banyak yang mempercayai angka di label makanan, meskipun belum tentu akurat dan tepat.

Kuncinya, Anda harus cerdas dalam memilih makanan dengan label kalori supaya usaha menurunkan berat badan tidak sia-sia.

Porsi makan yang tidak sesuai dengan aturan

Salah satu kunci untuk menurunkan berat badan adalah perhatikan porsi makan. Misalnya, Anda mengonsumsi sereal gandum yang labelnya mengklaim hanya mengandung 10 kalori.

Tetap baca dengan teliti lagi ukuran porsinya seberapa banyak Anda menuangkan sereal ke dalam mangkuk. Hal ini terkadang kurang diperhatikan, padahal penting untuk dilakukan. Bacalah dengan teliti label makanan dan ukuran porsinya supaya Anda tidak salah menghitung kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Terjebak dengan embel-embel produk “0 kalori”

Hati-hati jika Anda melihat iklan promo makanan dengan embel-embel “nol kalori”. Fatanya, tidak ada makanan yang diproduksi 0 kalori.

Paling sedikit sebuah produk makanan mempunyai 5 kalori atau kurang, tetapi tidak nol kalori per porsi. Perusahan makanan diijinkan untuk membulatkan kalorinya menjadi nol dan seringkali takaran penyajian resmi tidak realistis. Jadi, Anda harus berhati-hati melihat produk makanan yang ada.

Anda meminum kalori daripada mengunyah

Apakah Anda sadar jika segelas jus jeruk memiliki 165 kalori sedangkan kacang dan buah sekitar 140 kalori. Mulai sekarang Anda juga harus berhati-hati dengan apa yang Anda minum. Lebih baik mengonsumsi apel dan minum air putih demi berat badan yang ideal.

 

Anda sudah mengerti kenapa berat badan cepat naik susah turun. Saatnya Anda mengoreksi menu makanan Anda dan memperbaiki kualitas makanan. Jangan lupa dibarengi olahraga teratur supaya kesehatan Anda juga terjaga ya.

An owl who likes coffee, movies and humanity.