8 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah

Gaya hidup memainkan peran penting bagi kesehatan tubuh Anda, terutama jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Namun jika Anda khawatir mengandalkan obat-obatan sebagai cara menurunkan tekanan darah, Anda bisa menerapkan gaya hidup sehat yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

TEKANAN darah tinggi atau hipertensi menyebabkan risiko kondisi kesehatan yang serius termasuk stroke dan penyakit jantung. Sementara tekanan darah tinggi dalam jangka panjang dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular dan berbagai komplikasi lainnya.

Jika Anda berpikir tips sehat dengan mengurangi konsumsi garam saja bisa menurunkan tekanan darah tinggi Anda, hal itu tentu belum cukup. Anda juga perlu memerhatikan konsumsi makanan, kegiatan harian, hingga waktu tidur.

Untungnya, ada langkah-langkah proaktif selain mengandalkan obat. Anda bisa menerapkan gaya hidup sehat yang tepat untuk mengontrol tekanan darah serta menjaga kondisi kesehatan Anda. Cobalah berbagai tips sehat berikut ini yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

1. Ubi Bit / Buah Bit

Anda bisa memakan buah bit secara langsung atau membuat jus dengan beberapa buah lainnya untuk menghilangkan aroma dan rasa bit. Bagi Anda yang berolahraga, buah bit bisa menjadi pilihan asupan Anda karena manfaat buah bit dapat membuat Anda kuat berolahraga lebih lama.

2. Yogurt

Tak hanya baik untuk wanita, yogurt juga baik untuk pria khususnya membantu menjaga tekanan darah. Protein khusus dan sejenis bakteri yang umumnya disebut probiotik sangat baik untuk kesehatan jantung.

Pilihlah Greek Yogurt tanpa rasa yang memiliki lemak tidak lebih dari 2%, serta perhatikan konsumsi gula Anda dengan menambahkan buah blueberry untuk memberikan rasa manis yang alami dan dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda.

3. Dark Chocolate

Buatlah cokelat hitam atau dark chocolate sebagi cemilan Anda, baik saat lapar atau berolahraga. Makanlah dark chocolate dengan kandungan minimal 60% kokoa dan batasi konsumsi cokelat setidaknya 30 gram per hari. Hal ini cukup sebagai salah satu cara menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.

Dark chocolate memilki kandungan flavonoid dua kali lebih banyak dibanding cokelat susu, yang menjadikan dark chocolate pilihan yang lebih baik untuk jantung Anda. Konsumsi cokelat hitam bisa Anda variasikan dengan mencampurkannya dalam semangkok oatmeal di pagi hari, tentunya tanpa gula.

4. Perbanyak Ikan

Salah satu cara menjaga tekanan darah Anda dengan mengonsumsi ikan lebih banyak dan mengurangi konsumsi daging. Pilihlah ikan salmon, makarel, sarden, trout, dan tuna albakora, karena jenis ikan ini memiliki 2 jenis omega-3.

Selain memiliki manfaat menurunkan peradangan, omega-3 juga dapat membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Makanlah jenis ikan tersebut setidaknya dua sampai tiga kali sehari.

5. Kurangi Asupan Sodium

Bahkan pengurangan sodium (garam) dalam jumlah kecil pada menu makanan Anda adalah salah satu cara menurunkan tekanan darah. Namun perlu diingat bahwa pengaruh asupan sodium pada tekanan darah akan berbeda-beda bagi setiap orang. Umumnya, Anda cukup membatasi asupan sodium kurang dari 2,300 mg per hari. Tetapi, pada beberapa orang yang memiliki sensitivitas lebih tinggi terhadap garam bisa mengurangi asupan sodium dibawah 1,500 mg per hari.

Tips sehat lainnya untuk mengurangi kadar sodium yang Anda konsumsi per hari adalah dengan memerhatikan label makanan yang Anda beli, atau kurangi makan makanan olahan. Masaklah makanan Anda dengan jumlah garam yang lebih rendah, 1 sendok teh garam mengandung kurnag lebih 2,300 mg sodium. Maka dari itu, kurangi penggunaan garam dan gunakanlah rempah-rempah lainnya untuk meningkatkan rasa pada makanan.

6. Turunkan Berat Badan

Tekanan darah sering kali meningkat seiring dengan meningkatnya berat badan. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan ganguan pernapasan saat tidur yang selanjutnya meningkatkan tekanan darah Anda.

Menurunkan berat badan adalah salah satu perubahan gaya hidup yang paling efektif untuk mengontrol tekanan darah. Khususnya kelebihan berat bedan di sekitar pinggang karena dapat menyebabkan resiko yang lebih besar dari tekanan darah tinggi. Kurangi sekitar 4-5 kilogram untuk membantu menurunkan tekanan darah Anda.

7. Makanan rendah kalori

Gantilah makanan Anda dengan makanan rendah kalori yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Tambahkan jumlah sayuran dalam menu makanan Anda disertai dengan 3 jenis bahan yang baik sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi yaitu tomat, minyak zaitun, dan bawang putih.

Ketiga bahan tersebut kaya akan antioksidan yang menjaga sel-sel tetap sehat. Cobalah untuk memasak makanan dengan bahan-bahan tersebut untuk menjaga kesehatan, menurunkan tekanan darah sekaligus berat badan Anda.

8. Yoga

Yoga? Ya, hanya dalam 3 bulan melakukan yoga, Anda bisa mendapatkan tekanan darah yang sehat. Selain itu, yoga juga dapat membantu menjaga kadar kolestrol yang tentu saja baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Salah satu hal yang berpengaruh pada tekanan darah tinggi adalah tingkat stress. Untuk itu dengan melakukan yoga, akan membantu melebarkan pembuluh darah serta mengurangi stres. Mulailah dengan kelas pemula dan lakukan yoga secara rutin.

 

Menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, dan terlalu banyak kafein adalah hal utama untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ketika Anda hidup dengan gaya hidup sehat, Anda tidak hanya akan menurunkan tekanan darah tinggi saja, melainkan memperbaiki seluruh aspek kesehatan bagi tubuh Anda.

Ice cream lover. Knows everything about movies. Knows a little about everything else.