7 Tips Mencegah Keputihan (Infeksi Ragi)

Tips Sehat

Menurut hasil riset, 3 dari 4 perempuan pasti pernah mengalami yang namanya keputihan infeksi ragi paling tidak sekali dalam hidupnya. Agar hal itu tak sampai terjadi (atau terulang lagi), kita perlu tahu bagaimana cara mencegah keputihan. Untungnya, cara mencegah infeksi ragi tidaklah sulit dilakukan.

cara mencegah keputihan

YA, Anda hanya perlu mempraktikkan beberapa cara mencegah keputihan berikut ini:

1. Selalu kenakan celana dalam berbahan katun

Katun memiliki sifat breathable, yang artinya celana dalam dari bahan ini dapat melancarkan sirkulasi udara di area sekitar organ keintiman. Jika sirkulasi udara lancar, maka hal itu dapat membebaskan organ keintiman dari infeksi jamur atau ragi.

Untuk itu, bila selama ini celana dalam yang Anda kenakan terbuat dari nilon atau lycra, tak peduli semahal dan secantik apapun desainnya, sebaiknya tanggalkan saja karena kedua material tersebut hanya akan mengunci kelembaban.

2. Hindari mengenakan stocking tanpa celana dalam

Anda yang hobi mengenakan pantyhose atau stocking sebaiknya tidak memakainya tanpa celana dalam. Selalu kenakan celana dalam berbahan katun lebih dulu, baru disusul pantyhose kesayangan, guna mencegah infeksi ragi.

3. Gunakan pelumas saat berhubungan seks

Jika Anda ingin menambahkan pelumas saat berhubungan seks dengan pasangan, hindari produk yang berbahan dasar petroleum karena dapat memicu infeksi ragi. Sebaliknya, gunakan produk berbahan dasar air yang lebih ramah dan netral bagi pH organ keintiman.

4. Jaga kebersihan organ intim

Saat cebok usai BAB, selalu lakukan dari arah depan ke belakang untuk mencegah jamur atau bakteri dari dubur berpindah ke vagina.

5. Konsumsi yogurt tiap hari

Tips mencegah keputihan berikutnya adalah dengan mengonsumsi 1 cangkir yogurt setiap harinya. Namun ingat, khasiat yogurt hanyalah untuk mencegah, bukan menyembuhkan infeksi jamur yang sudah terlanjur menyerang organ kemaluan.

6. Jangan menggunakan produk yang disertai wewangian

Produk apapun yang Anda aplikasikan ke organ keintiman dan sekitarnya, entah itu sabun mandi, sabun kewanitaan, ataupun bedak, sebaiknya itu tidak disertai dengan parfum. Tambahan zat pewangi hanya dapat memicu iritasi yang akhirnya berujung pada infeksi.

7. Hindari menggunakan semprotan air

Membilas organ keintiman dengan menyemprotkan air keras-keras ternyata dapat mengikis selaput pelindung alami vagina sehingga membuatnya lebih rawan terkena infeksi jamur. Oleh sebab itu, jangan menyemprotnya terlalu keras.

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Keputihan (Infeksi Ragi)

Lantas, bagaimana kalau sudah kadung terkena infeksi ragi?

Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter, khususnya kalau gejalanya masih awal (biasanya disertai gatal atau bau tak sedap). Anda sebaiknya juga tidak berusaha melakukan pengobatan sendiri supaya tidak sampai salah pilih obat, yang bisa memperburuk kondisi yang sudah ada.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.