7 Penyebab Timbulnya Jerawat di Punggung

Ternyata ada berbagai hal yang dapat menjadi penyebab jerawat punggung. Salah satu yang mungkin tak dapat diubah adalah bila jerawat di punggung disebabkan oleh faktor genetik.

penyebab jerawat punggung

FAKTOR genetik di sini berbicara soal tipe kulit wajah. Bila tipe kulit adalah berminyak atau mudah berjerawat, maka menurut Acne.org, inilah salah satu alasan mengapa Anda juga memiliki jerawat di bagian tubuh lain, seperti dada atau punggung.

Meski jerawat di punggung tak mengganggu penampilan seperti pada wajah, namun kalau Anda suka mengenakan atasan model backless, maka jerawat di punggung jelas berpotensi merusak rasa percaya diri, dan harus segera dihilangkan keberadaannya. Untuk tahu bagaimana cara mengatasinya, tentu Anda perlu tahu lebih dulu apa saja penyebab jerawat punggung itu.

Menurut American Academy of Dermatology, penyebab jerawat punggung sebenarnya masih belum diketahui pasti. Akan tetapi para ahli berpendapat kalau jerawat itu timbul karena berbagai faktor berikut:

1. Kondisi kulit kurang bersih

Rumusan terbentuknya jerawat di punggung boleh dibilang tak jauh beda seperti pada wajah atau area tubuh lain. Intinya, ketika pori-pori kulit tersumbat (biasanya oleh sel kulit mati), maka secara tak langsung minyak alami di kulit akan terjebak di dalamnya.

Dan kalau minyak tersebut sampai tertimbun, maka itu akan menciptakan sarang yang nyaman bagi bakteri penyebab iritasi kulit. Untuk menghindari hal ini, tentu saja Anda harus rajin membersihkan diri setiap hari agar sel kulit mati tak sampai menyumbat pori-pori.

2. Keringat

Penyebab jerawat punggung lainnya adalah karena keringat berlebih yang tak segera diseka atau bilas. Bila keringat sampai bercampur dengan minyak dan kotoran di permukaan kulit, maka lagi-lagi pori-pori kulit bisa tersumbat karenanya. Oleh sebab itu usai olahraga, segeralah seka keringat atau mandi agar keringat maupun kotoran tak menempel terlalu lama di kulit sehingga memicu iritasi.

3. Pakaian

Bukan rahasia lagi kalau jerawat di punggung disebabkan oleh bahan pakaian yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat, sehingga menyebabkan kulit sukar bernapas. Solusinya, di samping memilih bahan katun atau sutera yang lebih ramah bagi kulit, Anda juga disarankan menggunakan bahan handuk yang lembut serta bersih untuk mengeringkan badan.

4. Gesekan dengan benda tertentu

Gesekan berkala antara punggung, bahu, atau dada dengan ransel misalnya, juga bisa mengiritasi kulit di area tersebut. Bila Anda jarang melepas ransel, jerawat di punggung dapat berkembang subur karena kulit jadi susah bernafas karenanya.

Baca juga: 13 Hal Ini Ternyata Bisa Timbulkan Jerawat!

5. Seprei

Seprei (atau benda lain) yang jarang dicuci atau dikibas juga bisa menjadi sarang debu, kuman, serta kotoran. Bila itu mengenai kulit, maka dapat menimbulkan iritasi. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengganti seprei secara rutin paling tidak seminggu sekali bila ingin jerawat di punggung lenyap. Dan jangan lupa juga bersihkan permukaan sofa atau kursi yang sering Anda duduki.

6. Makanan

Beberapa jenis makanan misalnya yang serba manis, gorengan, pedas, dan berminyak juga bisa membuat kulit terganggu kesehatannya. Untuk itu, kurangi konsumsi makanan tersebut dan perbanyak minum air agar kulit tetap sehat dan bebas jerawat.

Baca juga: Air Lemon Untuk Atasi Jerawat, Ampuhkah?

7. Hormon

Inilah alasan mengapa pengguna steroid dan hormon tambahan kerap mengidap ‘bacne’ atau back acne (jerawat punggung), yaitu karena kelebihan hormon yang ada biasanya dibuang melalui kulit. Kondisi ini membuat kulit lebih rawan berjerawat.

Karenanya, sedapat mungkin hindari menggunakan hormon tambahan. Pun jika harus, maka selalu jaga kebersihan kulit dengan rajin mandi khususnya setelah olahraga.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.

%d bloggers like this: