7 Mitos Tentang Menstruasi

Tips Sehat

Di era modern seperti saat ini, masih ada saja yang percaya tentang mitos menstruasi yang kenyataannya berbeda dari fakta menstruasi itu sendiri. Konon katanya, wanita yang sedang menstruasi tidak boleh berenang, tidak boleh minum es, dan supaya darah lancar, disarankan minum soda. Benarkah begitu? Apa saja mitos seputar menstruasi dan apa arti dari menstruasi itu sendiri?

SETIAP bulan, Anda, kaum hawa pasti akan kedatangan “tamu” yang cukup membuat hari-hari Anda menjadi penuh dengan drama dan berwarna. Siklus bulanan ini dapat membuat nafsu makan Anda bertambah, mood yang sensitif, atau nyeri perut yang dapat membuat Anda lemah.

Tidak jarang Anda harus berbaring di tempat tidur karena sakit yang tak tertahankan di bagian perut. Siklus bulanan ini dikenal dengan menstruasi.

Apa itu menstruasi?

Menurut para ahli sistem reproduksi, menstruasi adalah siklus periodik bulanan yang dialami wanita yang telah memasuki masa pubertas dimana adanya perubahan hormon estrogen dan progesteron. Perubahan hormon ini ditandai dengan keluarnya darah beserta lendir dari vagina karena tidak adanya proses pembuahan sel telur di dalam rahim.

Fase menstruasi ini merupakan hal yang wajar dan normal bagi setiap wanita. Siklus normal menstruasi antara 3-10 hari. Namun, setiap wanita dapat mempunyai masa menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang 4 hari, 5 hari atau bahkan lebih dari 10 hari. Jika seorang wanita mengalami datang bulan hingga lebih dari 10 hari, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mewaspadai adanya gangguan menstruasi menorrhagia.

Mitos seputar menstruasi

Dulu, wanita yang sedang datang bulan dianggap kotor dan terpaksa dikucilkan karena dianggap membawa pengaruh jahat terhadap lingkungan sekitarnya. Namun, hal itu berlaku di jaman dahulu kala dimana masyarakat belum mengenal ilmu pengetahuan dan hanya berpusat pada aturan sosial yang berhubungan dengan kegiatan keagamaan pada jaman itu.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan munculnya berbagai macam produk kesehatan, kehidupan bermasyarakat pun juga ikut berubah.

Namun, mitos-mitos yang berlaku di jaman dulu ternyata masih melekat dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk mitos menstruasi yang masih menjadi perdebatan antar wanita. Berikut 7 mitos menstruasi yang patut Anda ketahui kebenarannya:

Tidak bisa berenang saat sedang datang bulan

Fakta: Anda masih dapat berenang dengan aman saat sedang menstruasi.

Mitos ini berawal dari kehidupan masyarakat sebelum adanya tampon, pembalut atau cup menstruasi (mooncup), banyak yang beranggapan berenang saat menstruasi dapat mengotori air dan dapat terjangkit kuman dengan mudahnya.

Faktanya, Anda masih bisa berenang saat sedang haid tanpa harus takut tertular penyakit dari dalam air. Ahli kesehatan pun mengatakan pernyataan yang serupa bahwa wanita yang sedang menstruasi masih bisa berenang dengan menggunakan tampon atau mooncup.

Tidak dapat berhubungan intim saat menstruasi karena tidak baik bagi kesehatan

Fakta: Anda masih dapat berhubungan intim walaupun sedang kedatangan “tamu” bulanan.

Bagi kebanyakan wanita, hal yang wajar apabila merasa risih dan tidak nyaman harus berhubungan intim saat sedang menstruasi. Pasangan Anda pun pasti mengerti keputusan Anda yang enggan bercinta saat sedang haid. Anda tidak perlu memaksakan diri.

Namun, apabila ada anggapan berhubungan intim saat haid dapat mengganggu kesehatan, pernyataan ini hanya hoax belaka. Tidak ada bukti otentik yang menguatkan bahwa berhubungan intim dapat mengganggu kesehatan. Justru, jika Anda sedang haid dan merasa nyeri kram perut, berhubungan intim dapat menjadi pilihan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

Jangan keramas saat datang bulan

Fakta: Keramas dan menstruasi tidak ada hubungannya, jadi aman bagi Anda untuk keramas.

Lagi-lagi, Anda tidak perlu khawatir untuk keramas saat sedang menstruasi. Keramas sewajarnya dan mandi seperti biasa tidak akan mengganggu kesehatan Anda.

Fakta menstruasi yang ada justru akan lebih baik jika Anda mandi atau berendam sejenak dengan air hangat karena kehangatan air yang digunakan dapat membantu menurunkan nyeri kram perut saat menstruasi.

Dilarang menggunakan tampon saat menstruasi di hari pertama

Fakta: Tidak ada hubungan antara menstruasi di hari pertama dan tampon.

Fungsi tampon sama dengan pembalut. Kedua benda ini membantu menyerap darah saat menstruasi. Jika Anda menggunakan tampon dengan benar, maka Anda tidak perlu khawatir tembus atau risih.

Baca juga: Amankah Pakai Tampon Saat Menstruasi?

Tidak akan bisa hamil saat berhubungan intim selagi menstruasi

Fakta: Berhubungan intim saat menstruasi masih memiliki peluang untuk hamil.

Banyak yang beranggapan jika berhubungan intim saat sedang menstruasi, maka tidak akan bisa hamil karena belum mencapai masa subur wanita. Dengan pemikiran seperti ini, Anda dan pasangan Anda menggunakan kesempatan berhubungan intim tanpa alat kontrasepsi.

Fakta menstruasi mengatakan, peluang hamil masih dapat terjadi walaupun Anda sedang menstruasi. Sebagai wanita, Anda perlu mengingat siklus tamu bulanan Anda.

Jika Anda mempunyai siklus yang tidak teratur tiap bulannya, maka hal itu juga berpengaruh pada masa subur. Perlu diingat untuk selalu berhubungan intim dengan aman dan selalu menggunakan alat kontrasepsi untuk menghindari Penyakit Menular Seksual (PMS).

Jangan melakukan aktivitas berat atau olahraga saat sedang menstruasi

Fakta: Menstruasi bukanlah penyakit. Anda masih bisa melakukan semua kegiatan dengan normal.

Menstruasi adalah suatu hal yang normal dan selalu datang setiap bulannya. Jika merasakan nyeri perut sehingga mengganggu kegiatan, Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri yang aman bagi wanita untuk mengurangi rasa nyeri dan membantu Anda kembali melakukan kegiatan seperti biasa.

Menstruasi bukanlah suatu penyakit yang membuat Anda harus selalu istirahat dan tidak bisa melakukan apa-apa. Fakta menstruasi yang Anda perlu ketahui bahwa dengan olahraga yang teratur dapat membantu mengurangi rasa nyeri kram perut saat datang bulan.

Baca juga: Pil KB Bisa Atasi Haid Tidak Teratur

Wanita yang sering menghabiskan waktu bersama dapat mengalami siklus menstruasi yang sama.

Fakta: Siklus bulanan setiap wanita berbeda-beda. Jika mengalami menstruasi di hari yang sama, maka itu hanya suatu kebetulan saja.

Mitos menstruasi yang satu ini jelas hanya mitos belaka. Belum ada penelitian yang secara akurat membuktikan jika sekumpulan wanita yang sering menghabiskan waktu bersama dapat mengalami siklus menstruasi yang sama.

 

Mitos-mitos yang ada seputar menstruasi cukup memengaruhi wanita dalam melakukan aktivitasnya. Jangan sampai mitos menstruasi mengganggu kegiatan Anda, sebab menstruasi merupakan suatu kewajaran bagi setiap wanita.

Jadilah wanita yang cerdas dan selalu mencari fakta informasi yang benar tentang kesehatan Anda. Jangan mudah percaya dengan mitos atau perkataan orang lain yang belum tentu kebenarannya. Be a smart woman!

An owl who likes coffee, movies and humanity.

%d bloggers like this: