7 Masalah dalam Relationship dan Cara Mengatasinya

Relationship yang baik bukanlah yang tanpa masalah, tapi yang memiliki masalah hubungan cinta lalu bekerja sama memperbaikinya. Jalan terjal dalam hubungan itu biasa. Yang penting Anda tahu tips cinta yang tepat untuk mengatasinya. Mari lanjutkan membaca agar tahu beberapa trik mujarab cara mengatasi masalah dengan pasangan.

JARANG sekali ada pasangan yang tak memiliki hambatan di tengah jalan. Sebab bagaimanapun, hubungan yang melibatkan lebih dari satu orang pastilah akan timbul konflik dan gesekan. Terkadang, kepentingan yang satu tidak sama dengan kepentingan yang lain.

Perbedaan kepentingan inilah yang kemudian akhirnya menimbulkan masalah hubungan cinta. Namun, jangan menolak, apalagi membiarkannya berlarut-larut. Hadapi masalah hubungan cinta dengan berani.

Semakin Anda yakin dan berani menghadapinya, semakin Anda meneliti lebih dalam akar masalahnya, maka semakin mudah cara mengatasi masalah dengan pasangan ditemukan.

Pasangan yang sukses adalah pasangan yang saling menguatkan kala masalah datang. Bila Anda dan pasangan benar-benar ingin bersama, bekerjasamalah dalam mengatasi masalah hubungan cinta.

Anda berdua dapat membaca berbagai artikel seputar hubungan, mengikuti seminar keluarga atau percintaan, atau kunjungi terapis bila  membutuhkan bantuan orang ketiga. Namun, untuk langkah awalnya, baca saja dulu tips cinta dari kami seputar masalah yang kerap dihadapi pasangan dan cara mengatasinya di bawah ini.

Masalah Komunikasi

Permasalahan dasar yang menjadi sumber masalah dari segala masalah adalah komunikasi. Bila komunikasi sebagai pasangan tidak baik, jangan harap Anda berdua dapat menjadi pasangan yang kuat.

Mulailah rencanakan quality times bersama pasangan dan singkirkan segala kesibukan dan distraksi saat berbincang intim dengan pasangan. Buat pula aturan untuk tidak menyela sebelum pasangan selesai berbicara. Hal ini akan membuat Si Dia merasa dihargai.

Gunakan gestur yang menyatakan Anda tertarik dengan pembicaraannya. Jangan hanya memasang wajah datar. Dan bila Anda dan pasangan memiliki masalah dengan emosi dan rentan memaki kepada satu sama lain, berbicaralah di area publik. Dengan cara ini, emosi Anda berdua akan lebih terkontrol karena mempertimbangkan rasa malu sesaat ingin berteriak.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Setiap Hari Agar Pernikahan Tetap Langgeng

Masalah Seks

Seks adalah hal penting yang dapat mendekatkan Anda dan pasangan. Kalau bisa, ini adalah hal terakhir yang menjadi masalah dalam hubungan kalian. Sebab, apapun masalahnya, emosi cenderung dapat diredakan lewat seks yang berkualitas.

Tips cinta dari kami adalah agar kehidupan seks Anda dan pasangan senantiasa menarik, pelajari hal-hal yang dapat merangsang Anda dan pasangan. Atur pula jadwal khusus agar kalian berdua dapat kembali menikmati masa-masa bulan madu. Titipkan si buah hati dan bersantailah di hotel terdekat.

Masalah Keuangan

Masalah ini bahkan dapat timbul sebelum resepsi pernikahan usai. Jika Anda menduga biaya pernikahan adalah salah satu penyebabnya, ya Anda benar.

Biaya pernikahan yang tinggi menjadi salah satu penyebab pasangan baru kekurangan uang saat mulai membina rumah tangga. Namun, bukan itu saja penyebabnya. Kesulitan mengatur uang adalah penyebab yang lain. Karena itu, Anda dan pasangan benar-benar harus membuat sistem yang matang soal perputaran uang dalam rumah tangga.

Hal pertama yang harus Anda dan pasangan lakukan adalah benar-benar terbuka soal pendapatan masing-masing. Lalu, tentukan siapa yang mesti bertanggung jawab memastikan pendapatan Anda berdua cukup untuk membayar tagihan setiap bulannya. Tentukan pula tujuan jangka panjang sebagai keluarga agar Anda dan pasangan termotivasi untuk menabung.

Masalah Tugas Rumah Tangga

Bagi pasangan bekerja, tugas rumah tangga akan sangat menjengkelkan. Apalagi, jika ditimpakan pada salah satu orang saja. Ini tentu tidak adil.

Agar adil dan kedua pihak tidak terbebani, Anda dan pasangan harus setuju untuk membagi tugas rumah tangga sama rata. Buatlah daftar pekerjaan rumah tangga yang harus diselesaikan setiap harinya dan tentukan tugas masing-masing.

Bila Anda berdua adalah tipe yang membenci pekerjaan rumah tangga, lebih baik sewa asisten rumah tangga. Jangan lupa perhatikan rencana keuangan Anda.

Masalah Prioritas

Jika ingin hubungan tetap berjalan dengan baik, buat percintaan sebagai prioritas. Atur jadwal agar Anda dan pasangan bisa tetap berkencan di tengah-tengah kesibukan. Pun, jangan lupa memberi apresiasi dan pujian kepada pasangan supaya ia senantiasa merasa dihargai.

Masalah Konflik

Jika konflik dan pertengkaran terjadi antara Anda dan pasangan setiap hari, ini waktunya mengubah cara pandang Anda dalam berargumen. Jangan berargumen hanya untuk menang karena sebuah hubungan bukan soal menang atau kalah.

Tahan diri dan sampaikan argumen dengan cara yang baik, bukan dengan berteriak atau memaki. Tips cinta yang terakhir adalah minta maaflah ketika Anda salah.

Baca juga: Ini Lho Cara Meminta Maaf dengan Tulus kepada Pasangan

Masalah Kepercayaan

Jika ada masalah yang membuat Anda curiga dengan pasangan Anda, utarakanlah. Jangan menyimpannya berlarut-larut hingga Anda menjadi posesif kepada pasangan Anda. Sebaliknya, mintalah pasangan Anda untuk menjaga kepercayaan Anda. Baik Anda dan pasangan, harus selalu berkata jujur untuk menjaga rasa percaya satu sama lain. Selalu beri kabar kepada pasangan jika Anda telat pulang ke rumah. Dan jangan lupa untuk selalu konsisten dengan perkataan Anda.

a passionate writer