7 Cara Menghindari Terjadinya Perselingkuhan dalam Relationship

Perselingkuhan terjadi lebih umum daripada yang Anda duga. Maka dari itu, Anda perlu menyadari penyebab selingkuh dalam sebuah hubungan, baik sebagai calon pelaku maupun calon korban. Setelah memahaminya, Anda dapat menempuh cara mudah menghindari perselingkuhan berikut ini.

cara mudah menghindari perselingkuhan

PERSELINGKUHAN adalah faktor yang dapat menyebabkan berakhirnya sebuah hubungan. Kalaupun ini tidak menyebabkan berakhirnya hubungan dengan pasangan, Anda memerlukan usaha yang ekstra besar untuk berdamai dengannya. Jika posisi Anda sebagai korban, kesulitan ini timbul bukan hanya karena Anda perlu berdamai dengan perselingkuhan yang sudah terjadi, tetapi juga karena Anda perlu memaafkan sang pasangan lantas memulai lembar baru, dari nol!

Satu hal yang perlu Anda tahu soal perselingkuhan adalah kejadian ini sangat umum terjadi. Satu dari lima orang mengaku pernah berselingkuh atau diselingkuhi. Bila Anda tak yakin dapat melalui ini, jangan lantas menyerah membina hubungan.

Anda dapat mengatasinya dengan mengetahui penyebab selingkuh yang paling umum. Seperti kata pepatah, “mencegah lebih baik daripada mengobati” ada cara mudah menghindari perselingkuhan yang dapat Anda aplikasikan. Dilansir dari bustle.com, ini dia caranya!

Bicarakan Ketakutan Anda

Anda takut sang pacar berselingkuh atau malah diri sendiri yang berselingkuh? Jika Anda merasakan keduanya, ungkapkan pada pasangan. Membicarakan kecemburuan atau kekhawatiran pada pasangan adalah cara mudah menghindari perselingkuhan. Jika tak membicarakannya, bisa jadi kecemburuan atau ketakutan Anda tersebut termanifestasi dalam perilaku lain yang justru menjauhkan si dia.

Jangan Meremehkan Perselingkuhan

Beberapa orang meremehkan perselingkuhan dan menganggap hanya orang jahat yang akan berselingkuh. Padahal, perselingkuhan bisa terjadi pada siapa saja, pada orang yang tak berniat selingkuh sekalipun. Mayoritas perselingkuhan terjadi ketika seseorang merasa ada yang keliru atau hilang dengan hubungan romantisnya.

Alih-alih mengatasi sumber permasalah pada hubungannya, sebagian orang memilih untuk melarikan diri. Beberapa menghibur diri dengan berinteraksi dengan orang lain. Tanpa disengaja, hubungan ini kemudian menciptakan kenyamanan yang mengancam hubungan romantis utama mereka.

Baca juga: Inilah Mengapa Pasangan dalam Hubungan Bahagia Pun Bisa Selingkuh

Diskusikan Batas Perselingkuhan dengan Pasangan

Dilihat dari teori evolusi, pria dan wanita memiliki penilaian yang berbeda terhadap perselingkuhan. Mayoritas pria lebih tersakiti dengan perselingkuhan yang melibatkan hubungan seksual, sedangkan wanita lebih tersakiti dengan perselingkuhan emosional.

Untuk menghilangkan perbedaan ini, diskusikanlah apa yang dianggap sebagai perselingkuhan dalam hubungan Anda. Apakah memikirkan orang lain lebih sering daripada pasangan adalah perselingkuhan bagi kalian? Atau perselingkuhan adalah ketika salah satu dari kalian terlibat dalam hubungan seksual?

Mendiskusikan batas ini dapat membantu Anda dan pasangan menentukan sikap. Tidak ada lagi area abu-abu yang membingungkan.

Ceritakan Pada Pasangan ketika Anda Mulai Tergoda

Meski terlihat aneh, cara mudah menghindari perselingkuhan lainnya adalah dengan menceritakan pada pasangan ketika Anda mulai tergoda dengan lawan jenis. Tertarik dengan orang lain terutama ketika Anda telah membina hubungan dalam waktu yang lama adalah hal wajar. Mengisahkan pada pasangan tentang perasaan Anda dapat menjadi kontrol supaya Anda tak kebablasan berselingkuh.

Baca juga: Orang dengan 7 Tanda Ini Punya Kemungkinan Lebih Besar untuk Selingkuh!

Jaga Keintiman

Keintiman bukan melulu soal fisik, tetapi juga soal perasaan. Jagalah keintiman Anda dengan pasangan agar kalian tetap merasa dekat satu sama lain. Kedekatan dan keakraban bisa menghindarkan Anda dan pasangan dari perselingkuhan.

Jangan Mengecilkan Hati Pasangan

Ketidaksetujuan pasti ada antara Anda dan pasangan. Hanya saja, Anda tidak mesti menggunakan cara yang tidak enak untuk menyampaikannya. Mengecilkan hati pasangan dengan mengkritiknya habis-habisan hanya akan membuat dia tidak puas dengan hubungan kalian. Akibatnya, ia mungkin akan mencari alternatif di luar hubungan untuk mencari kebahagiaan.

Bicarakan Masalah Sekecil Apapun

Meski terkesan sepele, masalah kecil lama-lama dapat mengurangi kebahagiaan Anda dalam hubungan. Karena itu, tak peduli sekecil apapun masalahnya, bicarakan dengan pasangan Anda.

nuriamalia

passionate writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 3 weeks ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 1 month ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 1 month ago