6 Keunggulan IUD Dibanding Metode Kontrasepsi Lainnya

Keunggulan IUD ternyata lebih banyak jika dibanding metode kontrasepsi lainnya. Lantas apa sajakah kelebihan dan manfaat penggunaan IUD yang dimaksud?

manfaat penggunaan iud
KEBANYAKAN orang lebih sering menyebut pengertian KB IUD sebagai Spiral. Sesuai pengertian KB IUD, metode pencegah kehamilan ini melibatkan sebuah alat kecil yang bentuknya menyerupai huruf T. Alat yang teksturnya cukup fleksibel inilah yang akan dimasukkan ke dalam rahim guna mencegah terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak langsung beberapa keunggulan IUD jika dibanding metode kontrasepsi lainnya.

1. IUD sangat efektif

Bicara soal keefektifannya, IUD (Spiral) dapat mencegah terjadinya kehamilan hingga 99%. Persentase ini membuat Spiral berfungsi sama baiknya seperti metode steril (tubektomi) dan implan tuba. Selain itu, IUD juga bisa mencegah kehamilan dalam jangka waktu lama, antara 3-12 tahun (tergantung dari jenis yang dipilih).

2. IUD tidak bikin repot

Begitu dipasang masuk dalam rahim, Anda tak perlu melakukan upaya lain untuk mencegah kehamilan. Anda tak perlu repot mengingat jam tertentu seperti bila minum pil KB. Anda juga tak perlu bersiaga menggunakan cincin vagina atau membatasi hubungan seksual dengan pasangan.

Dan karena dokter yang memasangkannya untuk Anda, maka kecil pula risiko salah penggunaannya (seperti bila pakai kondom). Anda bahkan bisa memeriksa sendiri di rumah posisi Spiralnya, apakah masih tetap pada tempatnya atau tidak. Jadi tak perlu repot pergi ke dokter lagi.

Baca juga: Cara Mengecek Benang IUD Tetap pada Tempatnya

3. Anda bisa hamil setelah IUD dicopot

Dan begitu saatnya tiba bagi Anda dan pasangan untuk punya momongan, maka Anda bisa segera mencopot Spiral. Karena metode kontrasepsi ini takkan berdampak pada kesuburan Anda, maka takkan sulit untuk segera hamil sesuai harapan.

4. IUD hormon membuat siklus haid jadi lebih baik

Selain mencegah kehamilan, manfaat penggunaan IUD hormonal seperti Mirena, Kyleena, Skyla, dan Liletta, juga dapat mengurangi kram, volume darah, serta anemia. Ini membuat siklus haid yang dijalani terasa lebih ringan dan tak menyengsarakan seperti biasanya. Beberapa wanita yang memakai IUD bahkan berhenti menstruasi sama sekali.

5. IUD tembaga tak mengandung hormon

Dan bila Anda lebih memilih IUD tanpa hormon entah karena alasan kesehatan atau lainnya, maka Spiral tembaga seperti ParaGard salah satunya, benar-benar bebas hormon namun tetap efektif dalam mencegah kehamilan.

6. IUD tembaga bisa dipakai dadakan

IUD tembaga juga merupakan metode kontrasepsi dadakan yang bisa diandalkan. Setelah memakainya, alat ini mampu mencegah kehamilan langsung sehingga dalam waktu 5 hari saja Anda tak perlu takut hamil meski terlanjur berhubungan intim tanpa pengaman. Dan bonus tambahannya, IUD tembaga tetap bisa mencegah kehamilan selama yang dibutuhkan, hingga 12 tahun pun juga oke.

Baca juga: Bisakah IUD Terasa Saat Berhubungan Intim?

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.