6 Cara Diet Sehat dengan Clean-Eating

Pernahkah Anda mendengar istilah clean-eating? Ini adalah salah satu program diet sehat yang mengharuskan kita untuk mengonsumsi makanan yang benar-benar bersih, sehat, dan bergizi.

PROGRAM diet ini sebenarnya cukup mudah bagi orang awam yang belum pernah melakukan diet sebelumnya. Anda hanya perlu mengonsumsi makanan sehat dengan porsi secukupnya.

Diet clean-eating diklaim cukup efektif menurunkan berat badan. Namun, tak hanya itu saja, diet yang satu ini juga dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengolah makanan diet ala clean-eating. Yuk, langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Konsumsi makanan yang masih utuh

    Tips yang pertama ini nampaknya berlaku saat kita akan mengonsumsi buah-buahan. Sudah menjadi rahasia umum jika buah-buahan segar lebih bernutrisi jika dikonsumsi dalam keadaan utuh, bukan diolah menjadi minuman jus terlebih dahulu.
    Namun, hal tersebut tidak hanya berlaku untuk buah-buahan saja. Pasalnya, Anda juga disarankan untuk lebih memilih ayam yang utuh, dibanding harus mengonsumsi bakso ayam kemasan yang tinggi garam, gula, kolesterol, dan pengawet.

  2. Lebih banyak mengonsumsi gandum

    Tubuh kita membutuhkan asupan karbohidrat, tapi dalam program diet sehat khususnya dengan metode clean-eating, usahakanlah untuk mengurangi konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, seperti nasi, pasta, dan roti putih.
    Untuk tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat, mengapa Anda tidak mencoba untuk mengonsumsi gandum? Gandum dalam bentuk roti gandum atau oatmeal bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung usaha Anda dalam menjalankan clean-eating.

  3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

    Kedua makanan sehat ini memang sering dikonsumsi untuk mendukung program diet yang dijalankan oleh semua orang. Akan tetapi, untuk memperoleh vitamin dan nutrisi dari buah dan sayur tersebut, Anda harus mengonsumsi buah dan sayur dalam keadaan segar.
    Kadar vitamin dan nutrisi buah dan sayur yang tidak diolah terlebih dahulu tentu jauh lebih besar dibanding Anda mengolahnya menjadi jus. Saat menjalankan diet sehat ini, sebaiknya lebih memilih untuk mengonsumsi buah dan sayur secara langsung. Setidaknya dapatkan konsumsi buah dan sayur sebanyak 5 – 9 porsi sehari.

    Baca juga: 10 Alasan Anda Harus Mulai Terapkan Pola Makan Sehat

  4. Hati-hati terhadap kandungan garam dan gula tambahan

    Untuk mendukung diet sehat Anda, sebaiknya lebih jelilah dalam memilih produk saat berbelanja ke supermarket. Pastikan bahwa produk yang Anda pilih benar-benar rendah garam dan gula.
    Jangan sampai Anda membeli produk yang diberi gula atau pemanis tambahan. Hal ini juga berlaku ketika Anda sedang memasak dan lupa menaburkan garam maupun gula.
    Ketika Anda sedang memasak, pastikan Anda tidak menambahkan garam maupun gula. Sebagai gantinya, Anda dapat memberikan bumbu-bumbu tambahan agar acara makan bersama menjadi lebih hangat dan menyenangkan.

  5. Hindari makanan buatan atau tiruan

    Pernahkah Anda mendengar istilah snack bar untuk diet? Hati-hati dalam memilih produk tersebut. Pasalnya, beberapa snackbar justru lebih tinggi bahan-bahan pemanis, pewarna, dan pengawet.
    Sebagai solusi pengganti snack bar, Anda dapat mengganjal perut dengan buah-buahan. Sebisa mungkin, sebaiknya Anda tidak membeli atau mengonsumsi produk buatan atau tiruan yang belum tentu aman dan sehat bahan-bahan kandungan yang terdapat di dalamnya.

  6. Minum lebih banyak air

    Ada begitu banyak tulisan dan informasi yang menyarankan untuk minum air sebanyak 8 gelas sehari. Selain air, Anda juga bisa membuat jus atau menyeduh teh herbal.
    Air sangat bermanfaat untuk mengekang rasa lapar dan menjaga perut Anda tetap terasa kenyang setiap hari. Air juga bisa memberikan kita energi ekstra untuk melakukan berbagai hal. Jika Anda bosan minum air putih biasa, maka Anda bisa mendapatkan asupan air ke dalam tubuh dengan minum infused water atau jus yang terbuat dari buah-buahan segar.

Itulah beberapa tips untuk memulai program diet sehat Anda. Berani untuk memulai clean-eating dari sekarang? Yuk, dapatkan tubuh yang lebih sehat, bugar, dan lebih langsing dengan program diet clean-eating!

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.

%d bloggers like this: