5 Trik Ini ‘Menipu’ Diri untuk Turunkan Berat Badan

Cara melangsingkan badan dengan mudah sebenarnya dapat dilakukan siapapun, kapanpun dan dimanapun. Trik langsing dengan cepat kali ini adalah dengan menipu diri untuk membantu program diet Anda.

TERKADANG menyiasati trik langsing dengan cepat sangat mudah dilakukan. Beberapa orang hanya lupa menambah pikirannya sebagai bantuan dalam berdiet. Trik berikut ini membantu Anda ‘menipu’ diri untuk turunkan berat badan segera.

1.    Kelilingi Diri Anda Dengan Makanan Sehat

Saat merasa ingin ngemil, mungkin Anda ke dapur untuk mencari sesuatu yang bisa dikunyah. Sebelum menentukan pilihan, Anda dihadapi dengan berbagai camilan yang menggugah selera untuk dikunyah.

Tahukah Anda bahwa sebuah penelitian terkini menunjukkan proses memilih camilan sangat umum terjadi saat Anda mengatur diet. Penelitian ini mengatakan bahwa orang yang makan sehat karena makanan sehat (seperti buah dan sayur) mudah dijangkau.

Jadi cobalah beli mangkok bening yang menarik untuk menata buah dan sayur Anda di tempat yang mudah terlihat. Cara lainnya adalah dengan meletakkan sayur dan buah di tengah-tengah lemari es Anda mudah dijangkau di saat rasa ingin mengemil melanda.

2.    Makan Sebelum Berbelanja Bahan Makanan

Saat menjelajah supermarket dengan perut keroncongan, Anda akan mengambil berbagai barang yang sebenarnya jauh dari daftar Anda. Anda mengambil apapun yang membuat Anda tergiur pada saat itu.

Penelitian mendukung pendapat ini dengan menemukan bahwa, orang membeli lebih banyak makanan tinggi kalori di waktu menjelang makan malam dari pada siang hari.

Yang menarik, peneliti mengatakan bahwa kebiasaan ini berasal dari proses evolusi manusia. Pada waktu setelah berpuasa atau menahan lapar cukup lama, manusia cenderung mengambil makan berkalori tinggi secara berlebih karena tidak mengetahui kapan bisa makan lagi.

Cukup masuk akal. Jadi makan dulu sebelum Anda pergi berbelanja, atau akali dengan memakan cemilan berprotein di awal masuk supermarket. Bisa juga dengan berbelanja setelah Anda makan malam.

Baca juga: Coklat Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah?

3.    Perkecil Ukuran Peralatan Makan Anda

Sebuah steak 500 gram akan terlihat besar di piring berukuran 8 inci dibanding piring 12 inci, ¾ cup sereal Anda akan sangat menggiurkan saat disajikan di mangkok kecil, namun terlihat sangat menyedihkan bila disajikan di mangkok yang besar.

Gantilah peralatan makan Anda dengan ukuran yang lebih kecil, agar terbatas untuk mengambil makanan. Di piring yang kecil, Anda hanya akan memenuhinya dengan makanan sebanyak daya tampung piring tersebut. Tapi jangan jadikan ini alasan untuk menambah berkali-kali, atau cara melangsingkan badan dengan mudah akan berubah menjadi sulit.

4.    Pisahkan Setengah Porsi Anda di Awal Makan

Makanan di restoran tentu seringkali penuh dengan porsi kalori dan garam. Anda harus bisa mengatur diri untuk mengonsumsi dengan wajar dan tidak merusak diet.

Namun, menghentikan makan di tengah waktu hanya akan membuat Anda kesal dan kekurangan. Jadi, makan 2 kali dari satu porsi bisa menipu diri Anda, Anda akan merasa makan banyak. Di luar perkiraan, sekarang Anda bisa makan dengan bonus sebungkus makanan untuk dibawa pulang.

Baca juga: 7 Trik untuk Mengontrol Nafsu Makan Berlebih

5.    Makan di Meja Makan

Buatlah waktu makan sebagai waktu yang spesial. Di saat kesibukan Anda sangat padat, tentu tergoda untuk makan di tengah-tengah kerja sambil mengobrol atau menonton televisi. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat menyabotase diet Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa fokus pada makanan, meminimalkan gangguan saat makan, dapat membantu Anda menikmati rasa yang timbul dan mengurangi makan berlebih. Makan di meja makan juga dapat membantu Anda mengendalikan porsi makanan. Persiapkan makanan Anda dengan baik di meja makan, kemudian berkomitmen untuk tetap di sana hingga makanan Anda selesai.