5 Tips Makan Sehat pada Saat Berpuasa

Tips Sehat

Hai Anda yang sedang berpuasa hari ini, masih sehat kan? Meskipun harus menahan lapar dan dahaga, tentunya Anda harus tetap sehat dan semangat menjalani hari. Apalagi, puasa merupakan ibadah yang hanya dilakukan sekali sebulan dalam tiap tahunnya. Selain untuk beribadah, menurut penelitian, puasa juga dapat membuat tubuh lebih sehat asalkan dibarengi dengan pola makan sehat saat puasa.

pola makan sehat saat puasa

SAAT berpuasa, tentu tak bisa dipungkiri bahwa badan akan terasa lebih lemas dan lesu dari hari-hari biasanya. Hari-hari yang diawali dengan makan pagi, siang, dan kemudian malam kini berkurang dengan tidak makan dan minum seharian.
Oleh karena itu, pola makan sehat saat puasa sangat dibutuhkan untuk menunjang tubuh agar tetap sehat dan fit pada saat berpuasa. Berikut 5 tips puasa tetap sehat selama bulan ramadhan

Makan Makanan Manis pada Saat Berbuka

Berbuka dengan makanan manis memang sangat dianjurkan. Tips puasa tetap sehat selama bulan ramadhan dengan mengonsumsi makanan manis sudah dianjurkan sejak jaman Rasulullah karena makanan manis, contohnya kurma dapat diserap secara cepat oleh tubuh.

Kurma merupakan makanan yang mengandung fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang sangat berguna bagi tubuh. Kurma juga bisa menjadi makanan pengganti energi yang cepat setelah hilang seharian dan dapat dicerna secara cepat oleh tubuh.

Tapi yang perlu diingat, tidak semua makanan manis baik dikonsumsi. Makanan manis yang baik adalah makanan manis dengan karbohidrat kompleks bukan makanan manis dengan karbohidrat sederhana yang dapat menaikkan gula darah dan kadar lemak seperti donat, cake, dll.

Baca juga: Waspada, 9 Minuman Ini Ternyata Berkadar Gula Tinggi!

Hindari Junk Food

Setelah berpuasa seharian, tubuh kita pasti membutuhkan makanan bergizi yang dapat mengganti energi yang hilang. Kebiasaan ingin praktis dengan mengonsumsi junk food pada saat berbuka puasa sangat bertolak belakang dengan prinsip pola makan sehat saat puasa.

Bahkan, bisa dikatakan dengan mengonsumsi junk food, kita tidak menyayangi tubuh kita sendiri yang telah kehilangan banyak nutrisi seharian. Sebaliknya, seharusnya kita bisa memberi reward ke tubuh kita yang kelelahan dengan nutrisi yang cukup.

Junk food mengandung lemak jenuh, tinggi gula, dan pemanis buatan yang sangat tidak baik bagi tubuh. Oleh karena itu, di kehidupan sehari-hari, mengonsumsi junk food sangat tidak dianjurkan, apalagi pada saat berpuasa.

Perbanyak Minum Air Putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena tubuh kita 80% terdiri dari air. Air putih juga sangat dibutuhkan untuk membantu proses ekskresi di ginjal.

Pada saat berpuasa, kita banyak kehilangan cairan tubuh. Oleh karena itu, dibutuhkan cairan cukup sebagai persediaan dalam tubuh yaitu pada saat sahur dan penggantian cairan yang hilang pada saat berbuka puasa.

Untuk itu, supaya tubuh tetap terhidrasi, minum masing-masing 2 gelas air putih pada saat sahur, buka puasa, dan sebelum tidur. Selain itu, air kelapa juga bisa diminum sebagai pengganti elektrolit yang hilang.

Makan Sayuran dan Buah

Makanan yang tak kalah pentingnya dikonsumsi pada saat berpuasa namun sering kita abaikan karena dianggap tidak mengenyangkan adalah sayur dan buah. Sayur dan buah merupakan makanan berserat yang dapat mencegah sembelit yang seringkali menjadi masalah pada saat berpuasa.

Selain itu, kandungan vitamin yang sangat dibutuhkan pada saat berpuasa dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Contohnya, vitamin C dan E yang dapat diperoleh dari pepaya dan jeruk untuk menjaga kebugaran tubuh dan stamina tetap sehat saat puasa. Kita juga dapat mengolah buah dan sayuran menjadi salad yang sehat dan lezat untuk dikonsumsi.

Baca juga: 10 Manfaat Pola Makan Diet Sehat

Jangan Tidur Setelah Sahur

Hal yang kita anggap sepele dan sering kita lakukan setelah kekenyangan makan sahur adalah tidur setelah sahur yang ternyata dapat berakibat buruk bagi tubuh. Pada saat tidur, akan terjadi perlambatan sistem metabolisme seperti pada usus dan lambung yang memperlambat pencernaan makanan.

Akibatnya, makanan yang tidak tercerna sempurna akan dimakan bakteri buruk. Peningkatan bakteri buruk dapat memproduksi zat asam nitrit yang sangat asam dan sangat beracun bagi liver. Selain itu, keberadaan bakteri jahat dalam tubuh akan menambah pH tubuh, dimana tingkat pH tubuh <4 akan memicu pertumbuhan sel kanker.

Oleh karena itu, agar tetap sehat saat puasa hindari langsung tidur setelah sahur ya!

Stop say I can't, say I will learn till I can :)

%d bloggers like this: