5 Perbedaan Pria dan Wanita dalam Relationship

Perbedaan pria dan wanita dalam hubungan sering menjadi dasar bagi masalah cinta yang kompleks. Perbedaan perilaku dan cara pandang kedua gender ini kadang menimbulkan ketidakpuasan bagi satu sama lain. Namun, haruskah perbedaan ini dipermasalahkan dan diperdebatkan? Sebab, pria dan wanita pada dasarnya sangat berbeda, terutama dalam 5 hal ini.

SEPERTI yang telah disebutkan sebelumnya, perbedaan pria dan wanita dalam hubungan sering menjadi sumber bagi masalah cinta, bahkan kadang hingga membuat frustrasi.

Pria mengeluhkan tentang betapa misterius dan tak tertebaknya sikap wanita. Sementara di sisi lain, wanita terheran-heran dengan betapa abainya pria dalam sebuah hubungan. Tak jarang keduanya mengulik tips cinta dari berbagai sumber dan para ahli untuk berusaha saling memahami.

Perbedaan pria dan wanita dalam hubungan tidak dapat secara sederhana diterangkan lewat faktor genetis saja. Ada faktor-faktor lain, seperti faktor sosial dan evolutif, yang harus dipertimbangkan. Simak perbedaan pria dan wanita dalam hubungan di bawah ini agar Anda dan pasangan lebih bijak dalam menghadapi masalah cinta.

Keduanya Berevolusi dengan Cara Berbeda

Perbedaan pertama antara pria dan wanita ini didasarkan pada faktor biologis. Pria didesain sebagai pengemban peran pemburu. Oleh karena itu, otaknya terdesain untuk siaga melihat mangsa dan kadang-kadang harus mengabaikan empatinya.

Sementara itu, wanita adalah pengasuh dan penjaga di rumah saat pria pergi berburu. Otaknya terdesain dengan empati dan kepedulian tinggi pada lingkungan sekitarnya.

Cara kerja yang kedua gender alami selama berabad-abad ini, mau tak mau mempengaruhi cara keduanya bertingkah laku. Pria lebih fokus pada caranya memapankan keluarga dan memiliki sedikit empati, sedangkan wanita memiliki empati dan insting pengasuhan yang tinggi.

Evolusi yang Membingungkan

Evolusi pria dan wanita tidak sejalan dengan peran yang kini mereka emban. Pria tidak lagi dituntut untuk berburu dan wanita tidak lagi dituntut untuk selalu tinggal di rumah. Secara sosial, peran keduanya telah berubah, sedangkan sebagian besar cara kerja otak keduanya masih bertahan dengan cara lama.

Ini membuat pria dan wanita sering kebingungan menentukan peran mereka dalam hubungan. Hal paling bijaksana adalah dengan membicarakan kecemasan dan kebingungan ini bersama pasangan untuk menghindari masalah cinta yang serius ke depannya.

Baca juga: Jangan Katakan 5 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan

Keduanya Berbeda dalam Seks dan Romansa

Ingat bahwa pria tak memiliki porsi besar perihal emosi dalam otaknya. Oleh karena itu, pria menganggap seks dan kedekatan emosi adalah hal yang sama.

Ketika pria berhubungan seks pada pasangannya, itulah saat-saat paling romantis yang ia berikan kepada pasangannya. Sedangkan, wanita menganggapnya berbeda.

Seks bukanlah hal romantis bagi gender wanita. Pria perlu melakukan hal lebih seperti memberi bunga atau hadiah untuk menunjukkan keromantisannya. Karena perbedaan sudut pandang ini, tak heran bila soal seks dan romansa adalah topik yang paling sering memicu konflik.

Baik Pria Maupun Wanita Berbeda secara Individual

Meski secara umum mental dan biologis pria dan wanita sangat berbeda, kita tak perlu mengeneralisasi pasangan. Terima dan nilai ia sebagai individu yang unik dan berbeda daripada yang lain. Memberi apresiasi dan mensyukuri apa yang ia lakukan akan lebih membahagiakan daripada fokus pada perbedaan.

Pola Hubungan akan Selalu Berubah Seiring Waktu

Pasangan yang baru menikah mungkin sudah mengenali dan mengantisipasi perbedaan-perbedaan dalam hubungan mereka. Namun, yang perlu mereka tahu adalah pola hubungan mereka akan terus berbeda dan berubah seiring waktu.

Life events seperti memiliki anak, membesarkan anak, hingga memiliki cucu akan terus membuat keduanya, baik pria maupun wanita, beradaptasi. Pun, semakin lama, kita akan semakin mengerti diri pasangan kita yang sebenarnya. Jika sekarang perbedaannya telah terlihat, bijaklah dalam menghadapinya. Sebab, kehidupan terus berjalan dan perubahan akan selalu ada.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Setiap Hari Agar Pernikahan Tetap Langgeng

a passionate writer

%d bloggers like this: