5 Alasan Hubungan LDR Adalah yang Terbaik

Tips Cinta

Setelah berpacaran sekian lama, Si Dia dimutasi kerja ke luar kota. Anda pun ketar-ketir dengan status hubungan Anda yang menjadi pacaran jarak jauh! Jika Anda kerap merasa sedih karena menjalani hubungan jarak jauh dengan Si Pacar, tenanglah. Ternyata, pacaran LDR tidak seburuk itu, lho!

BAGI banyak orang, pacaran LDR—Long Distance Relationship—merupakan tantangan besar dalam sebuah hubungan dan dianggap sangat menakutkan. Jenis hubungan ini disinyalir bisa memicu masalah-masalah di masa yang akan datang.

Namun, tidak sedikit juga lho mereka yang berhasil mempertahankan hubungan melalui LDR. Contohnya pasangan selebriti Victoria dan David Beckham. Karir mereka yang memaksa untuk bekerja di lokasi berjauhan membuat mereka tinggal di dua tempat yang berjauhan.

Tetapi, mereka tidak membiarkan jarak merusak hubungan. Kedua sejoli ini malah mampu membuat jarak jauh memperkuat hubungan mereka. Menjalani pacaran jarak jauh memang butuh kerja keras, tetapi percayakah bahwa ternyata hubungan ini memiliki keuntungan-keuntungan tersendiri bagi Anda?

Anda Akan Lebih Bahagia

Dengan banyaknya waktu yang Anda miliki, Anda bisa memanfaatkannya untuk membentuk pikiran dan tubuh yang lebih sehat. Anda juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengikuti impian Anda sendiri.

Anda dapat mengejar karir atau melanjutkan pendidikan yang Anda dambakan, sehingga ketika tiba saatnya bagi Anda dan pasangan untuk menetap, Anda akan berada di situasi yang lebih baik dalam hidup Anda.

Anda dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk merawat tubuh Anda dengan bersantai, yang tentu akan meningkatkan harga diri dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Treat yourself!

Anda Mendapatkan “Semuanya”

Mereka yang berstatus single mendambakan hubungan dan rasa cinta, sedangkan banyak orang-orang yang in relationship mendambakan kebebasan yang mereka miliki ketika single. Pacaran LDR memberikan kombinasi sempurna antara keduanya. Anda mendapatkan keuntungan status single dan in relationship. Anda memiliki pasangan yang mencintai Anda, serta waktu untuk diri Anda sendiri.

Tidak Ada yang Akan Mengganggu Hubungan Anda

Beragam cerita datang dari pasangan-pasangan yang kurang berbahagia, seperti, “Awalnya aku akan melanjutkan studiku, tetapi aku bertemu cinta sejatiku dan hidup bersamanya”. Ketika sedang hangat-hangatnya, sangat mudah bagi Anda untuk membuang mimpi begitu saja karena cinta terasa berada di atas segalanya.

Namun beberapa tahun kemudian, hal ini dapat membawa dampak buruk bagi hubungan Anda. Dalam hubungan jarak jauh, Anda memiliki waktu untuk mencari jati diri Anda sendiri ketika pasangan berada nun jauh di sana.

Baca juga: Jangan Percaya 3 Mitos Tentang Relationship Ini!

Pacaran LDR Akan Memperkuat Hubungan

Dua orang yang menjalani hubungan bersama sambil berusaha meraih impian individualnya masing-masing akan memberi efek positif terhadap hubungan mereka berdua. Pasangan yang kuat terbentuk dari dua orang yang kuat. Apabila salah satu merasa tidak memiliki waktu, kehilangan impian atau tak bisa meraihnya, hubungan tersebut akan mendapatkan akibatnya.

Hubungan Anda Bisa Tetap Hangat

Berpisah bukan berarti Anda dan pasangan menjadi kehilangan komunikasi dan diam layaknya orang asing yang tidak saling mengenal. Dewasa ini, sangat banyak cara untuk tetap berhubungan dengan orang-orang terkasih Anda.

Melalui aplikasi chatting berbasis internet dan banyak cara lainnya, Anda bisa terus mengetahui kabar terbaru dari Si Dia, atau bahkan sekedar mengucapkan selamat tidur. Melalui video call, Anda bahkan bisa makan malam bersama orang favorit Anda sambil menatap wajahnya.

 

Sebuah penelitian oleh Cornell University menyatakan bahwa meskipun pasangan dalam hubungan “normal” cenderung memiliki lebih banyak interaksi sehari-hari dibandingkan dengan pasangan dalam hubungan jarak jauh, pasangan LDR cenderung berinteraksi dalam percakapan-percakapan yang lebih berkualitas dan bermakna.

Mereka yang menjalani hubungan jarak jauh merasakan ikatan yang lebih kuat daripada pasangan yang tinggal di kota yang sama. Mereka juga merasa pasangan mereka berbagi lebih banyak pemikiran, perasaan, dan emosi.

Jadi, jangan anggap hubungan LDR sebagai hubungan yang membosankan dan tak bergairah, tapi anggaplah sebagai masa untuk mengembangkan diri Anda secara bebas. Dengan hubungan ini, Anda akan lebih menghargai setiap detik bersamanya melalui segala jenis media.

Dalam menjalani hubungan ini, Anda akan menemui sendiri beragam cara untuk tetap berhubungan dengan Si Dia, bahkan cara-cara yang belum pernah terbayangkan oleh Anda sebelumnya.

Dengan memperbaiki kualitas diri Anda sekaligus menjalani komitmen yang bersifat baik, Anda akan menyadari bahwa hubungan jarak jauh memang pilihan terbaik bagi Anda dan pasangan. Selamat mencoba tips cinta ini!

Siap menjadi budak skripsi dan lulus pada waktu yang tepat meski memiliki hobi berleha-leha sepanjang hari.