3 Gaya Kelekatan dalam Relationship, Yang Manakah Anda?

Gaya relationship kita dengan orang tua atau pengasuh, khususnya semasa kecil dulu, ternyata sangat memengaruhi hubungan dengan pasangan saat ini. Agar lebih dekat dengan pasangan, coba kenali termasuk yang manakah gaya relationship Anda selama ini?

PADA dasarnya, gaya kelekatan dalam hubungan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu aman, menghindar, serta cemas. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak masing-masing perbedaannya.

1. Gaya Kelekatan Aman

Anda yang tumbuh dalam lingkungan keluarga penuh kasih, besar kemungkinannya masuk dalam kelompok ini. Selalu memberikan rasa aman, kebutuhan terjamin, dan melimpah dengan kasih, gaya pengasuhan semacam ini membuat Anda nyaman kalau berdekatan dengan orang lain. Anda juga tak merasa was-was ketika harus mengutarakan isi hati dan kebutuhan.

Sejauh ini, tak ada masalah dengan hubungan percintaan Anda kalau pasangan juga termasuk dalam golongan yang sama. Namun masalah bisa muncul kalau Anda justru berhubungan dengan orang yang masuk golongan menghindar atau penuh cemas berikut ini.

2. Gaya Kelekatan Menghindar

Saat kecil dulu, mungkin Anda tak terlalu dekat dengan orang tua atau pengasuh. Entah karena sibuk atau alasan lainnya, mereka seakan-akan memasang jarak terhadap Anda. Ya, kadang mereka meluangkan waktu untuk Anda, namun seringkali Anda dibiarkan sendirian. Alhasil dari pengalaman tersebut, Anda pun bertumbuh menjadi pribadi mandiri yang lebih suka mengandalkan diri sendiri ketimbang orang lain.

Adakalanya, hubungan dekat dengan orang lain membuat Anda merasa

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.