11 Masalah Cinta yang Bisa Dihindari Setiap Pasangan

Tips Cinta

Dalam masalah cinta, bertengkar dengan pasangan menjadi satu hal yang tak terhindarkan. Perbedaan pendapat dapat diselesaikan jika adanya komunikasi yang baik antar pasangan. Jika tidak ada komunikasi yang jelas, maka akan berdampak buruk bagi hubungan Anda. Sebenarnya, ada beberapa masalah cinta yang bisa Anda hindari, apa saja itu dan bagaimana mengatasinya? 

masalah cinta

TIDAK ada hubungan asmara yang sempurna. Setiap pasangan pasti memiliki masalah cinta yang berbeda. Perbedaan pendapat dan ujung-ujungnya bertengkar dengan pasangan tidak dapat dihindari. Anda pasti juga tidak mau masalah cinta dengan pasangan menjadi berlarut-larut dan menggangu pikiran Anda.

Supaya tidak semakin galau, Anda patut tahu beberapa masalah yang dapat dihindari setiap pasangan dan cara mengatasi masalah percintaan yang ada.

Hilangnya romantisme

Dalam suatu hubungan asmara, bersikap romantis diperlukan untuk menunjukkan rasa sayang terhadap pasangan. Jika Anda merasa Si Dia terlalu cuek dan tidak bisa romantis, saatnya Anda yang bergerak tunjukkan keromantisan Anda.

Jangan gengsi atau takut bersikap romantis. Si Dia pasti akan menghargai usaha yang Anda lakukan.

Terlalu mengontrol pasangan

Anda dan pasangan Anda bukanlah anak remaja yang harus saling mengawasi dan mengontrol satu sama lain. Banyak pasangan yang merasa gerah karena terlalu diawasi dan dikontrol oleh pasangannya.

Hal ini dapat menjadi faktor retaknya hubungan percintaan. Jika Anda sayang dan peduli dengan kekasih Anda, berikan kebebasan tanpa harus mengatur dan mengawasinya. Pasangan Anda sudah dewasa, jadi perlakukan dia seperti layaknya orang dewasa.

Mengharapkan kesempurnaan

Tidak ada manusia yang sempurna. Anda dan Si Dia juga manusia yang juga punya salah. Mengharapkan kesempurnaan terhadap pasangan Anda hanyalah ilusi belaka yang dapat menghambat hubungan Anda berdua.

Jika Anda ingin hubungan yang sempurna, maka Anda dan pasangan patut belajar untuk menerima kekurangan dan kelebihan antara satu dengan yang lain. Dengan begitu, hubungan Anda dapat menjadi semakin mesra dan bahagia.

Menghindari konfrontasi bukan cara yang baik untuk menyelesaikan masalah

Setiap pasangan pasti mempunyai konflik tersendiri. Saat terjadi konflik, pasti akan ada perdebatan keras antar pasangan. Jika Anda lebih memilih diam dan tidak ingin terjadi pertengkaran, maka Anda hanya menambah konflik yang ada.

Jika ada masalah yang mengusik perasaan Anda, segera ajak pasangan untuk ngobrol dan selesaikan masalah yang ada. Kuncinya adalah komunikasi antar pasangan. Dengan begitu, konflik dapat terselesaikan dengan baik.

Baca juga: Jangan Katakan 5 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan

Bertengkar karena hal-hal kecil

Dalam suatu hubungan percintaan, hindarilah untuk berdebat tentang hal-hal kecil yang tidak penting untuk dipermasalahkan. Anda dan Si Dia harus dapat berpikir lagi apakah semua masalah harus menjadi ajang adu argumen siapa yang benar dan salah. Anda perlu bersikap bijaksana dalam menyelesaikan masalah.

Berusaha mengubah pasangan

Dalam hubungan asmara, Anda perlu sadar bahwa Anda dan Si Dia adalah individu yang memiliki sifat dan kepribadian yang unik. Seringkali, Anda jatuh cinta dengan orang yang mempunyai sifat dan pribadi yang berbeda dan setelah lama berhubungan, Anda menginginkan Si Dia mempunyai kesukaan yang sama seperti Anda.

Atau sebaliknya, pasangan Anda ingin Anda memiliki kesukaan yang sama dengan dia. Karena alasan sayang, Anda mengikuti permintaan Si Dia dan perlahan juga Anda menjadi seseorang yang berbeda. Ujung-ujungya, akan ada rasa tidak nyaman dan dapat menimbulkan konflik.

Jika Anda merasa ingin mengubah pasangan Anda, ada baiknya Anda mengingat lagi mengapa Anda menyukai pasangan Anda. Rasa sayang itu berarti menerima pasangan apa adanya dan tidak berusaha mengubahnya menjadi sosok yang sempurna.

Tidak terbuka terhadap pasangan dapat menimbulkan konflik

Saat Anda berkomitmen menjalin hubungan dengan pasangan Anda, berarti Anda siap untuk berbagi semua tentang kehidupan Anda, begitu juga sebaliknya. Jangan pernah menyimpan rahasia terhadap pasangan Anda.

Jika merasa tidak nyaman tentang suatu hal atau merasa pasangan Anda berubah, lebih baik saling terbukalah dan berkomunikasi. Hubungan akan berjalan dengan lancar jika ada keterbukaan dan kejujuran antar pasangan.

Baca juga: Inilah Mengapa Anda Perlu Membuka Rahasia Kepada Si Dia

Terlalu bergantung dengan pasangan sehingga menjadi tidak independen dan mandiri

Jika setiap saat Anda harus meminta bantuan pasangan Anda, maka suatu saat Anda akan menyadari bahwa Anda tidak dapat mandiri tanpa Si Dia. Saatnya Anda harus mandiri dan dapat menentukan sikap jika pasangan tidak ada saat Anda membutuhkannya.

Jangan selalu bergantung pada pasangan Anda. Luangkan waktu bersama teman dan lakukan hal yang Anda sukai. Nantinya, si dia pun akan bangga dengan jiwa mandiri Anda.

Tidak mendiskusikan hal-hal dasar yang sebenarnya penting untuk diperbincangkan

Hal-hal dasar sepeti kepercayaan, moral, keluarga, pertemanan, dan karir patut Anda diskusikan dengan pasangan Anda. Jika Anda memutuskan untuk melangkah ke tahap yang serius, luangkan waktu berdua untuk membicarakan semua hal mendasar yang ada.

Berbicara tentang keluarga, kepercayaan, dan bahkan karir dapat membuat Anda semakin mengenal pribadi Si Dia. Jika tidak menginginkan kekecewaan di masa yang akan datang, sebaiknya segera ajak pasangan Anda untuk saling terbuka.

Tidak terbuka tentang masalah finansial

Finansial dapat menjadi topik yang tricky bagi Anda dan pasangan. Membicarakan tentang uang bukan berarti Anda adalah tipe material, begitu juga sebaliknya.

Topik ini akan menjadi sangat penting jika Anda dan pasangan memutuskan untuk ke jenjang yang lebih serius. Anda dan Si Dia berasal dari latar belakang yang berbeda dan masalah finansial dapat menjadi perdebatan jika Anda atau Si Dia mempunyai sifat terlalu boros atau terlalu hemat.

Sebaiknya komunikasikan kondisi finansial yang ada. Pasangan Anda pasti akan membantu mengatur dan memberikan saran jalan keluar jika Anda mempunyai suatu permasalahan.

Apresiasi terhadap pasangan yang sering Anda lupakan

Di awal masa pendekatan, kata-kata “terima kasih” sering terucap. Namun, seiring berjalannya waktu, apresiasi kecil sering dilupakan. Hubungan yang bertahan lama tanpa ada apresiasi dari pasangan dapat menimbulkan konflik dalam hubungan percintaan.

Jangan gengsi untuk mengungkapkan rasa sayang Anda dengan kata-kata romantis. Pasangan Anda pun pasti akan merasa tersanjung dan menghargai Anda.

Kini Anda sudah tahu tentang beberapa masalah cinta yang dapat Anda dan pasangan hindari, serta cara mengatasi masalah percintaan yang ada. Saatnya Anda dan Si Dia untuk menunjukkan rasa keterbukaan dan komunikasi yang lebih baik demi terjalinnya hubungan asmara yang awet dan bahagia.

An owl who likes coffee, movies and humanity.

%d bloggers like this: