10 Tips Agar Hubungan Jarak Jauh Terasa Dekat

Keintimanan adalah kunci dari hubungan yang sehat, baik dalam hubungan pacaran, maupun perkawinan. Hal tersebut bergantung pada seberapa jauh pasangan saling mengenal dan memahami satu sama lain. Dan itu bisa terjadi karena sering menghabiskan waktu bersama. Inilah yang menjadi tantangan untuk mereka yang menjalin hubungan jarak jauh, baik secara emosional maupun fisik.

tips ldr tetap romantis

TANPA menghabiskan waktu bersama secara berkala, pasangan dalam hubungan jarak jauh atau LDR (long-distance relationship) kehilangan kesempatan untuk melakukan banyak hal kecil bersama, contohnya saja berkencan saat weekend atau sekedar lunch bersama saat jam istirahat kantor.

Anda saling tidak tahu siaran radio mana yang sedang didengarkan oleh pasangan di mobil dalam perjalanan ke kantor atau perubahan apa yang terjadi di rutinitas pagi pasangan. Bisa jadi Anda tidak tahu jika Si Dia memiliki teman baru di kantornya atau acara televisi mana yang sedang menjadi favoritnya.

Meskipun hal-hal ini sepertinya tidak penting, mengetahuinya akan membuat Anda merasa lebih dekat dengan pasangan dan juga membentuk keintiman yang lebih baik dalam hubungan.

Tak jauh beda, kedekatan fisik, yaitu kenyamanan yang didapatkan karena kedekatan secara fisik satu sama lain, seperti bergenggaman tangan, berciuman atau bersentuhan, amatlah penting. Pasangan LDR punya waktu yang sangat terbatas untuk bersama, itu juga yang menjadi penyebab terbatasnya waktu mereka untuk membangun keintiman hubungan secara fisik.

Ada beberapa pasangan LDR yang mengatasinya dengan sering menelpon dan saling menceritakan kegiatan yang sudah dilalui. Ada yang menghabiskan waktu berjam-jam via Skype, bahkan hingga dini hari. Cara tersebut, bagi beberapa pasangan, menjadi jalan keluar hubungan LDR.

Namun tetap saja, tanpa menghabiskan waktu bersama, keintiman bisa berkurang. Untuk itu, simak beberapa tips ldr tetap romantis dan cara membuat pacar makin sayang dalam hubungan jarak jauh.

Berkunjung ke Rumah Pasangan

Melihat dan menatap satu sama lain adalah kunci membangun keintiman, jadi mengunjungi pasangan itu penting. Ada banyak pasangan LDR yang memilih bertemu pasangan dengan bertemu di satu kota, untuk liburan bersama. Ada juga yang memilih bertemu saat weekend atau hari libur kemudian menghabiskan waktu di luar, seperti jalan-jalan di mall atau makan di restoran.

Liburan itu bagus, tapi itu tidak memberikan ruang untuk mengenal kehidupan sehari-hari pasangan. Keintiman dibangun karena ada rasa akrab yang begitu dalam terhadap pasangan dan itu dimulai dari rumah.

Tips LDR tetap romantis yang pertama adalah berkunjunglah ke rumah pasangan. Selain Anda dapat bertemu dengan pasangan, Anda juga dapat bertemu dan ngobrol dengan anggota keluarga yang lain.

Jadi Pasangan yang Berbagi Segalanya

Hal terpenting yang bisa dilakukan untuk membangun keintiman ketika menjalani LDR adalah berbicara. Bicaralah atau ceritakanlah tentang kegiatan Anda dan tanyakan hal yang sama pada pasangan Anda. Berceritalah tentang banyak hal, bahkan hal kecil yang rasanya tidak penting.

Baca juga: 5 Alasan Hubungan LDR Adalah yang Terbaik

Video Chat

Sesibuk dan sepadat apapun kegiatan Anda dan pasangan, kalian tetap bisa melakukan video chat setiap hari. Tidak perlu dalam waktu yang lama, tapi pastikan untuk menjadwalkannya.

Bisa melihat kegiatan pasangan setiap hari dan mendengar ceritanya, bahkan hanya lima menit, akan sangat membantu membangun keintiman dalam hubungan LDR. Jika melakuan video chat setiap hari, Anda dan pasangan akan merasakan keterhubungan satu sama lain. Tips LDR tetap romantis ini akan sangat membantu dalam membangun keintiman dan kepercayaan dalam mengenal satu sama lain.

Sering Mengirim Foto

Selfie di sela-sela kegiatan Anda dan kirimkan foto selfie Anda ke pasangan adalah cara cepat dan mudah untuk berbagi cerita dengan pasangan. Ini juga cara untuk terbuka dan jujur dengan pasangan tentang kehidupan Anda sehari-hari dan merupakan faktor utama menjaga kepercayaan terhadap pasangan.

Selalu Mau Belajar

Bukan masalah seberapa besar usaha Anda untuk membangun keintiman, tapi terpisah jarak dan waktu berarti ada ruang di mana Anda tidak mengetahui beberapa hal atau banyak hal tentang pasangan Anda, misalnya, minuman kesukaannya atau kejadian seru di kantornya.

Sering ada sesuatu yang belum Anda dengar. Ingatlah ini, cobalah untuk tidak terlalu berlebihan menyikapinya. Hindari rasa cemburu terhadap orang-orang yang setiap hari bersama pasangan Anda, seperti rekan kerja atau teman hang out-nya.

Menghargai Tiap Usaha Pasangan

LDR atau hubugan jarak jauh sering membutuhkan lebih banyak usaha dari masing-masing pasangan untuk menjaga hubungan tetap sehat. Anda harus menyediakan waktu di sela-sela kesibukan, ngobrol walaupun Anda sedang tidak ingin, dan menghabisan banyak waktu dan uang untuk traveling.

Tips LDR tetap romantis selanjutnya adalah menyadari hal tersebut dan menghargainya. Ini akan membuat hubungan Anda jauh lebih sehat dan intim.

Membuat Tujuan Keintiman Hubungan untuk Setiap Pertemuan

Anda dan pasangan tentu menginginkan setiap pertemuan menjadi saat-saat yang paling membahagiakan. Hal tersebut berpengaruh dalam menumbuhkan rasa sayang dan cinta kasih sekaligus membangun keintiman dalam hubungan, apalagi hubungan jarak jauh.

Nah, cara membuat pacar makin sayang dalam hubungan jarak jauh adalah dengan membuat rencana untuk setiap pertemuan. Menghabiskan weekend dengan bermalas-malasan di tempat tidur bersama pasangan bisa jadi cara untuk membangun keintiman fisik.

Anda juga bisa meminta pasangan untuk menemani Anda seharian, hanya untuk menunjukkan padanya hal-hal yang Anda lakukan tiap hari. Anda dan pasangan juga bisa berkumpul dengan teman-teman dekat saat weekend.

Ketika Anda menyusun rencana dengan tujuan meningkatkan keintiman, pertemuan tersebut mungkin akan terasa lebih memuaskan. Anda dan pasangan merasa saling mengisi dan menjadi pasangan yang lebih dekat lagi.

Baca juga: 5 Perbedaan Pria dan Wanita dalam Relationship

Berkhayal

Alih-alih mencoba melupakan keintiman fisik yang tidak Anda miliki dengan pasangan karena LDR, berkhayallah tentang hal itu. Biarkan pikiran Anda membuat cerita-cerita yang bisa Anda bagikan ke pasangan dan pertimbangkan untuk melakukannya saat bertemu dengannya nanti.

Mulai Menghitung Mundur

Ketika Anda membuat pilihan untuk menjalani hubungan jarak jauh, putuskan juga seberapa lama Anda dapat hidup terpisah dengan pasangan. Bayangkan masa depan Anda dan pasangan ketika hidup bersama dan buatlah rencana untuk itu.

Perhitungkan secara jangka panjang dan ambillah langkah untuk mewujudkan rencana tersebut. Tips LDR tetap romantis ini dijamin akan membuat Anda dan pasangan terasa semakin dekat.

Menikmati Waktu Sendiri

Alih-alih fokus pada seberapa besar Anda ingin menghabiskan waktu bersama pasangan, bersyukurlah atas kehidupan pribadi Anda, walau terpisah jarak dengan pasangan.

Lakukanlah hal-hal yang membuat Anda bahagia dan ceritakanlah itu kepada pasangan Anda. Jika Anda menjadi semakin bahagia dan menikmati hidup, maka semakin baik pula Anda berkomunikasi dengan pasangan dan semakin intim pula hubungan Anda.

laugh like a spongebob, kerupuk lovers. kopi hitam lovers. nocturnal.

%d bloggers like this: