10 Penyebab Utama Disfungsi Ereksi

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai penyebab disfungsi ereksi yang merupakan momok bagi para pria dewasa? Ya, disfungsi ereksi menyebabkan kegagalan untuk mempertahankan ereksi guna mendapatkan kualitas senggama yang baik. Kondisi ini hadir bukan tanpa sebab. Anda beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya disfungsi ereksi.

JIKA Anda atau pasangan sedang mengalami disfungsi ereksi, cermati beberapa penyebab disfungsi ereksi berikut ini sebelum Anda mencari cara mengatasi disfungsi ereksi.

1. Depresi

Otak adalah zona erotis yang sering dianggap remeh. Fantasi seksual dimulai dari kepala pria, kemudian turun ke penis. Depresi dapat meredam hasrat seksual sehingga berimbas kepada disfungsi ereksi.

Ironisnya, sebagian obat yang digunakan untuk mengobati depresi disinyalir dapat menekan hasrat seksual dan membuat seorang pria mengalami kesulitan mencapai ereksi sehingga berimbas pada keterlambatan orgasme.

2. Minuman beralkohol

Tak dapat dipungkiri bahwa minuman beralkohol selalu dikonsumsi pada saat pesta, kumpul bersama teman, atau sekedar untuk menenangkan suasana hati. Akan tetapi, terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengganggu kualitas ereksi pria.

Meskipun disfungsi ereksi yang disebabkan minuman beralkohol bersifat sementara, tetapi tak ada salahnya jika Anda mengurangi konsumsi minuman yang mengandung alkohol untuk memiliki tubuh yang lebih sehat.

3. Obat-obatan

Sejumlah obat-obatan ternyata dapat menjadi penyebab disfungsi ereksi. Sebagai contoh, obat tekanan darah tinggi, pereda nyeri, dan antidepresan adalah sejumlah obat yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Apakah Anda berpikir cara mengatasi disfungsi ereksi adalah menghentikan konsumsi obat-obatan tersebut?

Jangan berhenti dulu sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter. Obat-obatan terlarang seperti kokai, ganja, dan amfetamin juga dapat menyebabkan permasalahan seksual pada pria.

Baca juga: Awas, Hipertensi Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi!

4. Stres

Sama seperti depresi, stres yang dialami seorang pria tidak menutup kemungkinan untuk membuat ia mengalami disfungsi ereksi. Stres bisa timbul karena permasalahan dalam tempat kerja atau keluarga.

Namun, jangan biarkan stres membuat Anda mengalami disfungsi ereksi. Segera mencari cara mengatasi disfungsi ereksi yang disebabkan karena stres, seperti berolahraga secara teratur, cukup tidur, dan mencari bantuan profesional.

5. Kemarahan

Marah dapat membuat naik hingga ke ujung kepala, tapi tidak ke penis Anda. Suasana hati yang penuh kemarahan dapat membuat seseorang kesulitan mencapai ereksi dan memperoleh orgasme. Bahkan, bercinta dengan perasaan marah tidak akan membuat kualitas seks Anda terlihat baik bagi pasangan.

6. Khawatir

Selain marah, perasaan khawatir akan suatu hal juga membuat pria mengalami disfungsi ereksi. Rasa kegelisahan dan kekhawatiran yang Anda rasakan membuat performa seksual Anda di tempat tidur menjadi buruk. Sebaiknya tenangkan terlebih dahulu suasana hati Anda untuk mendapatkan kualitas seks yang lebih baik saat bercinta.

7. Obesitas

Percayalah bahwa obesitas tidak hanya membawa dampak buruk pada kondisi kesehatan Anda. Kelebihan berat badan bisa membuat performa seks seorang pria menurun, bahkan dapat mengalami disfungsi ereksi.

Pria gemuk memiliki kadar hormon testosteron yang lebih rendah, sehingga hasrat seksual tidak cukup tinggi untuk menghasilkan ereksi. Obesitas yang didukung dengan tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan pengerasan arteri, sehingga aliran darah ke penis berkurang.

Baca juga: Cara Menyeimbangkan Hormon Testosteron

8. Tidak percaya diri

Sebagian pria mungkin tidak terlalu percaya diri dengan tampilan fisiknya. Mereka ragu bahwa pasangan akan menyukai tampilan fisiknya.

Kecemasan ini mungkin terlihat sederhana, tetapi dapat membawa dampak buruk untuk kualitas ereksi. Bahkan, rasa cemas karena takut pasangan tidak merasa puas dengan diri Anda bisa berakibat buruk pada performa seksual Anda di atas tempat tidur.

9. Libido rendah

Libido rendah tidak sama dengan disfungsi ereksi. Akan tetapi, jika minat Anda terhadap seks sangat rendah, maka Anda tidak bisa mencapai ereksi secara optimal. Rendahnya libido ini berkaitan dengan faktor stres, kegelisahan, tidak percaya diri, dan konsumsi obat-obatan tertentu. Ketika semua faktor tersebut Anda alami, maka ketertarikan Anda pada seks akan menurun.

10. Kondisi kesehatan

Ada begitu banyak kondisi kesehatan seseorang yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Misalnya, penyakit yang berkaitan dengan saraf, otot, dan aliran darah dapat menyebabkan pria mengalami disfungsi ereksi.

Selain itu, ada sejumlah penyakit lain yang membuat pria tidak bisa mencapai ereksi, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, pengerasan pembuluh darah, dan cedera tulang belakang. Pembedahan untuk mengobati prostat atau kandung kemih juga bisa berdampak pada disfungsi ereksi.

Nah, itulah 10 penyebab disfungsi ereksi yang bisa dialami oleh siapa pun. Hindari beberapa faktor penyebab di atas untuk mencegah disfungsi ereksi dan memiliki kualitas seksual yang lebih baik.

A day dreamer and a night thinker.

%d bloggers like this: