10 Kebiasaan untuk Singkirkan Lemak Perut

Tips Sehat

Perut langsing tanpa lemak bukan hanya indah dilihat tapi juga baik untuk kesehatan. Lemak perut atau visceral fat adalah salah satu lemak paling berbahaya. Anda bisa menghindari risikonya dengan menyimak cara menghilangkan lemak perut berikut ini!

cara menghilangkan lemak perut

LEMAK berbahaya ini berada dekat sekali dengan Anda, mengelilingi organ di dalam perut Anda, tidak dapat dilihat ataupun dicubit secara langsung, karena biasanya tertutup oleh pinggang yang besar. Padahal keberadaannya bisa meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung, stroke dan masalah pada metabolisme tubuh Anda. Mengerikan, bukan?

Kabar baiknya adalah, lemak ini bisa dihilangkan dengan tips diet yang kami berikan. Selain membuat tubuh langsing dan enak dilihat, juga dapat menyelamatkan kesehatan. Anda bisa hilangkan dan kurangi bahayanya dengan melakukan 10 kebiasaaan berikut ini:

1. Menyingkirkan Soda Diet

Seberapa buruk soda diet bebas kalori untuk perut Anda? Jawabannya, sangat buruk sehingga dapat meledakkan pinggang Anda! Sebuah penelitian dari jurnal Diabetes Pro menemukan bahwa peminum soda diet 2 kali atau lebih dalam sehari, memiliki lingkar pinggang 6 kali lebih besar.

Minuman “diet” ini sarat dengan pemanis buatan yang memanipulasi metabolisme tubuh dengan berpikir Anda sedang mengonsumsi gula dengan cara yang baik. Bahayanya, tubuh Anda malah menggeser aktivitas pembakaran lemak menjadi penyimpanan lemak dan meningkatkan kadar insulin anda.

2. Tidak Makan Berkali-kali

Selama bertahun-tahun, pakar diet menganjurkan makan porsi kecil secara bertahap untuk merangsang metabolisme lebih aktif. Kini beberapa pakar mengatakan hal yang berbeda.

Penelitian dalam jurnal Hepatologi menemukan bahwa ngemil di antara waktu makan dapat memengaruhi peningkatan lemak perut Anda. Cobalah untuk menahan diri dari mengonsumsi cemilan di antara jam makan. Terutama saat pagi hari, karena cemilan pagi hari biasanya dikonsumsi lebih banyak daripada sore hari.

3. Makan Kacang-Kacangan

Lemak dalam makanan tidak selamanya baik, beberapa berbahaya bagi kesehatan Anda. Sebelum Anda telat menyadarinya, cara menghilangkan lemak perut dari kami dapat membantu Anda untuk memiliki perut langsing.

Penelitian dalam jurnal Diabetes memuat temuan bahwa meskupun lemak tak jenuh bisa mengurangi lemak perut, lemak jenuh justru dapat meningkatkan ukuran pinggang Anda. Peneliti mengatakan lemak jenuh yang biasa Anda dapatkan dari olahan makanan yang dibakar dan daging merah, mengaktifkan gen untuk menyimpan lemak di perut.

Sebaliknya, lemak tak jenuh mengaktifkan gen yang mengurangi penyimpanan lemak di perut dan memperbaiki metabolisme insulin. Menambahkan sekitar 13 gram kacang walnut adalah salah satu solusinya. Taburkan dalam sereal pagi Anda atau jadikan tambahan dalam salad untuk mengurangi simpanan lemak perut.

4. Olahraga Intensif

Olahraga yang intensif dapat membuat tubuh Anda lebih langsing dan sehat. Olahraga yang tidak dilakukan dengan rutin tidak memiliki dampak apa-apa pada tubuh Anda, melainkan hanya akan membuat lingkar celana semakin bertambah.

Penelitian dalam Journal of Obesity menemukan bahwa orang yang bersepeda 3 kali dalam seminggu selama 24 menit sebenarnya hanya meningkatkan 0,7 persen lemak perut selama 12 minggu. Sementara itu, orang yang melakukan olahraga aerobik tradisional atau sama dengan 45 menit bersepeda terus menerus, kehilangan hampir 3 persen lemak perut dengan periode waktu yang sama.

5. Memperbanyak Serat

Obat diet yang benar-benar bekerja sebenarnya dapat Anda jumpai sehari-hari di pasar. Obat diet itu memiliki nama lain kacang polong.

Para ahli menyarankan Anda untuk mengonsumsi kacang polong karena kaya akan serat yang mudah dicerna tubuh. Serat-serat tersebut dapat mengurangi penyimpanan lemak perut.

Penelitian oleh Wake Forest Baptist Medical Center menemukan bahwa dalam setiap 10 gram serat yang dikonsumsi per hari, lemak perut berkurang sebanyak 3,7 persen dalam waktu lebih dari 5 tahun.

6. Meminum Teh Hijau

Teh hijau dan penurunan berat badan merupakan pasangan yang ideal. Meminum teh hijau di pagi hari sebagai tips diet terbukti dapat mengurangi ukuran pinggang Anda. K

andungan catechins dalam teh hijau adalah zat yang membuatnya ramah bagi lingkar pinggang. Kandungan ini melebarkan jaringan penyimpanan lemak dengan memperbaiki metabolisme, meningkatkan pelepasan lemak, kemudian mempercepat pembakaran lemak.

Penelitian terkini yang melibatkan partisipan dengan kebiasaaan meminum 4-5 gelas teh hijau per hari, serta olahraga selama 25 menit berhasil menghilangkan lemak sebanyak 0,9 kilogram lebih banyak dibanding yang bukan peminum teh.

Baca juga: 4 Jenis Teh Pembakar Lemak

7. Memakan Makanan Murni

Bukan jumlah kalori tiap penyajian yang membuat lemak perut Anda bertambah, tetapi jenisnya. Faktanya, gandum utuh adalah makanan utama bagi pemilik pinggang kecil.

Penelitian di Tufts University menemukan bahwa partisipan yang memakan 3 atau lebih banyak sajian biji-bijian utuh (seperti gandum, quinoa, atau nasi merah) per hari, memiliki 10% lemak tubuh lebih sedikit dibanding orang yang memakan kalori dari sumber lainnya (nasi, roti, pasta).

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui secara pasti penyebab dari hal ini. Namun, hipotesis awalnya adalah berkaitan dengan serat yang tinggi dan proses pembakaran yang lambat. Memakan makanan murni saat diet adalah cara menghilangkan lemak perut yang baik.

8. Menambahkan Lada pada Makanan Anda

Piperine adalah pembakar lemak alami yang terkandung di dalam lada. Piperine sudah digunakan berabad-abad dalam pengobatan bangsa timur, untuk mengobati berbagai masalah kesehatan termasuk inflamasi dan penyakit perut.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa piperine mungkin memiliki kemampuan mendalam untuk mengurangi peradangan dan mengganggu pembentukan sel-sel lemak baru. Reaksi ini dikenal sebagai adipogenesis, yaitu terjadinya pengurangan ukuran pinggang, lemak tubuh, dan penurunan tingkat kolesterol.

9. Mengganti Minyak Dapur

Apa yang bisa mengurangi ukuran pinggang lebih cepat dari kelas Zumba favorit anda? Minyak kelapa jawabannya!

Penelitian terhadap 30 orang pria dalam jurnal Farmakologi menemukan penambahan 2 sendok makan per hari dapat mengurangi lingkar pinggang rata-rata 1,1 inci selama sebulan. Ikatan rantai trigliseridalah rahasia dari kehebatan minyak kelapa.

Dibanding rangkaian panjang asam lemak yang ditemukan dalam kandungan lemak hewani, minyak kelapa sepertinya tidak meningkatkan kolesterol Anda dan meningkatkannya sebagai pembakaran energi dibanding menyimpannya sebagai lemak. Ditambah lagi, titik asap yang tinggi membuat minyak kelapa bagus untuk berbagai jenis masakan, mulai dari telur hingga tumisan.

Baca juga: Minyak Kelapa Bisa Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

10. Memuaskan Diri Dengan Dark Chocolate

Mimpi bagi seluruh pencinta cokelat yang ingin memiliki perut langsing kini terwujud. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sejumlah dark chocolate dapat menurunkan keseluruhan lemak tubuh dan mengecilkan ukuran pinggang.

Penelitian di antara wanita dengan obesitas normal yang melakukan diet Mediterania dengan menambahkan 2 penyajian dari dark chocolate per hari, menunjukkan pengurangan yang signifikan pada lingkar pinggang dibanding mereka yang tidak memakan cokelat.

Peneliti mengatakan hal ini berkaitan dengan flavonoid, kandungan sehat bagi jantung yang memiliki antioksidan dan anti-inflamasi. Tetap pastikan cokelat yang Anda makan memiliki kandungan setidaknya 70 persen cokelat murni, dan jauhi dari proses alkalisasi yang bisa menurunkan kandungan flavonoid secara signifikan.