Coba 10 Ide Menu untuk “Cheat Day” Ini!

Sedang menjalani program diet ketat? Sesekali Anda bisa melakukan cheat day, lho. Apa itu cheat day? Nah, cheating day adalah hari di mana para pelaku diet tidak mengonsumsi makanan sehat seperti biasanya, melainkan bebas mengonsumsi apa pun yang diinginkan. Bahkan, Anda bisa makan makanan yang berlemak sekali pun!

BERDASARKAN survei yang melibatkan beberapa orang, berikut ini adalah makanan yang biasa diinginkan saat seorang pelaku diet sedang menerapkan cheat day. Adakah salah satu makanan favorit Anda dalam daftar ini? Berikut ini kami akan mengulas mengenai beberapa makanan cheat day yang ternyata bisa diolah menjadi menu diet yang lebih sehat.

1. Pizza

Siapa yang tak kenal dengan makanan berlemak yang satu ini? Pizza adalah makanan favorit di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Makanan ini ternyata bisa disulap menjadi makanan yang lebih sehat dan aman dikonsumsi oleh pelaku diet.

Untuk memodifikasi pizza menjadi menu diet yang sehat, Anda dapat menggunakan tepung gandum sebagai bahan dasarnya, minyak zaitun, dan juga saus dari tomat segar. Untuk topping, Anda dapat menggunakan jamur dan sayur-sayuran segar.

2. Hamburger

Fast food yang satu ini juga cukup terkenal di Indonesia. Burger telah menjadi menu wajib di beberapa restoran cepat saji ternama. Untuk membuat hamburger yang sehat, gunakan daging sapi tanpa lemak atau daging ayam yang tidak digoreng dengan mentega atau minyak.

Anda bisa memanggang isi burger tersebut dengan sedikit minyak zaitun. Gunakan roti gandum sebagai pengganti roti burger. Kemudian, tambahkan lebih banyak sayuran dan hindari penambahan mayones.

3. Kentang goreng

Sesekali, pelaku diet juga diperbolehkan untuk makan kentang goreng. Makanan ini bisa menjadi pendamping hamburger sehat Anda.

Bila perlu, Anda bisa menggoreng kentang sendiri dengan memanfaatkan kentang segar. Hindari membeli kentang goreng beku yang ada di supermarket, karena kentang goreng dalam kemasan mengandung pengawet.

Baca juga: Aturan “Cheat Day” Saat Melakukan Program Diet

4. Granola

Sebagian orang mengganggap granola tidak sehat untuk diet, tetapi makanan ini bisa Anda konsumsi saat cheat day. Granola bisa ditambahkan pada smoothies yang Anda buat. Namun, bila Anda ingin terbebas dari menu makanan sehat, gunakan granola sebagai topping es krim kesukaan Anda.

5. Muffin

Kue muffin ternyata menjadi makanan cheat day favorit bagi sebagian orang. Namun, bahan pembuatan kue ini memang tidak dapat digantikan dengan bahan lain yang lebih sehat.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan topping yang lebih sehat, seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Bahan berkualitas dan sehat yang biasa digunakan sebagai topping untuk muffin adalah madu, blueberry, dan kacang almond.

6. Keripik tortilla dan alpukat

Pernahkah Anda mendengar nama “Guacamole”? Ini merupakan makanan tradisonal Meksiko yang menggunakan buah alpukat sebagai bahan utamanya.

Daging buah alpukat yang sudah dipotong-potong dilumatkan dengan sedikit air lemon dan garam. Setelah itu, guacamole ini bisa disantap bersama keripik tortilla.

Meskipun keripik tortilla dianggap tidak sehat, tetapi makanan tersebut boleh Anda makan saat cheat day. Lebih lagi Anda mengonsumsi keripik tersebut dengan alpukat yang sehat.

7. Pancake

Pancake adalah sarapan favorit pagi di negara-negara seperti Amerika dan Inggris. Makanan ini bisa dimakan saat cheat day meskipun Anda harus melakukan sedikit penggantian bahan pembuatannya agar pancake  jadi lebih sehat.

Pertama, Anda bisa mengganti tepung terigu dengan tepung gandum. Kemudian, Anda bisa menuangkan sirup maple organik. Tambahkan topping buah-buahan segar agar pancake Anda jadi lebih sehat dan lezat.

Baca juga: Mau Cepat Langsing? Coba Diet GM

8. Cokelat hitam

Selama diet Anda harus berhenti mengonsumsi cokelat? Akan tetapi, saat cheat day Anda bisa menikmati cokelat dengan satu syarat, yakni jenisnya harus cokelat hitam.

Nikmati cokelat hitam ini untuk cemilan. Anda tentu tidak menyangka bahwa cokelat hitam menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menjadi sumber antioksidan yang baik dan meningkatkan performa atletik.

9. Red wine

Sesekali Anda juga masih bisa menikmati wine meskipun sedang diet. Pilihlah red wine jika dibandingkan dengan white wine. Pasalnya, anggur merah lebih bagus untuk pencernaan dan kaya antioksidan. Namun, perlu Anda ingat bahwa Anda hanya diperkenankan untuk menikmati 1-2 gelas red wine saja pada saat cheat day.

10. Pasta

Spaghetti, lasagna, dan fettucini adalah jenis pasta yang bisa dikonsumsi di Indonesia. Namun, bisakah Anda menyulap pasta menjadi makanan yang lebih sehat pada saat cheat day? Bisa saja jika Anda menggunakan pasta berbahan gandum.

Jika tidak berhasil menemukan pasta gandum, gunakan saja pasta biasa, tetapi gunakan saus tomat merah yang diolah dari buah tomat segar. Hindari saus putih yang mengandung banyak krim. Untuk topping pasta, Anda bisa menggunakan daging ayam atau ikan salmon.

A day dreamer and a night thinker.