10 Gejala Kanker yang Harus Diwaspadai Semua Wanita

Tips Sehat

Satu tanda dapat mengindikasikan banyak hal. Banyak tipe kanker ginekologi memiliki gejala dini yang sama, sehingga bisa diobati dengan tepat. Kanker ginekologi sendiri merupakan kelompok penyakit yang berkembang di organ reproduksi wanita seperti vagina, leher rahim, ovarium dan saluran tuba.

gejala kanker pada wanita

KADANG, ketika gejala tersebut diacuhkan, maka terjadi penundaan untuk melakukan perawatan dini dan ini berakibat fatal. Itu sebabnya wanita perlu waspada terhadap gejala yang mereka rasakan. Dengarkan tubuh Anda!

Jika Anda merasa ada sesuatu yang aneh dengan tubuh Anda, segeralah menemui dokter. Kemungkinan gejalanya tidak berhubungan dengan kanker, namun jauh lebih baik untuk mengetahuinya. Berikut ini 10 gejala kanker yang perlu diketahui dan diwaspadai wanita.

Nyeri Panggul

Gejala kanker pada wanita yang pertama adalah nyeri panggul. Anda merasa ada tekanan mulai dari bawah panggul dan itu terjadi secara terus menerus. Bahkan hal tersebut terjadi di luar masa pra-menstruasi Anda.

Nyeri panggul termasuk gejala umum kanker dan ini dirasakan para wanita yang mengidap kanker endometrial, kanker ovarium, kanker tuba falopi dan kanker vagina. Selain itu, nyeri panggul juga merupakan ciri kanker serviks.

Pembengkakan Perut dan Kembung

Pembengkakan perut dan kembung juga merupakan gejala kanker, umumnya kanker ovarium. Gejala yang satu ini juga paling sering disepelekan wanita. Kapan Anda memperhatikannya?

Jika kembung yang Anda rasakan begitu buruk, sehingga Anda tidak bisa mengancingkan celana Anda atau bahkan ukuran celana Anda bertambah, ada baiknya untuk segera temui dokter.

Sakit Punggung Bagian Bawah Berkepanjangan

Sakit punggung bagian bawah sering terasa seperti rasa nyeri. Namun beberapa wanita juga menjelaskan, rasanya seperti sedang mengalami persalinan. Sakit punggung bagian bawah termasuk gejala kanker ovarium.

Pendarahan Vagina yang Tidak Normal

Pendarahan vagina yang tidak normal adalah gejala umum kanker yang dialami wanita ketika mereka dinyatakan mengidap kanker ginekologi. Periode menstruasi yang tidak teratur, pendarahan di sela-sela periode dan pendarahan di saat dan sesudah berhubungan seksual dapat dikatakan sebagai pendarahan vagina yang tidak normal. Ini merupakan gejala kanker ovarium dan kanker rahim, namun juga merupakan ciri kanker serviks.

Baca juga: Keluar Darah Setelah Berhubungan Intim? Ini Penjelasannya

Demam

Jika demam juga tidak turun, dan sudah terjadi selama lebih dari tujuh hari, Anda harus segera menemui dokter. Demam berkepanjangan bisa menjadi gejala kanker pada wanita. Tetap berpikiran positif bahwa demam bisa juga menjadi gejala berbagai penyakit jinak.

Sakit Perut Berkepanjangan atau Usus Bergejolak

Jika Anda mengalami sembelit, diare, terlalu sering buang gas, ada darah saat Anda buang air besar, tinja Anda tidak padat atau cair dan Anda merasa ada yang aneh pada usus Anda, segera periksakan ke dokter. Perubahan tersebut merupakan gejala umum kanker ginekologi, khususnya kanker usus besar.

Penurunan Berat Badan

Jika Anda mengalami penurunan berat badan sekitar 4 sampai 5 kg padahal tidak sedang menjalankan program diet, mungkin di satu sisi Anda terkejut sekaligus bahagia. Tahukah Anda, hal tersebut sangat tidak normal?

Memang berat badan wanita bisa turun naik sepanjang bulan, namun bagaimana jika Anda tiba-tiba kehilangan berat badan lebih dari 5 kg? Hal ini tentu mengkhawatirkan dan untuk itu Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Kelainan Vagina atau Vulva

Gejala kanker pada wanita berikutnya adalah kelainan vagina atau vulva. Anda perlu memperhatikan apakah ada luka, lecet, perubahan warna kulit dan cairan yang keluar. Anda perlu memeriksanya secara teratur untuk melihat apakah ada kelainan.

Baca juga: 3 Penyebab Keputihan yang Paling Umum

Perubahan di Payudara

Selama pemeriksaan payudara bulanan, Anda harus melihat dan merasakan apakah ada benjolan,  bagian yang melunak, rasa nyeri, pengelupasan kulit di sekitaran puting susu, dimpling (pori-pori kulit payudara membesar dan mengeras), kemerahan atau payudara yang membengkak. Anda harus sesegera mungkin mengonsultasikan kepada dokter, jika terjadi salah satu perubahan yang demikian.

Kelelahan

Gejala umum kanker adalah kelelahan. Biasanya dirasakan saat kanker sudah menjalar ke seluruh bagian tubuh, namun juga terjadi pada stadium awal. Ketika Anda merasakan rasa lelah yang berlebihan saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

laugh like a spongebob, kerupuk lovers. kopi hitam lovers. nocturnal.