10 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih untuk Wanita

Infeksi saluran kemih bisa dialami oleh pria maupun wanita. Faktanya, selain karena infeksi saluran pernapasan, alasan terbesar kunjungan wanita ke dokter adalah karena infeksi saluran kemih (ISK). Adakah cara mencegah infeksi saluran kemih, khususnya pada wanita?

cara mencegah infeksi saluran kemih

ISK pada wanita bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Adapun berikut ini merupakan 10 cara mencegah infeksi saluran kemih pada wanita yang bisa Anda lakukan mulai saat ini:

Lebih banyak minum air

Tahukah Anda bahwa memperbanyak minum air putih adalah cara menghilangkan bakteri dalam urin secara alami? Air akan membantu membersihkan saluran kemih dari bakteri penyebab infeksi. Jadi, pastikan untuk minum air putih lebih banyak lagi setiap hari.

Jangan menahan buang air kecil

Karena beberapa situasi dan kondisi, mungkin Anda sering menahan untuk buang air kecil. Cara menghilangkan bakteri di dalam urine dan saluran kemih adalah dengan segera buang air kecil dan tidak menahannya terlalu lama. Semakin lama Anda menahan kencing, maka semakin banyak bakteri yang berkembang di urine dan saluran kemih.

Bilas Miss V dari arah depan ke belakang

Anda mungkin pernah mendengar mengenai aturan untuk membilas Miss V? Ya, Anda harus membilas Miss V dari bagian depan ke belakang (dubur). Jangan membilas dari dubur ke Miss V karena hal tersebut menyebabkan bakteri di dubur berpindah ke Miss V dan bisa mengakibatkan ISK pada wanita.

Cuci area genital sebelum dan setelah berhubungan seks

Selalu bersihkan area genital sebelum dan setelah berhubungan seks untuk mencegah bakteri berpindah ke uretra atau vagina. Pasalnya, area uretra maupun vagina merupakan tempat yang memungkinkan bagi bakteri ISK untuk berkembang biak.

Hati-hati dalam memilih pembersih vagina

Dewasa ini, sudah banyak produk pembersih vagina yang dijual bebas dalam berbagai bentuk, mulai dari yang berbentuk tisu, sabun, spray, sampai dengan cairan antiseptik biasa. Namun, tidak semua produk tersebut bisa mendukung cara mencegah infeksi saluran kemih pada wanita.

Alih-alih mencegah ISK, produk pembersih wanita yang mengandung parfum dapat mengiritasi uretra dan berkembang menjadi ISK. Jadi, sebaiknya hati-hati dalam memilih produk pembersih vagina dan pilih yang tidak mengandung parfum atau pewangi lainnya.

Baca juga: Teknik Douching untuk Membersihkan Vagina, Amankah?

Minum jus cranberry

Buah cranberry mungkin tidak terlalu umum di Indonesia. Akan tetapi, buah ini memiliki manfaat untuk mencegah ISK secara alami. Bahkan, jus cranberry dapat mempercepat proses penyembuhan ISK. Cukup minum 2 gelas jus cranberry setiap hari untuk mencegah dan menyembuhkan infeksi saluran kemih.

Baca juga: Cranberry Bisa Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih, Benarkah?

Konsumsi vitamin C

Ingin mencari cara menghilangkan bakteri di dalam urin secara cepat? Konsumsi saja suplemen yang mengandung Vitamin C secara teratur. Vitamin C dapat meningkatkan keasaman urin, sehingga dapat mengurangi bakteri penyebab infeksi yang bersarang pada saluran kemih Anda.

Gunakan celana dalam yang nyaman

Pemilihan celana dalam juga berpengaruh untuk mencegah infeksi saluran kemih. Celana dalam katun adalah jenis celana dalam yang nyaman dan memungkinkan sirkulasi udara dapat masuk ke Miss V dan selangkangan. Pasalnya, kondisi selangkangan atau Miss V yang lembab karena keringat dapat menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembang biak.

Ubah posisi saat berhubungan seks

Jika Anda adalah wanita yang berpotensi mengalami ISK, maka Anda harus meminta pasangan untuk mengubah posisi saat berhubungan seks. Pilih posisi yang mengurangi gesekan pada uretra sehingga meminimalisir risiko ISK di kemudian hari.

Mandi secara teratur

Walaupun nampaknya sederhana, tetapi mandi 2 kali sehari bisa menjadi cara mencegah infeksi saluran kemih yang alami. Saat mandi, Anda tentu akan membersihkan area genital Anda. Nah, secara tidak langsung Anda juga akan mengurangi pertumbuhan bakteri ISK di sekitar Miss V.

A day dreamer and a night thinker.

%d bloggers like this: