10 Cara Alami Mengatasi Vagina Gatal

Tips Sehat

Salah satu dari sekian banyak masalah yang dihadapi oleh perempuan adalah gatalnya Miss V. Hal ini biasa dihadapi perempuan, namun tentu tetap menjadi sesuatu yang memalukan jika Anda tiba-tiba merasakan gatal di area bawah sana ketika Anda berada di tempat umum! Simak cara-cara alami mengatasi Miss V gatal berikut ini.

cara mengatasi vagina kering

RASA gatal pada vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab yang paling umum adalah infeksi ragi (jamur) atau iritasi pada vagina karena bahan kimia yang terkandung dalam pembalut yang digunakan saat menstruasi.

Selain itu, gatal bisa juga disebabkan oleh pakaian yang terlalu ketat. Kebersihan yang tidak terjaga setelah hubungan seksual juga dapat mengakibatkan rasa gatal pada Miss V Anda. Jika rasa gatal ini tidak berkurang, lama-kelamaan rasa sakit akan menghampiri vagina Anda.

Sebelum Anda menghubungi tenaga medis, cek dulu dapur Anda. Ternyata, beberapa bahan yang terdapat dalam dapur bisa menjadi obat alami untuk rasa gatal Anda, lho! Beberapa bahan-bahan berikut mengandung hal yang dapat mengatasi Miss V gatal Anda. Berikut adalah cara mengatasi vagina gatal dengan mudah.

Cuka Apel

Basuh Miss V Anda dengan cuka apel sebanyak dua kali sehari selama dua hingga tiga hari. Ini adalah cara mengatasi vagina gatal yang efektif, karena cuka apel menyebabkan kadar asam pada vagina Anda meningkat, sehingga bakteri yang menyebabkan gatal pada vagina Anda tidak akan bertahan lama.

Kompres Dingin

Gatal pada Miss V Anda akan sangat mengganggu bila terjadi pada malam hari. Ini akan mengganggu tidur Anda, sehingga menyebabkan kelelahan dan iritasi pada gatal Anda. Untuk menghentikan rasa gatal, Anda juga bisa mengaplikasikan kompres dingin pada Miss V Anda.

Mandi Garam

Garam dapat menghilangkan gatal-gatal akibat bakteri karena kandungan anti-bakterinya. Basuh Miss V Anda dengan air garam saat Anda merasa gatal. Cara ini akan segera meringankan gatal-gatal Anda dan mencegah perkembangbiakan bakteri lebih banyak.

Cara lainnya yang menggunakan garam adalah dengan mengisi bak mandi Anda dengan air hangat, kemudian tuang 350 gram garam ke dalam air. Saat berendam, bukalah bibir Miss V Anda dengan jari Anda sehingga air bisa masuk ke dalam dan mengatasi bakteri yang ada.

Baca juga: Vagina Gatal? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Bawang Putih

Bawang putih juga memiliki kandungan anti-bakteri yang kuat dan bisa menangani masalah Anda. Meskipun sedikit unik, cara ini patut Anda coba. Kunyah dua hingga tiga siung bawang putih hingga menjadi lembut, kemudian oleskan pada kasa dan tempelkan ke area yang gatal.

Yogurt

Probiotik yang terkandung dalam yogurt bisa melawan bakteri jahat di dalam tubuh Anda. Jadi, kenapa tidak mencobanya untuk melawan bakteri yang berada di luar tubuh Anda?

Pengaplikasian langsung yogurt pada Miss V Anda dapat menghentikan gatal-gatal yang ada. Cara lain adalah dengan membasahi tampon dengan yogurt dan memakai tampon tersebut, atau memasukkan langsung yogurt beku ke dalam Miss V Anda. Ternyata, rajin mengonsumsi yogurt juga bisa membantu melawan bakteri-bakteri yang tumbuh subur di bawah sana, lho!

Daun Basil

Daun basil memiliki kandungan anti-mikroba, anti-jamur, dan anti-bakteri. Anda hanya perlu merebus daun basil di dalam air selama 20 menit, kemudian minum air rebusan daun basil tersebut sebanyak dua kali sehari.

Bedak Antibakteri

Bedak anti-bakteri dijual secara bebas di apotek-apotek atau supermarket. Bedak ini sangat ampuh jika Anda mencari solusi tercepat untuk menghilangkan gatal pada Miss V Anda. Gunakan bedak ini pada Miss V Anda untuk melawan bakteri dan jamur yang berada pada daerah sekitarnya.

Daun Rosemary

Rendamlah daun rosemary segar dalam air bersih selama 15 menit dan basuh Miss V Anda dengan air rendaman daun rosemary tersebut. Daun ini memiliki kandungan anti-jamur, anti-bakteri, antiseptik dan anti-parasit.

Baca juga: 3 Penyebab Keputihan yang Paling Umum

Jaga Vagina Anda Tetap Kering

Membiarkan Miss V Anda lembab karena keringat dan air merupakan salah satu penyebab bakteri dan jamur tumbuh subur di area tersebut. Keringkan bagian intim Anda dengan tisu setelah Anda buang air untuk menjaga kelembaban alaminya.

Kenakan Pakaian Longgar

Mencegah lebih baik daripada mengobati! Jika Anda pernah merasakan betapa tidak nyamannya gatal pada Miss V Anda, maka Anda akan tahu bahwa pakaian yang longgar membuat Anda merasa jauh lebih baik. Pakaian longgar bisa membuat vagina Anda tetap kering. Kenakan pula celana dalam yang terbuat dari bahan katun.

 

Cara-cara di atas merupakan cara rumahan untuk menangani gatal-gatal pada area Miss V Anda. Jika Anda sudah melakukan berbagai cara dan rasa gatal masih belum berkurang, konsultasikanlah masalah Anda pada dokter Anda. Selamat mencoba!

Siap menjadi budak skripsi dan lulus pada waktu yang tepat meski memiliki hobi berleha-leha sepanjang hari.