10 Alasan Diet Anda Gagal

Tips Sehat

Tujuan seseorang melakukan diet adalah untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak jarang dari Anda yang melakukan diet malah tambah gemuk. Anda pasti berpikir apakah kesalahan terdapat pada program diet yang Anda lakukan? Apa memang Anda sudah tidak dapat lagi menurunkan berat badan? Ingin sekali turun berat badan tetapi kenapa diet selalu gagal? Pertanyaan itu sebenarnya dapat dijawab apabila Anda mengetahui rahasia dari bagaimana keberhasilan diet itu dapat terjadi. Diet dapat berhasil jika Anda menemukan keseimbangan energi yang tepat.

kenapa diet selalu gagal

DIET malah tambah gemuk tidak akan terjadi bila Anda telah membakar lebih banyak kalori yang ada di dalam tubuh daripada asupan kalori yang masuk. Tetapi kenyataannya, banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kenapa diet selalu gagal. Baik itu dari asupan kalori yang Anda konsumsi sendiri (energi yang dimasukkan) maupun kalori yang terbakar (energi yang dikeluarkan).

Anda dapat melakukan evaluasi terhadap asupan kalori harian yang masuk ke dalam tubuh. Agar dapat menyesuaikan dengan baik. Karena salah satu dari asupan kalori yang masuk itu dapat juga menjadi alasan kenapa diet selalu gagal. Kemungkinan besar, masalahnya adalah kombinasi beberapa faktor.

Kelaparan

Alasan yang paling jelas mengapa Anda ingin makan adalah ketika Anda merasa lapar. Anda dapat mengurangi rasa lapar dengan memilih makanan yang tinggi akan serat dan protein. Ini dapat dilakukan untuk Anda yang memiliki intensitas makan terlalu sering atau dengan porsi yang banyak, sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama.

Kebosanan

Saat Anda merasa bosan maka pikiran pasti mengarah ke makan. Menjadi alasan yang wajar ketika seseorang merasa bosan yang dicari adalah makanan. Solusinya, Anda butuh sesuatu yang mengalihkan pikiran Anda ke hal lain. Misalkan seperti menelpon teman, pergi berjalan-jalan, dan mulai menghindari makanan saat bosan terjadi.

Frekuensi Makan

Intensitas makan yang sering akan membantu Anda menghindari makan-makanan dengan jumlah banyak, namun dapat meningkatkan kesempatan untuk mengonsumsi banyak kalori. Kontrol makanan Anda dengan kalori yang rendah. Anda tidak dapat menurunkan berat badan apabila selalu menyimpan makanan dan memakannya terlalu sering.

Ukuran Porsi Makan

Hampir kebanyakan dari orang yang sedang melakukan diet membuat kesalahan dengan ukuran porsi makan setiap harinya. Apabila diet Anda gagal, mulailah mengukur setiap porsi makan dengan skala kecil. Banyak pilihan adalah sesuatu yang bagus daripada hanya memiliki menu dengan satu porsi dan tidak beragam, seperti sereal, roti, atau popcorn.

Baca juga: Lakukan 6 Kebiasaan Makan Ini Jika Ingin Menurunkan Berat Badan

Stress

Sebagian besar orang yang sedang dilanda emosi selalu lari ke makanan. Makanan membuat Anda merasa nyaman, seringkali Anda tidak mengontrol diri karena menganggapnya sebuah kenikmatan. Kenyataannya, kalori di dalam tubuh Anda akan terus bertambah. Pertimbangkan untuk mengurangi stres agar program diet Anda tidak terganggu. Anda dapat melakukan yoga, meminta dukungan keluarga dan teman untuk memberikan saran terkait masalah makanan.

Beraktivitas Tanpa Olahraga

Aktivitas thermogenesis (proses metabolisme dimana tubuh membakar kalori untuk memproduksi panas) tanpa olahraga dapat mencakup hingga 2000 kalori yang terbakar per hari. Aktivitas yang dilakukan untuk membakar lemak bagi kebanyakan orang akan melelahkan dan membuat Anda menghabiskan sepanjang hari di sofa saja.

Diet Anda akan terhambat dan gagal. Pastikan Anda terus bergerak sepanjang hari. Anda dapat mengobrol di telpon dengan berdiri, membawa belanjaan Anda sendiri, menaiki tangga, dan semua kegiatan yang dapat membuat Anda tidak hanya diam.

Olahraga Terlalu Berat

Melakukan olahraga yang terlalu berat, mungkin akan menjadi alasan mengapa Anda tidak dapat menurunkan berat badan. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik yang tidak terlalu berat namun rutin setiap hari. Itu berarti Anda harus memiliki jadwal latihan mudah yang secara bersamaan dapat membakar lemak dengan intensitas tinggi.

Kelelahan

Tindakan-tindakan sederhana dari program diet dapat menyebabkan kelelahan. Mengatasi kelelahan Anda dapat mempelajari cara tidur agar lebih nyenyak untuk menurunkan berat badan. Mudahnya, seperti mengisi baterai telepon di dapur agar tidak terganggu atau mengganti pencahayaan di kamar tidur Anda agar dapat tidur dengan nyenyak.

Baca juga: Tubuh Lemas Karena Diet? Ini Solusinya

Faktor Fisik

Kondisi medis, seperti penyakit tiroid dapat mempengaruhi pengeluaran kalori harian Anda. Faktor usia dan genetika juga dapat berperan dalam jumlah kalori yang Anda bakar.

Sebelum melakukan diet, baiknya bicarakan dengan dokter tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh Anda. Terkadang, ada suatu hal yang bisa Anda lakukan untuk memberikan dorongan agar lebih cepat menurunkan berat badan dengan baik.

Komposisi Tubuh

Dibandingkan dengan lemak, otot lebih banyak membakar kalori. Anda dapat meningkatkan massa otot tanpa lemak untuk meningkatkan pembakaran kalori sepanjang hari. Konsumsi makanan yang memiliki cukup protein dan membangun massa otot yang kuat. Lakukan kegiatan latihan di rumah atau di gym untuk meningkatkan massa otot.

Pekerjaan Anda

Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan tetap duduk di meja kerja sepanjang hari. Hal ini akan mengurangi output energi harian Anda. Anda harus membuat suatu perubahan untuk menurunkan berat badan. Lakukan aktivitas di kantor dengan tujuan dapat membakar kalori harian Anda.

Berdirilah saat sudah jenuh bekerja, usahakan naik tangga jangan lift, gunakan alat olahraga treadmill apabila di kantor Anda memberikan fasilitas olahraga. Berolahraga di kantor akan meningkatkan kesehatan sekaligus dapat mengurangi berat badan Anda.

Capricorn girl and I love all about the cow stuff