10 Alasan Anda Harus Mulai Terapkan Pola Makan Sehat

Tips Sehat

Sebenarnya, membiasakan diri menjalani pola makan sehat bukanlah hal yang sukar untuk dilakukan. Anda hanya perlu rajin mengonsumsi deretan makanan sehat seperti buah, sayur, produk susu, daging atau sumber protein lainnya.

SELAIN itu, Anda mungkin juga perlu lebih cermat dalam menentukan jenis makanan pokok, sumber lemak, serta tipe minyak goreng yang dipakai, apalagi kalau sedang menjalani pola makan diet.

Namun faktanya, belum semua orang mengadopsi pola makan sehat. Hal ini dapat terlihat dari masih banyaknya konsumen yang membanjiri restoran fast food. Terkait hal ini, pastinya setiap orang memiliki alasannya sendiri-sendiri. Salah satunya mungkin karena malas masak sendiri di rumah sehingga memutuskan untuk membeli makanan siap saji yang lebih praktis dan juga enak. Penyebab lainnya bisa juga karena belum menyadari pentingnya menjalani pola makan sehat.

Oleh sebab itu, pada bahasan kali ini kita akan mencari tahu bersama apa saja alasan mengapa seseorang mesti menerapkan pola makan diet yang sehat dari sekarang.

1. Berat badan turun secara alamiah

Semua orang yang menjalani program diet pasti berharap tubuh mereka bisa langsing selama-lamanya. Namun kalau gaya hidupnya tetap salah, maka bisa-bisa keinginan itu hanya jadi mimpi belaka.

Kita perlu menyadari bahwa stabilnya berat badan sangat berkaitan erat dengan banyak faktor seperti cukup tidur, rutin olahraga, dan bagaimana pola makan kita selama ini. Kalau kita sudah cukup tidur dan banyak olahraga namun sering kecolongan soal makanan, maka hal inipun bisa menyebabkan obesitas.

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat. Lakukan itu setiap hari, sebab kalau sudah rutin makan buah, sayur, serta makanan tinggi serat lainnya, maka Anda tak perlu diet ketat lagi hanya demi menurunkan berat badan.

2. Menaikkan berat badan juga lebih mudah

Anda yang berkeinginan untuk menambah berat badan pun bisa melakukannya dengan cara yang sehat tanpa harus melibatkan junk food berkalori tinggi. Cukup dengan memilih makanan sarat energi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah kering.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Semua orang pasti berharap bisa tetap sehat hingga tua nanti. Untuk mencapai keinginan tersebut, maka sedari sekarang ada baiknya kita rajin mengonsumsi makanan sehat. Hal ini dikarenakan pola makan yang buruk dan obesitas merupakan 2 faktor utama penyebab munculnya diabetes tipe 2.

4. Baik bagi jantung

Ketika kita memutuskan mengonsumsi ikan, kacang-kacangan, buah, serta sayur, maka kandungan asam tak jenuh dan Omega-3-nya dapat menyehatkan jantung.

5. Menurunkan resiko kanker

Pola makan buruk, sering minum alkohol, obesitas, serta konsumsi daging merah, atau makanan hasil proses yang berlebihan merupakan beberapa faktor yang sering dianggap sebagai pemicu terbentuknya sel kanker. Walau penyakit mematikan ini mungkin belum dapat dihindari sepenuhnya, namun pola makan diet dapat mengurangi resikonya.

6. Teladan nyata untuk buah hati

Kalau anak mulai menunjukkan gelagat suka pilih-pilih makanan, maka Anda dapat mengatasinya dengan memberikan contoh yang nyata. Anda tidak mungkin memaksa buah hati menghabiskan wortelnya, kalau Anda sendiri tidak menyukai itu. Bagaimanapun juga, anak selalu meneladani kebiasaan orang tuanya bukan?

7. Lebih hemat

Saat gizi yang ada dalam makanan sudah mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi penting, maka Anda tak usah lagi buang-buang uang hanya untuk membeli suplemen tambahan (kecuali kalau dokter memang menyarankan Anda tetap mengonsumsinya).

8. Lebih berenergi

Mengonsumsi makanan yang memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna, membuat tubuh lebih berenergi sehingga siap beraktivitas. Sebaliknya, nutrisi buruk kerap membuat seseorang mudah merasa lelah. Jadi kalau Anda sering merasa letih, maka segera perbaiki pola makan selama ini.

9. Sehat untuk kulit dan rambut

Makanan yang baik tak hanya menutrisi organ-organ tubuh, namun juga kulit dan rambut. Karena itu, kalau ingin kulit serta rambut tetap indah dan sehat, banyak-banyaklah mengonsumsi makanan sehat, khususnya yang kaya akan protein.

10. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Salah satu permasalahan yang kerap dialami kebanyakan orang adalah kurang serat. Padahal serat sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Tak hanya itu, serat juga dapat mempertahankan kolesterol dan gula darah agar tetap normal.

Jadi kalau Anda ingin memiliki berat badan ideal serta terhindar dari segala jenis penyakit, maka segeralah berkomitmen untuk menerapkan pola makan sehat sejak sekarang. Selamat mencoba.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.